Chocolate Chips Mug Cookies

Chocolate Chips Mug Cake

Assalamua'laikum warohmatulloh wa barokatu...
Wilujeng siang...


Hai haiii... liburan ngapain nih. Iseng banget deh...kebetulan juga gak ada rencana jalan-jalan ke luar, bingung juga sih yah mau kemana. Perasaan kemana-mana macet deh kalo wikend gini... daripada gak ada kerjaan mending ngapdet blog aja. Mengingat draft udah mulai penuh juga, ngantri buat diposting. Salah satunya resep chocolate chips mug cookies ini, yang sejujurnya saya buat dengan malas-malasan. Pengen ngemil yang manis-manis tapi gak mau repot, bikinnya dikit dan gak usah menumpuk banyak cucian. Selain, bisa juga nyisipin iklan dari sponsor hahahha *ketawajahat...



Chocolate Chips Mug Cake


Sejujurnya  postingan ini mengandung iklan... karena saya gak suka iklan terselubung jadi memang postingan ini diseponsori oleh salah satu produk bahan pangan dari Initravanilla. Selama ini kalo kita baking, ada salah satu bahan yang bernama vanilla. Atau versi imitasinya berupa kristal bubuk dan dinamai vanili, tersedia dalam berbagai merk, tapi ya itu, bukan asli, dan kalo kebanyakan makenya, jadi pahit. Mau yang lebih keren? *dan lebih mahal pastinya hehe, ya harus pake vanilla pod, yang bentuknya panjang item itulah *eh?. Agak ribet, ribet di kantong dan ribet makenya... tapi asli lhoo sungguh.. cuma ya itu tadi, agak ribet. Jadi alternatif terbaiknya terutama buat yang suka baking grasak grusuk kayak saya, ya pake pure vanilla ekstrak yang tinggal langsung tuang. Tapi kendalanya, kalo kita nyari dipasaran, ekstrak vanilla ini kebanyakan cara pembuatannya direndam dalam alkohol. Otomatis bagi kita yang muslim, haram sodara sodara....!

 



Maka dari itu, hadirnya vanilla ekstrak halal memberikan angin segar baru bagi dunia perbakingan, terutama buat yang muslim yaah. Karena kalo ekstrak vanilla non halal sih banyak, cari aja di TBK pasti ada, dan satu lagi, ini produk lokal! Jadi bagi temen-temen yang sedang galau nyari ekstrak vanilla, sila kontak ke akun yang akan saya sertakan di bawah. Nanti tanya-tanya lebih lanjut seputar produk, perlakuan penyimpanan dan harga bisa langsung ditanyakan ke ownernya okeh??? tapi mohon maaf untuk penampakan kemasan dll, belum bisa saya sertakan. InsyaAlloh besok besok saya kasih liat potonya ya pemirsa:).



Chocolate Chips Mug Cake

End of iklan...! :D

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kok bisa yah bikin cookies di dalam mug [atau ramekin]. Nampak tidak lazim, karena biasanya cookies kan dipanggang di atas loyang datar dengan bentuk yang tipis dan relatif kecil. Yah seperti yang saya bilang ini memang cookies khusus buat pemalas, pengen cepet dan dibuat dalam jumlah terbatas [baca: cuma untuk sekali penyajian]. Kelebihan lainnya cookies yang dibuat di dalam mug ini adalah, irit cucian, karena dari mulai bikin adonan sampai penyajian dibikin di tempat yang sama, ya di dalam mug/ramekinnya itu!. 

Rasanya? enak banget lah mneurut ukuran cookies yang dibuat dengan grasak grusuk mah hahaha... eh yah, saya lupa. Resep ini aslinya di'panggang' di dalam microwave, bukan oven. Jadi waktu yang dibutukan dari mulai prepare sampai jadi, beneran super singkat, lha 'manggang'nya aja cuma satu menit! iyaaa pemirsa, satu menit... hihi gak kebayang deh, super simplenya camilan ini. Tapi hm... sayangnya dirumah saya cuma punya oven listrik biasa jadi yah, agak lama deh dan penampakannya agak berbeda dari versi resep aslinya di Comfortofcooking.com. Punya saya lebih gosyong karena memang sengaja dilamain manggangnya. Karena  saya juga penyuka cookies tipe-tipe garing di luar namun renyah dan agak empuk di dalam.  Mau nyoba juga? yukkkk....maree...


------------------------
CHOCOLATE CHIPS MUG CAKE



Chocolate Chips Mug Cake




1 sdm mentega
1 sdm gula pasir
1 sdm brown sugar
1/2 sdt vanilla ekstract (saya pake vanilla ekstrak halal dari initravanilla )
Sejumput garam
1-2 sdm chocolate chips
1 kuning telur
3 sdm tepung terigu

Peanut butter, untuk topping (optional), tambahan dari saya





Lelehkan butter di dalam mug (dioven) hingga butter meleleh. Keluarkan dari oven, masukan gula dan vanilla, aduk hingga tercampur rata. Masukan kuning telur, aduk rata. Masukan terigu, aduk, tambahkan chocolate chips, aduk rata. Panggang di dalam oven suhu 180'c selama 10-12 menit, atau kurangi waktu panggang, apabila suka cookies bertekstur chewy. Sajikan hangat dengan selai kacang bila suka.


------------------------



INITRAVANILLA
Email: initra.vanilla@gmail.com
Instagram: @initravanilla
line: novyakp




 Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



4 comments :

  1. Kak ...kalo ngak mau di rendam alkohol yaa rendam air zam2 aja yuk hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha bener bang.. bener-bener menyesatkan respnya :P

      Hapus
  2. the power of grasak grusuk ya mbak hahaha. tampak lazis itu :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^