Ayam Balado

Ayam Balado

Assalamua'laikum...wr..wb...
Wilujeng wengi...

Hai... sekarang saya udah di Bandung lagi pemirsah..*gak ada yang nanya..:P. Kemarin mampir dulu ke rumah mertua, nggak langsung ke Bandung. Baru hari ini bisa megang-megang wajan lagi, kangen yo, ampe dielus-elus wajan ama kompornya... dua minggu lho saya gak masak-masak. Berasa senang gimanaaaa gituh... sebagai emak-emak yang gak punya asisten sekalinya liburan gak masak itu luar biasa...  waktu di rumah mamah, mamah yang masak, pas di rumah mertua ada bibi yang masak, saya sih bantu doa aja hoho *digiles...  eh tapi postingan ini dibkinnya udah lama banget, sebelum ramadhan kemaren deh kalo gak salah. iya emang, postingan kadaluarsa banget xixixi...



Ayam Balado


Ini apa yah disebutnya... Ayam balado kok ada daun bawang ijo-ijo nya... Entah pokoknya semacam lah... Biasanya sih bukan pake daun bawang tapi pake daun kemangi, cuma karena waktu itu adanya daun bawang jadi yah improvisasi aja, daun bawang juga gak masalah kayaknya, pikir saya.. hihi... Meski kalo harus jujur, saya sih sebenernya lebih suka gak dipakein daun-daunan, udah aja pake bumbu baladonya. Tapi si bebeb paling suka kalo ditambahin daun-daunan kayak gini... belio suka bilang, "ini masakan mommy yang paliiing enak"... dududu kenapa pula ngomongnya harus pake tampang gantengnya itu... bikin mencelos gak bisa nolak*syalalala.... numpang curcol... :V.   

Btw, hari ini anniversary kita yang ke-7 lho... banyak banget yang berubah pastinya. Yang jelas, belio makin soleh, makin ganteng dan makiin langsing aja badannya hihihi... *entah kurang gizi ya? eh?... Yah, 7 tahun yang menyenangkan. Saya bukan orang yang pandai berkata-kata jadi kita gak kayak kebanyakan pasangan lain yang pandai mengungkapkannya di medsos misalnya, dengan bahasa yang indah atau ngeshare poto-poto romantis berdua apa gimana gitu, atau beli kue, bunga, dan semacam... nggak! palingan curcol dipostingan kayak gini xixixi.... Itu pun dengan agak malu-malu takut dilempar sendal jepit ama emak-emak yang lagi butuh resep malah dikasih cerita gaje hahaha.... udah ah...~


-----------------
 AYAM BALADO
 

Ayam Balado





500 gr ayam, potong-potong
1 buah jeruk nipis
1 sdt garam
Minyak untuk menggoreng


1/2 sdt garam
1/4 sdt kaldu bubuk
2 sdm air asam jawa
1 sdt gula pasir
4 tangkai daun bawang [potong-potong ]
1/4 gelas air


Ulek kasar:
5 buah cabe merah besar
4 buah bawang merah
3 siung bawang putih






Bersihkan ayam, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Cuci bersih, tiriskan. Panaskan minyak, goreng ayam hingga setengah matang. Angkat.

Tumis bumbu yang diulek hingga harum, masukan ayam, aduk, tambahkan air. Masukan gula, garam, kaldu bubuk dan air asam. Masak hingga bumbu meresap, tambahkan irisan daun bawang, aduk rata. Cicipi, koreksi rasanya. Angkat, sajikan hangat.



-----------------



Selamat mencoba, semoga bermanfaat....

Salam,



8 comments :

  1. Cieeeee....
    Slmt hr jadi ya ceu... smg si eceu dan si akang makin bahagia...

    (Kpn punya dede yg ke 3...?)

    Kl resep ini mah andalan sy kl ada ayam goreng sisa kemaren ceu... hehehe...
    Resep risaikel yg bikin nasi cpt abis...

    *maruk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hohoho makasih bu guruuuu... haha kapan kapan aja lah :D
      iyaaah sama... resep penyelamat sisa ayam goreng ya:D

      Hapus
  2. hihiii...welcome home teteh...selamat ya udh tujuh taon aja...senengnyaa...moga langgeng selamanya...aamiin...doakan sy jg yaa...
    nyoom...ayamnya looks yummy.
    .minta sepotong ya...nggak papa deh kalau udh kadaluarsa...xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaminn terima kasih mbak Selma.... huhuhu.... iyaaa barakallohu fiik....

      hahhaha udah lama siy baru diposting :D

      Hapus
  3. Kalau ibuku bikin balado pasti pake lengkuas sm salam.
    Jadi yg bener bumbu balado itu gemana ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha bener ebenr aja kok mbak.. yang penting sesuaikan dnegan selera kita. saya sih angin anginan kadang apke lengkuas ama daun salam atau daun jeruk kadang jg nggak heheh kebetulan yang ini gak pake...:D.

      Hapus
  4. sangat menggoda sekali mba ayam balado nya hehehe :G

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^