Telur Balado

Telur Balado

Assalamua'laikum...wr..wb...
Wilujeng enjing...


Aw..aw... apa inih pagi pagi udah ngapdet blog... heheh... padahal belum nyiapin apa-apa buat bekal sekolahnya Kirei chan huhu... soalnya entar siang gak tau sempet apa nggak.. Ish jangan salah ya meskipun emak-emak penganguran, tapi kerjaan mah banyak.. Ngapdet blog yang katanya  tinggal nggedeplok depan leppi aja jadi rempong banget...  belum lagi kalo kejeda bocah minta ganti popok, kakaknya minta susu, bapaknya minta kopi....  daan  banyak lagi.. huhu makin lama lagi dah...

Eh yah pemirsa, belakangan saya memang lagi suka banget bikin balado. Makanya kemarin kemarin kan ngapdet resep balado ayam, sekarang pake telor! hoho samo enaknyo kok... Apalagi kalo telornya diganti ama telor puyuh.. uh pastinya lebih gurih. Tapi telor ayam juga gak masalah.... saya memang teloris sejati, mau ayam mau puyuh, sikaaat... hoho....  Saya tergoda bikin telor balado ini gara-gara liat penampakannya di warung padang... gak sengaja sih liatnya pas jalan aja gitu, tau kan warung padang mereka itu suka majangin makannya bejejer kece dibalik kaca beningnya yang kinclong... nah nampaklah itu si telor balado yang bulat mempesona dengan aura cabe yang menguar ke udara, bikin perut sontak keruyukan... Masalahnya, waktu itu saya lagi puasa! hahahha...Akhirnya istigfar terus berlalu sambil menguatkan hati, besok besok harus bikin sendiri telor balado ini hahahha...



Telur Balado


Tapi sebebrnya itu kejadiannya beberapa minggu yang lalu waktu masih di Sukabumi, di tempat mama... dan yah seperti yang saya bilang, kalo lagi di mamah saya ogah banget masak. Jadi biarpun udah diniatin, nyampe rumahmah males gak mau bikin, akhirnya makan seadanya aja yang disediain mamah. Baru pas udah balik ke Bandunglah bisa eksekusi telor balado ini... ampun ya pemirsa tibang telor balado aja heboh bener hihi.....

Eh, btw, soal resep balado ini, kemarin ada pemirsa yang komen, sebenarnya bumbu balado yang bener itu gimana sih? konon katanya, ibunda beliau lebih suka menambahkan daun salam ama lengkuas di resepnya kok saya enggak? emh... gimana yah, tapi sependek pengetahuan saya, mohon dikoreksi kalo salah*lirik uni-uni cantik...  balado itu bumbunya  memang cuma cabe dan bawang putih, dengan garam... Iya sesimple itu. Tapi balik lagi kan, ini soal selera... sah sah aja kalo misalkan mau kita tambahin asem, lengkuas, daun salam atau daun jeruk... disesuaikan dengan lidah kita. Apalagi saya orang Sunda, yang masakannya relatif agak kemanis-manisan kayak author*dibejek, malah suka saya tambahin gula juga. Jadi.... intinya, tak usah risau dan galau, memasak itu dibikin asyik aja.. okeh?



-------------------------
TELUR BALADO



Telur Balado






6 btr telur ayam, rebus, kupas, kerat-kerat [boleh digoreng dulu sebentar bila suka]
1/3 sdt Garam
Kaldu bubuk, bila suka
1 sdm air asam Jawa
4 sdm minyak goreng
1/2 Gula


Ulek kasar:
3 butir bawang putih
3 siung bawang merah
5 buah cabe merah besar





Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah diulek sampai harum dan matang tambahkan air asam. Masukan gula, garam, kaldu bubuk terakhir masukan telur.  Aduk rata , cicipi. Koreksi rasanya. Sajikan.


-------------------------


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. telur balado aja kece ya kalau kamu yang motret

    BalasHapus
  2. fotonya Te O Pe Be Ge Te banget ....
    tapi apakah rasanya se-top fotonya ... oww .. pasti ya ... he he

    BalasHapus
  3. Uni Lina ikutan kasih pndapet ah....

    Bumbu balado tuh (mnurut guweh), pokoknya penampakan bumbu dominan cabe merah, ga masalah apapun yg jd bahan utama, ayam, telor, terong, cumi atopun dompet akhir bulan, yg pnting rasanya kudu balance pedes manis rada asem dikit...

    (Panjang amaaat)
    Uni pulang dulu yah....
    Mau ngulek cabe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahah gak apa apa uni lina, makasih ya masukannya hahahhaha

      Hapus
  4. makasih ya jeng resepnya,,telornya bener2 menggoda....

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^