Donat Kampung [pake kentang]



Assalamua'laikum wr..wb...
Wilujeng siang...


Ngapdet dulu blog sebelum mudik besok, InsyaAlloh... doakan semoga selamat diperjalanan ya pemirsa... Kebetulan kemarin mamah bikin donat kentang ala kampung favorit saya huhu... enak banget... Apalagi dibikinin... Saya mah bagian komentatornya aja, "ini enak mah... " hihihi... Jadi dari awal sampai akhir mama yang ngerjain yah. Makanya jangan heran kalo bentuknya gak rata, mamah yang bulet buletin... coba kalo saya yang mbuletinnya, pasti lebih ancur heheheh.... Pas udah mateng ngambil beberapa buah buat dipoto. Tapi karena udah ditungguin bocah yang pada nangkring depan meja, jadi kilat aja motretnya mana kesorean. Potonya jadi banyak titik titik yang overlit di sana sini... *manyun...

Donat kampung ini... pastilah tidak asing ya... beda dengan donat 'kota' yang biasanya dipakein aneka topping dari mulai meises, coklat, ampe springkle unyu-unyu, donat kampung mah cukup digulain aja... Teksturnya juga tidak seempuk yang kayak Jco misalnya... ya empuk sih, tapi pas digigit beda aja gitu, lebih berasa teksturnya.. nggak begitu ngembos... atau apa sih itu namanya... ya pokoknya gitulah.. Apalagi ini pake tambahan kentang juga, jadi lebih beraroma, gak cuma bau terigu ama ragi aja, dan lebih gurih... menurutku sih heheh... iya kan? pasti pada setuju deh.. yakin biarpun donat donat aneka topping berseliweran, tapi donat kampung ini tak semudah itu dilupakan... Yah? 

Resepnya pake resep mama yang galau. Galau maksudnya kadang segini ininya, kadang segitu itunya... Atau lebih parah, cuma kira-kira hohoho... Tapi khusus yang ini lumayan akurat ukurannya, meski yah banyak kira-kiranya juga heheh... Yang terpenting pokoknya untuk menentukan sebanyak apa takaran airnya, tergantung dari seberapa basah adonannya... kan ini pake kentang juga, nah tiap kentang kan beda kadar airnya, jadi jangan terlalu terpatok pada resep ini, sesuaikan dengan tingkat kebasahan adonannya aja. kalo kebanyakan, ya kurangin, kalo kurang, tambahin aja dikit-dikit tapi yah, jangan main glujur aja, ntar kalo kebasahan, nempel nempel pan repot... Tapi kalo misalkan udah terlanjur kebasahan, salah satu tips untk memudahkan membentuknya, selain ditambahin terigu sedikit lagi di adonannya juga kita bisa melumuri tangan dengan margarin, tipis-tipis aja, InsyaAlloh adonan gak terlalu lengket nempel ke tangan...^^




------------------------------
DONAT KAMPUNG [dengan tambahan kentang]
Resep dari mama









500 gr tepung terigu [protein tinggi]
3 buah kentang, kupas kukus, haluskan
11 gr ragi instan
150 ml air dingin [sesuaikan dengan kebutuhan]
2 sdm gula
3 sdm margarin
1 sachet susu bubuk [sekitar 27 gr]
2 btr telur
1/3 sdt garam
Gula donat, untuk taburan
Minyak untuk menggoreng





Campurkan terigu, kentang, gula, ragi, susu dan air, uleni sampai kalis. Masukan telur, uleni. Tambahkan garam dan margarin, uleni sampai kalis elastis. Istirahatkan adonan dengan ditutup serbet bersih hingga mengembang. Kempiskan adonan. Ambil kira-kira 25-30 gr adonan, bulatkan. Istirahatkan sebentar. Lubangi tengahnya. Diamkan lagi selama 30-40 menit. Goreng dengan minyak sedang. Angkat, dinginkan, taburi gula donat. Sajikan.



------------------------------


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...


Salam,



16 comments :

  1. Hay hay teteh cayaang... minal aidin wal faidzin ya....
    Kumaha kabar...?
    Dah saya mah suka ajah dg potonya teteh, apapun kekurangannya tp pd kenyataannya teteup cakep kok....


    * ngunyah donat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami sami teh lina minalaidzin... Maapin yah daku suka sotoy hehee... Alhamdulillah sehat. Hahaha potonya gaje ya... Nuhun teh :)

      Hapus
  2. lihat fotonya jadi pengen bikin deh tapi ga punya kentangnya :)

    Maaf lahir bathin yah teh ayu dan keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu teh cobian hehe... Muhun teh sami sami, neda dihapunten nya... (^v^)

      Hapus
  3. donat yang enak dan menarik kayaknya untuk disajikan kepada anak-anak...makasih

    BalasHapus
  4. hehehehe donut kampung cuman pake gula bubuk

    BalasHapus
  5. ngiring nagog ahh
    sugan ue aya nu ngalungan donatna,,heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha lebet atuh ulah nagog wae didinya... Palingan dialungan batu akik didinya mah hehehe

      Hapus
  6. wahh donat kampung kaya gini favorit saya banget. makasih udh share resepnya :)

    VONNYDU

    BalasHapus
  7. Walaupun sekarnag udah banyak donat 'modern' tp donat kampung ttp jadi favorite, makasih udah share resepnya mba,, jadi pengen coba bikin. Mba saya mau nanya, 3 buah kentang itu kira2 beratnya berapa yah? soalnya ukuran kentang kan beda-beda,, ^^

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^