Ayam Goreng Lengkuas


Ayam Goreng Lengkuas


Assalamua'alaikum warohmatulloh wabarokatu...
Wilujeng wengi...



Apa pula ini pagi buta udah ngapdet resep haha... abis ngelembur, ngerjain beberapa tulisan, sebelum tidur, iseng pengen ngapdet resep. Karena kayaknya luama banget gak apdet, berapa hari yah... ada semingguan kali apa lebih? heheh... Pokoknya riweuh bangeetss belakangan *ceileh sok sibukk... dan males juga sih hohoho...


Resep ayam goreng lengkuas ini udah nongol duluan di Instagram beberapa minggu yang lalu. Untung aja ditulis resepnya disana jadi saya gak bingung, itu kemaren bumbunya apa yah.. soalnya sering tuh sotoy banget udah ngesave poto banyak banget, waktu mau nulirs resepnya alamaak lupa.. Makanya, belakang rajin ngesave dulu resepnya di IG, jadi pas ngapdet blog tinggal kopas hihih...*kelakuan...


 

Ayam Goreng Lengkuas



Sebenernya saya pernah juga bikin ayam goreng lengkuas ini dulu, kalo gak salah pake punya nya teh Ricke yang resep aslinya dari NCC [?] apa dari mana gituh lupaa... nah yang dulu saya modif ditambahin kelapa parut di lengkuasnya, jadi kayak ayam serundeng tapi lebih wangi dan gurih. Coba deh ubek-ubek, saya gak sempet nyari linknya, udah gak kuat mak, ini mata sepet banget hihi.. lagian maksa waktunya tidur malah ngapdet blog.. T_T.

Eh, Btw, resep ayam lengkuas ini enak asem manis gitu, tapi jadinya kayak bacem ayam deh seriusan... agak beda tastenya sama ayam lengkuasnya yang biasa dibikin mama. Enakan mana? dua duanya enak dengan caranya sendiri. cuma tinggal selera aja, mau pake ayam goreng lengkuas yang dulu pernah saya posting atau yang ini. Saya mah dikasih yang mana aja hayuuk lah... *kemaruk..

Saya gak tau yah, kalo di daerah lain bikin ayam goreng pake lengkuas yang banyak itu aneh apa nggak, tapi di daerah Pasundan kayaknya lazim banget. Soalnya beberapa waktu yang lalu baca di salah satu foodblogger luar, konon katanya ayam dipakein lengkuas agak tidak lazim, mungkin karena beda tradisi aja kali yah... Tapi kalo di saya, khususnya di Sukabumi, ayam goreng lengkuas yah biasa gitu, bukan sesuatu yang aneh..^^, mudah-mudahan temen temen yang belum pernah nyoba, bakalan suka juga ya....




-------------------------------

AYAM GORENG LENGKUAS
 Resep diadaptasi dari Sajiansedap, dengan modifikasi suka suka saya... 


Ayam Goreng Lengkuas







1 ptng ayam pejantan, cuci bersih, kucuri jeruk nipis diamkan, bilas.
2 lmbar daun salam
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/3 sdt penyedap rasa non msg
1 1/2 sdm gula merah, sisir
2 biji asam jawa dikasih air beberapa sendok
100 gr lengkuas, parut
1 btg sereh,
300 ml air (resep asli memakai santan)
Minyak untuk menggoreng




Bumbu yang dihaluskan:
4 btr bwang merah
3 siung bwng putih
1 ruas jari jahe
3 btr kemiri, sangrai
1/2 sdt ketumbar
1 ruas jari jahe
1 ruas jari kunyit



Masukan ayam ke dalam wajan, tambahkan sisa bahan lain kecuali minyak goreng. Rebus ayam hingga airnya susut. Angkat, pisahkan dari bumbunya. Panaskan minyak goreng, masukan ayam. Goreng hingga kecoklatan, angkat. Tiriskan.


Di minyak bekas menggoreng ayam, masukan bumbu yang sudah dipisahkan, goreng dengan api sedang hingga kecoklatan, angkat, tiriskan dan tekan hingga minyaknya keluar. Sajikan dengan ayam (dicampur).



-------------------------------



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...


Salam,




6 comments :

  1. Kayaknya enak buat makan siang, sambeli nya pedesan dikit yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. makan siang, makan pagi, makan malem enak semua bang.. hehehe

      Hapus
  2. Manteb ini mah...aku juga suka bikin....ayam goreng lengkuas...lebih gurih rasanya maem pake remahan lengkuas

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah beneer... remahannya ituh yang bbikin gak tahan...:D

      Hapus
  3. uwhhhh....nasi mana nasssiii hehehe

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^