Tamarillo Smoothies


Assalamua'laikum.. wr..wb...
Wilujeng enjing...

Niat banget deh dari semalem pengen ngapdet blog. Pagi-pagi dengan semangat 45 langsung nyalain komputer, buka browser, intipin komen yang masuk, stalking ke blog tetangga... abis itu siap-siap mau ngepost poto, pas diliat eh.... Akhirnya cuma bisa cengo depan kompi, whaaaat?? ternyata saya gak punya stock poto yang layak tayang hahahah...

Akhirnya dari tadi cuma bulak balik bukain folder, nyari nyari mana yang kira-kira belum ditulis resepnya, yahhh kalo pun ada.. buremlah, miringlah, bleteklah tone nya... hemmm... Akhirnya nemu poto smothies tamarillo ini. Padahal nggak begitu penting juga dibahas hahah... Tapi maksa aja deh eikeh, daripada gak ngapdet, udah niat banget soalnya ehehehe... 

Tamarillo ini sebenarnya kiriman dari teman baik saya di Jakarta mamah Ira diana, karena di Bandung jarang banget nemu yang ginian, entah karena mata saya terlalu kesilep ama barang-barang diskonan di supermarket jadi gak keliatan, apa gimana....*emakemak pemburu diskonan...   yang jelas, perasaan jarang nemu deh... hihih  .Untunglah teman baik saya yang satu itu mau berbagi rizki dengan kaum pemburu diskon dan doyan gratisan ini hehehe... Jadi untuk pertama kalinya saya bisa icip-icip gimana sih tamarillo yang konon katanya rasanya itu perpaduan antara markisa, tomat dan terong..[?] udah kebayang sih bakalan nano nano rasanya... Tapi sama sekali gak kepikiran kalo tamarillo ini getir juga ternyata sodara-sodara... dan sensasi getirnya itu curang banget munculnya di ujung. Pas pertama kali bersentuhan dengan lidah sih enak aja, tapi di akhir kok beda ya... ada pahit-pahitnya gituuuu...hohoho...

Akhirnya, selama beberapa hari setelah itu, sibuk lah saya dengan berbagai "eksperimen"  demi membuat smoothies tamarillo yang enak tapi tanpa sensasi pahit dan getir di ujung. Ada banyak resep dan trick di internet untuk menghilangkan rasa pahit pada tamarillo. Ada yang minta dikupas dulu, udah dicobain, pas diblender, tetep pahit. Ada juga tipsnya harus direbus dulu ama gula, nah ini gak saya cobain karena sayang aja vitamin c nya bisa rusak jika terpapar suhu yang terlalu panas. ehm, saya skip cara itu. Terus untuk meningkatkan cita rasanya, selain diblender gitu aja, ada juga yang menambahkan madu,  susu atau yoghurt, bahkan gula. emh, saya nyoba yang yoghurtnya aja, yang susu nggak apalagi yang digulain, itu nggak banget. Yang pake madu dicobain juga sih, tapi tetep sensasi pahitnya masih ada. Pusing kan eke... Akhirnya diujung pecobaan yang entah kesekian juta kalinya hahaha.. saya cobain keruk tengahnya, dan langsung dimakan. Ternyata lebih enak dan segar dinikmati langsung, tanpa diblender kalo bijinya. Nah terus saya cobain daging buahnya, baru ngeuh, o ternyata ini dia yang bikin rasanya jadi pahit dan getir. Karena gak sanggup makannya akhirnya saya kasih sedikit air dan langsung dinblender tanpa dikasih madu ataupun bahan tambahan yang lain. Ih ajaib ternyata hasilnya gak pahit sodara.. saya juga bingung kok bisa yah... 

Saya gak bilang kalo misalnya tamarillo dipisahkan dari bijinya, atau bijinya dimakan duluan maka hasilnya tamarillo akan jadi tidak pahit. Belum sampe ke situ sih kesimpulannya, hanya mungkin kebetulan aja pas waktu itu gak pahit, saya tidak melanjutkan lagi eksperimennya, karena... keburu abis hehehe... Jadi sampai sekarang saya belum nyampe kesimpulannya gimana... mungkin bener yang direbus dulu bisa menghilangkan sensasi pahitnya. Silahkan teman teman lanjutkeun eksperimennya ya hahah... atau kalo mau saya yang melanjutkan, kirimi saya tamarillo se-tronton, dengan senang hati saya akan menerimanaya hihi...

Nah kalo resep di bawah, saya nyoba yang pake yohgurt dan madu. Rasanya serius enak, cuma masih ada sensasi pahitnya aja. Sekedar informasi yah pemirsa, Tamarillo ini atau lebih dikenal dengan Terung Belanda (cypomandra ) aslinya bukan dari Belanda meskipun namanya Terong Belanda tapi dari Amerika latin dan mulai dikembangkan di Indonesia sekitar tahun 1941 di Bogor, Jawa Barat. Buah ini yang termasuk ke dalam famili solonaceae ini dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Diantaranya, yaitu sebagai pencegah kerusakan sel-sel dan jaringan tubuh penyebab berbagai penyakit. Tamarillo juga baik untuk melancarkan penyumbatan pembuluh darah serta menormalkan tekanan darah, menurunkan kadar kolestrol serta  mengikat zat-zat racun dalam tubuh. Selain itu, tamarillo juga mengandung antosianin yang merupakan senyawa antioksidan yang kuat untuk menangkal berbagai radikal bebas. Antosianin juga memiliki kelebihan lain selain sebagai antioksidan, yaitu sebagai antiradang, antibakteri, dan sebagai pencegah kanker dan tumor  serta baik untuk memperbaiki fungsi  penglihatan, dan antiaging. Nah, lumayan banyak kan manfaatnya... jadi jangan ragu mencoba buah ini yah pemirsa... yah meskipun rada-rada pait hehehe...


------------------------

TAMARILLO SMOOTHIES










4 buah tamarillo, keruk isinya dengan sendok, buang kulitnya
1 cup air
1/2 cup yoghhut [optional]
Es batu secukupnya
Madu sesuai selera [optional]





Masukkan semua bahan ke dalam blender, kecuali es batu, proses hingga halus. Tuang ke dalam gelas, beri es batu. Sajikan. Segera habiskan. 



------------------------


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



6 comments :

  1. aku ngak doyan, awla puasa nyobain di kasih temen dan rasa nya menurut gw kok aneh #kampungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya ih kampungan hihihi*dijambak:P

      Hapus
  2. seger niyyyy..... belum pernah nyoba pakai yogurt mbak Ayu, lebih enak yaaa, fotony cantik euyyyy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa lebih seger mbak vero hehe ish potonya maksa bgt inih :D
      makasih mbak :)

      Hapus
  3. Saya oge mau lah kalo gratisan
    Tapi jangan dibilang emak emak, nya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha tante tante deh kalo gitu hihi

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^