Churros dengan saus Cokelat

Churros dengan saus Cokelat

Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing....

Temen-temen mungkin heran, kenapa seharian kemarin blog saya tidak bisa diakses sama sekali... huft.. ember bok. saya aja kesel banget. Gara-gara servernya down, atau apalah gitu, hampir 30 jam lebih lho downnya! bahkan mungkin sampai sekarang masih down, kalo aja gak dipindahin nyimpennya. Tapi ya sudah lah misuh pun tak ada guna, yang penting saya sudah kembali.... yeaahhh!*heboh bener...

Okeh, karena saya ngeblog, nyuri waktu di sela nyiapin bekal anak sekolah, kilat aja ya pemirsa, churros ini adalah sejenis makanan ringan, atau snack a la Spanyol, yang bahan dasarnya terbuat dari adonan choux pastry, atau kadang kita menyebutnya kue soes, tapi bedanya churros ini digoreng dengan minyak yang banyak, bukan dipanggang. Selain terkenal di Spanyol. snack ini juga terkenal di negara yang masyarakatnya berbahasa Spanyol, misalnya di Amerika Latin, Portugal serta di kepulauan Karibia. Nama churros sendiri berasal dari tanduk hewan sejenis biri-biri yang biasanya ada di padang rumput di Spanyol, yang disebut churro,  nah karena makanan ini menyerupai tanduk hewan tersebut maka disebutlah churros!

Churros di negera asalnya, biasanya disantap sebagai sarapan pagi, yang dicelupkan ke dalam minuman coklat panas atau kopi. Versi aslinya churros hanya ditaburi gula halus dan kayu manis bubuk, tapi kalo bikinan saya ini, disajikannya dengan saus cokelat, dan percayalah pemirsa, camilan ini tak hanya cocok untuk sarapan pagi saja, tengah hari atau malam malam sekalipun, sama lezatnya!

Ada beberapa cara untuk membentuk adonannya. Kalo cara yang saya pakai, setelah adonan selesai dimixer, dimasukan ke dalam plastik segi tiga yang diselipkan spuit bintang [ukuran] kecil, kemudian langsung disemprotkan di atas wajan datar. Tapi ada juga yang dilakukan dengan cara adonannya dibekukan terlebih dahulu, tujuannya supaya adonan terbentuk rapi. Caranya yaitu dengan menaburkan terigu ke alas wadah atau loyang, lalu adonan disemprotkan di atasnya, bentuk disesuaikan dengan selera kita, boleh panjang, bulat atau mau berbergerigi laksana ulat bulu? silahkeuun ya bebas... nanti setelah itu adonan dimasukan ke dalam freezer sampai beku, baru digoreng. Adonan yang sudah beku, bisa dipindahkan ke dalam plastik ziplock, lalu disimpan dalam waktu yang lama, jadi ketika pengen tinggal goreng. Cuma, karena kepraktisan, saya sih langsung saja, tidak dibekukan dahulu. Tapi terserah pemirsa ya, maunya gimana, mau yang rapi tapi lama, atau kilat tapi yah rada plintat plintut gitu heheh...


-----------------------
CHURROS


Churros dengan saus Cokelat





100 gr terigu protein tinggi
125 ml air
2 btr telur
1/4 sdt garam
50 gr butter
1 sdt gula halus
Minyak untuk menggoreng


Saus cokelat
100 gr dark cooking chocolate, cincang
1 1/2 sdm gula palem
1/2 cup susu
1 sdm butter
3/4 sdm maizena




Saus Cokelat:
Masukan semua bahan ke dalam panci, masak dnegan api kecil hingga meletup-leput, matang dan kental, matikan api, sisihkan.

Rebus butter dengan api kecil hingga meleleh, tapi jangan sampai mendidih. Masukan terigu, gula dan garam, aduk sampai adonan menjadi kalis, matikan api. Tunggu hingga hangat masukan telur satu persatu lalu dimixer dengan kecepatan rendah hingga adonan rata tercampur rata. Pastikan telur sudah tercampur dengan adonan sebelum menambahkan telur berikutnya. Adonan kemudian dimasukan ke dalam plastik segi tiga yang sdh diberi spuit.

Panaskan minyak, semprotkan di atas wajan datar. Goreng dengan api sedang hingga matang. Sajikan dengan sausnya.

-----------------------


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,


.

8 comments :

  1. aduh teeehhh... makin jago aya sih yaaa masaknyaaaa...
    kereeen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jago dari hongkong T_T nuhun mbak yu...^^

      Hapus
  2. Gimana ga down. Server isinya foto makanan enak tapi ga pernah dikirim aslinya. Eh boleh usul ga..? Eta iklan dibawah pindahin lah biar ga ganggu pemandangan. Tah sebelah kanan kan kosong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah sippp mang... ntar dibilangin sama orang dapur hahah barangkali itu rekues dari yang ngiklan gituu.. tapi sebenernya aku gak tau ini yang diomongin iklan yang mana, soalnya aku mah licik pake adblock hahahah jadi gak keliatan ada iklannya :V

      Hapus
  3. Tampilan webnya cantik banget mba Ayu, begitu buka langsung disuguhi foto-foto makanan yang aduhai menggoda selera

    BalasHapus
    Balasan
    1. awww mbak sashy jadi maluuu...
      makasih mbak :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^