Nasi Goreng Ebi Pedas

Nasi Goreng Ebi Pedas


Assalamua'laikum warohmatulloh wabarokatu....
Wilujeng wengi...


Berapa banyak sih variasi yang bisa dibuat dari nasi goreng? buanyaaak bangeeet! dari mulai nasi goreng yang cuma dibawang garem sampe yang paling rumit dikasih aneka bumbu, kecap dan toping. Kalo dihitung riweuh jadinya pemirsa, yang jelas sejarah nasi goreng ini memiliki perjalanan yang panjang. Karena konon katanya, nasi goreng yang selama ini kita kenal merupakan salah satu masakan yang penting dalam  masakan tradisional orang Tionghoa. Oleh para perantai Tionghoa, nasi goreng  kemudian disebarkan  ke Asia Tenggara dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang bumbu dan penyajiannya disesuaikan dengan bumbu yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat. Sehingga dari sanalah tercipta keragaman nasi goreng. 

Nasi goreng buat saya, merupakan salah satu menu yang termasuk ke dalam kategori comfort food, makanan yang menyenangkan sekaligus membawa banyak kenangan. Menyenangkan karena rasanya yang enak, menghadirkan kenangan karena biasanya nasi goreng merupakan menu 'pelarian' dari tipisnya isi dompet, di situlah biasanya nasi goreng mengisi hari hari penuh perjuangan. Kadang pula membuat nasi goreng sekedar menyelamatkan nasi sisa kemarin yang tak habis dimakan. Apapun itu, nasi goreng selalu hadir dalam aneka sajiannya yang sering berganti rupa, dari mulai nasi goreng telor kecap, nasi goreng cabe pedas, nasi goreng kencur, nasi goreng teri, sampai saya nyoba yang ini, nasi goreng ebi pedas.



Nasi Goreng Ebi Pedas



Membuat varian nasi goreng ebi pedas ini bermula ketika saya mendapatkan sampel beberapa toples kecil sambel tabur super pedas dengan ebi yang banyak di dalamnya. Sebenarnya sambel itu disantap langsung dengan nasi hangat saja sudah enak, tapi dibikin nasi goreng pasti lebih lezat!. Jika teman teman kesulitan menemukan sambel tabur seperti yang saya pakai, ganti saja dengan cincangan cabe rawit segar dan ebi yang  dihaluskan, nanti tinggal dicampurkan ke dalam nasi gorengnya. Tapi kalo mau lebih enak, pesen saja sambel goreng taburnya di instagram, saya memakai merk @kenapasambal. Praktis, tinggal dimasukan ketika dimasak tanpa perlu diulek, jadi ebinya masih utuh.




-------------------
NASI GORENG EBI PEDAS


Nasi Goreng Ebi Pedas







200 gr nasi
1 sdm sambal tabur [saya memakai sambal tabur dari @kenapasambal sila check di Instagram]
1/3 sdt garam
1/2 sdt kecap manis
1 sdm minyak untuk menggoreng



Bumbu iris:
1 tangkai daun bawang
2 siung bawang putih
4 buah bawang merah
1/2 buah tomat


Telor ceplok
Udang goreng
Mentimun



Panaskan minyak, tumis bawang hingga wangi, masukan ebi yang sudah dihaluskan dan cabe rawit yang sudah diiris [apabila tidak memakai sambel tabur] tomat dan daun bawang, aduk rata. Masak sampai layu. Masukan nasi, aduk, tambahkan garam, kecap dan sambal tabur [jika memakai sambal tabur seperti saya], aduk rata. Cicipi. Sajikan dengan pelengkapnya.



-------------------

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,





8 comments :

  1. Wowo pasti mantap buat sarapan, aku suka nya nasi goreng bumbu tomyam

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana rasanya? asem asem gitu ya bang? heheh

      Hapus
  2. jadi pengen nyobain bikin dirumah...pasti maknyuss...!!

    BalasHapus
  3. setuju Ayuuu, nasi goreng adalah penyelamat di saat dompet menipis. tengah bulan masih topping sosis telur lah yau, akhir bulan itu cuma topping bawang goreng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya beb, tanggal makin tua, topping makin menyedihkan hahah

      Hapus
  4. Mommy, jangan pedas2 dong nasi gorengnya *sodorin piring*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah boleeeeh mas... mau berapa tronton nasinya *eh? T_T

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^