Eggless Kaastengels

Eggless Kaastengels

Assalamua'laikum.... wr wb...
wilujeng siang...

Yoowww postingan ngebut yah... karena hari ini, saya masih harus mengeksekusi beberapa resep cookies yang sudah ditargetkan demi bawaan mudik yang ulala.. ternyata tinggal sehari lagi sodaraaa..... Gimana gak ketar ketir sayah... mana sore ini harus menghadiri acara komunitas Instagram kompkers Bandung... entah fashion show, atau food photography atau apalah itu namanya saya juga kurang tau.. biasalah sebagai emak-emak doyan ngeksis suka hadir ke acara tapi gak jelas itu saya mau ngapain di sana ahahhah *plakss...

Saya juga mau minta maaf buat temen-temen yang sudah meninggalkan komentar dipostingan-postingan sebelumnya yang belum sempat dimoderasi, tapi tenang pesan dari pembaca tertjintah udah dibacain satu-satu, cuma karena belum bisa diriply, jadi belum diposting.. khawatirnya takut lupa. Saya kalo ngeriply komen harus langsung, kalo nggak gitu gak ke riply atau lebih parah gak kebaca...T_T *dijambak pemirsa...




Eggless Kaastengels


lhaa... katanya ngebut, malah asyik ngoceh... okeh-okeh sodara... dipostingan ini saya cuma mau bilang, bahwaa akhirnya pencarian saya dengan resep kaastengels berakhir sudah di resep ini, gak mau ganti. Percobaan saya dengan resep eggless kastengels yang lembut nan renyah ini, setaun yang lalu tepatnya, dan kayaknya udah pas sama resep ini aja. Meski boleh dibilang versi saya nampak sangat abal-abal karena saya keukeuh gak mau pake edam. Bukan bukan karena saya pelit gak mau beli edam, tapi karena selera saya lebih suka cheddar yang aroma dan rasa kejunya lebih ringan ceria...  tapi tentu saja kalo pemirsa penggila berat keju, silahkeun ganti saja pake edam dan hawa.. eh edam dan parmesan yaa...hohoho*ditoyor....  suka suka aja lha ya...^^

Yuk ah... saya mau cus lagi ke dapur.... !



----------------------

 KAASTENGELS TANPA TELUR
 Source: Ordinary Kitchen

 Eggless Kaastengels




300 gram mentega [saya: 150 gr butter dan 150 gr margarin]
350 gram terigu protein sedang
50 gram maizena
2 sdm susu bubuk
100 gram keju edam parut [saya pake 200 gr keju cheddar tanpa parmesan]
100 gram keju parmesan parut [gak pake]

Olesan:
Kuning telur, kocok lepas

Taburan:
Keju cheddar parut





Campur dan ayak terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan. Kocok mentega sebentar saja hingga lunak.  Masukkan keju edam dan parmesan parut, jika pakai,  aduk rata dengan sendok kayu. Masukkan campuran terigu, aduk rata dengan sendok kayu sampai rata dan adonan sudah bisa dibentuk. Gilas tipis adonan lalu  cetak sesuai selera. Tata dalam loyang tanpa dioles margarin. Oles dengan kuning telur dan taburi keju cheddar parut. Panggang dalam oven 125'C [api kecil] sampai matang, berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara.

*Catatan dari empunya resep: Adonan ini tidak menggunakan telur serta menggunakan maizena jadi menghasilkan kaastengels yang renyah dan garing. Klo suka dengan yang empuk tambahkan 2 butir kuning telur yang dikocok bersama mentega.


---------------------- 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



6 comments :

  1. boleh nih dicoba, kyknya enak

    BalasHapus
  2. makjaaanggg *lapperr deh ini liat postingannya mbaa ayuu =,=*

    BalasHapus
  3. met lebaran teteh
    maap lahir batin ya teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mbakyu mohon maaf lahir bathin..:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^