Sambal Goreng Kentang Ayam Suwir

Sambal Goreng Kentang Ayam Suwir

Assalamua'laikum..wr..
Wilujeng siang...


Merdekaaa!
Apa pula ini datang-datang langsung teriak aja hahah... Maaf tadinya saya mau posting resep ini kemarin. Udah standby gitu, lalu tetiba ada yang ngetuk pintu, akang-akang gojek datang bawa bingkisan dari sponsor buat dipoto... jadilah seharian kemarin saya gak ikut lomba makan kerupuk apalagi panjat pinang, motret dari siang ampe sore. Untung pagi-pagi udin masak jadi sorenya tinggal ngeberesin properti yang sakses bikin seisi rumah amburadul.. huhuhu... Tapi kabar baiknya tentu saja hari ini tinggal nunggu transferan hahaha... 

Jadi gimana nih mak kemarin ada yang ikutan lomba bakiak, atau balap karung atau semacam gituh? di komplek saya sih gak rame, sepiiii meeen... Anak-anak yang biasa mondar mandir main skuter depan rumah aja gak ada, kayaknya pada sibuk ke emoll,  padahal jaman dulu kalo agustusan itu rame banget kan ya... seru gitu, sekarang mah sama aja kayak hari biasa. Tapi kalo dikampung sebelah sih rame, untung gak ada yang dangdutan hihi.. soalnya taun kemaren  kalo gak salah pake acara dangdutan gitu, brisik banget, lha sekalinya gak ada apa-apa dibilang sepi, ada dangdutan, dibilang berisik, dasar emak-emak.. :D

Ah sudah... sudah... kita bahas resep ya, meski sebenarnya ini kayaknya emak-emak udah pada jago bikin yang beginian, tapi barang kali nih, bosen sama sambel goreng kentang yang ditambahin jeroan atau udang gitu, bisa lho pake alternatif lain yang relatif lebih sehat minimal kolesterolnya gak setinggi udang atau jeroan, ya pake dada ayam fillet. Nampak tidak menjanjikan? ish coba duluuuu... enak kok beneran. Ayamnya boleh digoreng atau direbus, terus disuwir-suwir kecil kecil gitu... dan jangan lupa kalo bikin sambel goreng gini, pake tambahan santan dikit ya biar gurih, sama terasi juga, biar aromanya keluar, terus gulanya gula merah, dan beberapa lembar daun jeruk kalo ada.. aduuh itu mantaaap nian pastinya. Cuma satu nih kurangnya, gak ada petenya pemirsaah... belom musim kali yah... tiap pagi clingukan di tukang sayur, selalu aja gak ada yang bawa... T_T, jadilah sambel gorengnya minus pete... Tapi yah tetep enak sih hehehe *pedejaya...



------------------------ 
SAMBEL GORENG KENTANG AYAM SUWIR



Sambal Goreng Kentang Ayam Suwir





500 gr kentang, potong kotak kecil, goreng
300 gr dada ayam filler, [rebus atau goreng], disuwir
2 lmbr daun salam
1/2 sdt terasi, bakar
1- 2 sdm air asam jawa
1 papan pete, potong dua (gak pake)
2 cm lengkuas, geprek
1 sdt gula merah
Garam, merica, kaldu bubuk
65 ml santan instan
2 lmbr daun jeruk, [gak pake pohonnya mati T_T]
3 sdm Minyak goreng



Bumbu yang dihaluskan
5 buah cabe merah besar
5 buah cabe keriting
5 btr bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah tomat








Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum dan matang. Masukan terasi, lengkuas, pete (bila pakai), daun jeruk dan daun salam serta santan, masak hingga menyusut kuahnya, masukan air asam jawa, gula, garam, merica dan kaldu bubuk. Tambahkan kentang dan ayam, tambahkan sedikit air bila terlalu kering, aduk rata, cicipi, koreksi rasanya. Sajikan.


------------------------


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,


6 comments :

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^