Roti Goreng Isi Jamur

Roti Goreng Isi Jamur

Assalamua'laikum...
Wilujeng wengi...

Hoho Rebo nyunda tapi bingung kedah nyarioskeun naon...*ngahuleng heula... emh, ti saparantos mudik kamari nembe ayeuna ngeblog deui ngangge basa sunda sabagian. Tapi hanjakal nuju teu aya ide... hahahha... ditambih internet nuju empot-empotan koneksina... digencet ku operator bong abong ngangge nu kuota na mirah :D*makirit... kinten kinten na nganggo operator naon nya nu mirah plus kilat koneksina? parantos gentos sababaraha kali tapi sami wae.. aya sih nu kenceng tapi nyaeta, kenceng oge pangaosna..wkwkwkw...  bilih aya nu roaming urang teraskeun ngangge basa indonesia heula nya pemirsah... enjing deui pami gaduh picarioseun, dilajeungkeun rebo nyunda na...:P

__________________



Roti Goreng Isi Jamur


Roti galau ini bekal sekolahnya Kirei kemarin. Beli jemur kancing tapi bingung mau diapakan, akhirnya ditumis gitu aja sama wortel dan sedikit buncis, udahnya langsung dimasukin kulkas. Habis itu mikir keras, bingung [lagi] mau dibikin apa, akhirnya karena kirei suka pizza jadi niatnya mau dibikin pizza.. etapi ditengah jalan kok males ya nyalain oven, ujung-ujungnya adonannya saya bikin bulat lonjong terus dicelup telor ama tepung panir dan digoreng! heheh jadi deh roti goreng jejadian judulnya... Untunglah tekstur rotinya tetap empuk meski tak seempuk roti yang pake metode water roux

Mungkin ada yang bingung, itu kenapa ya belahannya memanjang di tengah gitu. ehem.. jadi begini ceritanya, biar jamurnya gak kena pemanasan dua kali,  rotinya digoreng dulu terus dibelah, baru isiannya dimasukin. Tapi kalo pemirsa gak mau ribet dua kali, silahkeun masukan sajo isiannya sebelum di goreng aja. Roti goreng ini hasilnya lumayan enak, menurut saya.. luarnya krispi tapi dalemnya lembut dan kenyal dari jamurnya. Makan nya, saya lebih seneng pake rawit, kayak makan gorengan biasa... soalnya isiannya gak pake cabe sama sekali karena anak anak pasti kepedesan. Tapi kalo pemirsah suka roti asin ber-ranjau, enak juga lho disempilin cabe dalemnya...^^



-------------------------
ROTI GORENG ISI JAMUR





200 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr terigu protein rendah
1/2 sdt ragi instant
1 1/2 sdm margarin
120-150 ml air hangat
3 sdt gula pasir
1/2 sdt garam

1 putih telur
Tepung roti secukupnya
Minyak untuk menggoreng



Isian:
150 gr jamur kancing, iris tipis
Wortel dan buncis bila suka, iris halus
1 buah bawang bombay
2 siung bawag putih
Cabe rawit, bila suka
Gula, garam, merica





Isian: 
tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabe (bila suka pedas) dengan sedikit minyak hingga harum, tambahkan  wortel, aduk, masak hingga layu. Masukan jamur dan buncis, aduk rata, tambahkan  gula garam dan merica. masak hingga matang, cicipi.



Campur tepung ragi air dan gula, uleni hingga kalis. Tambahkan garam dan margarin, uleni sampai elastis. Istirahatkan adonan hingga mengembang dua kali lipat [atau lebih]. Kempiskan adonan, bentuk lonjong, lalu istirhatkan selama 10-15 menit. Celupkan adonan ke dalam putih telur, gulingkan ke tepung roti. Goreng hingga kecoklatan dengan api sedang. Belah roti, masukan isian sajikan dengan saus atau cabe rawit.
.

-------------------------

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam, 



4 comments :

  1. salam kenal mba :)
    kalau boleh tau tepung terigu protein tinggi dan rendahnya itu merk apa ya?
    terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai salam kenal nbak...kalo sy pe
      Rotei tinggi biasa pake cakra kembar kl protein rendahnya pitamerah mbak :)

      Sama sama :*

      Hapus
  2. Internet sy mah gratisan mulu malahan ceu... koneksipun cepat kl ga ada ujan gledeg mah...
    Gratis secara harfiah lho, it means Rp. 0,-

    Ya eya laahh... kan sy numpang pk spidi di skolahan..

    Qiqiqiqi....

    (Ditabok kepsek...)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^