Tips mengolah Tunjang di Citarasaindonesia


Assalamualaikum wr..wb...
Selamat siang...


Semua pasti hafal donk ya yang namanya tunjang. Bagian dari kikil yang biasa ada di kaki sapi. Tapi tunjang berbeda dengan kikil biasanya, karena tunjang memiliki tekstur dan citarasa yang lebih enak dibandingkan kikil di bagian tubuh yang lain. Tunjang ini biasa dibuat aneka macam olahan, misalnya gulai tunjang ala Padang seperti yang nampak di foto. Atau kalo di Bandung, tunjang biasanya dibuat Mie Kocok Bandung yang tak kalah lezat. 

Tapi tahukah pemirsa... mengolah tunjang ini sebenarnya agak gampang-gampang susah. Apalagi kalo kita tidak memiliki panci presto di rumah. Karena teksturnya yang agak alot jadi sulit sekali merebusnya, lama gitu maksudnya. Bahkan apabila perlakukannya salah, tunjang yang kita rebus akan menimbulkan bau yang kurang sedap. Jadi..  bagaimana cara mengolah tunjang yang benar, terlebih bagi mereka yang tidak memiliki panci presto di rumah? Nah beberapa waktu yang lalu, saya pernah menuliskan tips nya di situs CitarasaIndonesia. Itu lho salah satu website yang berisi aneka resep masakan dan tips-tips seputar dapur. Udah pada tau kan? Nah, bagi teman-teman yang berencana mengolah tunjang , berikut tips tipsnya yah:

  • pertama,  pilih tunjang/ kaki sapi yang sudah dibersihkan, ini untuk lebih memudahkan kita mengolahnya. Jika anda tidak akan langsung memasakya, segera simpan di dalam freezer.
  • Rebus air secukupnya hingga mendidih, masukan tunjang rebus beberapa saat kemudian matikan api, buang air rebusannya.
  • Rebus kembali tunjang dengan air bersih yang baru. Perebusan kedua ini harap diperhatikan apinya. Untuk hasil terbaik, rebus tujang dengan api sedang, cenderung kecil supaya kuahnya tidak kotor dan lebih mudah empuk serta tidak mengeluarkan aroma lebih tajam.


Mau tau lebih lengkapnya? sila meluncur ke website Citarasa Indonesia aja yah, supaya gak penasaran...^^
---------------

Nantikan tips-tips berikutnya dari saya yah pemirsaaah, nanti deh kalo udah update lagi di Citarasaindonesia, saya ulas sedikit di sini... Apah? butuh apdet resep...? santai nanti saya update Insya Alloh...


Salam,




10 comments :

  1. Seperti biasa, foto2nya keren banget. Aku ngiler karena fotoooo

    BalasHapus
  2. masakin untuk kita dong hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masak buat sndr aja angot angotan mas T_T

      Hapus
  3. tunjang atow tunjangan nich ceu...?
    hadeeuuuhhh bawaannya napsu kl ada kata tunjangan...


    (baladaguruhonorer)

    BalasHapus
  4. Dulu sekali pernah makan gulai tunjang padang, habis itu ternyata ga suka saya dengan tunjang...
    jadi sampai saat ini belum pernah masak tunjang sendiri....he he he....
    btw walaupun ga suka sudah intip juga tipsnya di citarasaIndonesia...siapa tau ada yang minta dimasakin tunjang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya teh ribet lah kalo bikin, mendibg beli hohoho

      Hapus
  5. Kalo di gresik, dimasak gule enak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyoooo ini jg gule bang, cm gule padang hehe

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^