Banana Chocolate Cake

Banana Chocolate Cake

Assalamua'laikumm warohmatulloh wabarokatu...
Wilujeng wengi...


Selamat hari raya idul Adha ya teman-teman seiman, sebangsa setanah air... Alhamdulillah masih bisa mencicipi daging kurban... heheh.. sayang saya sih nggak. Untungnya di freezer masih ada gepuk kiriman mamah entah kapan itu, pokoknya meski bukan daging kurban, yang penting bisa bersuka cita makan daging hohoh.. lha terus tadi masak apa? saya cuma bikin bala-bala aja xixixi.... Mengenaskan yah, orang mah pada bikin sate, saya mah nyolekin bala-bala aja pake saos T_T. 

Ngeblognya gak bisa panjang lebar, jam segini kerjaan masih banyak, strikaan segunung belum dipegang pegang dari kapan hari. Berhubung Iron-man nya lagi gak bisa ngehandle kerjaan istri tercintahnya inih hahah jadi aja  riweuh sayah. Padahal mata udah sepet... tumben banget jam segini udah ngantuk.... Udah ah ngalor ngidulnya...



Banana Chocolate Cake


Cake ini dibikinnya kapan hari gituuh... dan ada insiden kecil pas ngocok adonannya. Jadi tiba tiba aja mixer saya tertjintaah tiwas di tengah jalan, padahal adonannya belum ngembang sempurna. lha paniklah sayaa... begimana jadinya ini sodara-sodara... akhirnya saya yang biasanya menghindari pemakaian baking soda, jadi  harus mengalah pada keadaan, ya pake juga... dan kabar tidak menyenangkannya, sampe sekarang belum ada tetangga yang mau menghibahkan Kitchen Aidnya ke saya wkwkwkw.... *ngarep. Jadi seandainya ada pemirsa mau mendonasikan sejumlah rupiah atau satu unit boshc atau kitchen aid gitu, dengan senang hati saya tampung *ditakol...

O yah di resep ini Ganachenya saya bikin yang tanpa krim yah. Alasannya biar mengurangi jumlah kalorinya yang aduhaii bohay banget ituh, tapi alasan sebenarnya biar hemat ajah. Emak emak gitu... kalo masih bisa disubstitusi yah kenapa nggak.. hehehe... entah kenapa saya gak suka banget nyetok krim.... :D. Tapi kalo pemirsa punya stok krim, boleh boleh aja sih silahkan dimodifodifikasi sesuai selera.. terus itu kenapa penampakannya luber-luber gitu? hihiyyy saya menuangnya pas masih agak panas, jadi cair banget... T_T. Luber deh, tapi jilatable banget kan kan... :D


---------------------
BANANA CHOCOLATE CAKE



Banana Chocolate Cake







1 cup tepung terigu
1/2 cup cokelat bubuk
1/4 sdt garam
3/4 sdt baking soda
1/2 cup dcc cincang/ chocolate chips
2 sdm coffe instant



2 btr telur
3/4 cup minyak
1/4 cup gula pasir
1/2 cup gula palem
3 buah pisang, lumatkan dengan garpu


Ganache (tanpa krim)
120 gr dcc, cincang
2 sdm butter
40 ml susu cair



Campur terigu, coffe instant, banking soda, dan cokelat bubuk, ayak. Sisihkan. Campurkan gula dan telur aduk dengan handwhisk hingga rata dan gula agak larut. Masukan pisang dan minyak, aduk rata. Masukan bahan kering, aduk. Tambahkan dcc cincang, aduk rata. Tuang ke dalam loyang loaf, (maaf, gak tau ukurannya ). Panggang di suhu 180' c selama 30 menit atau hingga matang.


Ganache
Panaskan susu dan butter tapi jangan sampai mendidih, cukup sampai bergelembung, masukan dcc cincang, matikan api. Aduk degan memakai baloob whisk sampai cokelat larut semua dan mengental. Diamkan sampai siap digunakan.
 

---------------------

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



2 comments :

  1. ih mba.. itu coklatnya minta dijilat banget sih :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha iyaaa... anak anak pada jilatin cokelatnya juga..:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^