Almond Crispy Cookies


Assalamua'laikum...wr..wb
Wilujeng enjing....

Yeaaay... parade kukis dimulai ya pemirsa...!
Gimana.. udah pada bikin kukis belum? saya rajin banget ya hari gini udah baking ini itu. Soalnya bentar lagi udah mau mudik nih pemirsa jadi harus cepet-cepet nyelesein bikin kukis kukis pesenan mama, kalo pesenan orang lain mah ogah banget heheh, malah tadinya gak diniatin taun ini bakalan ngeksis kencan ama oven, tapi karena mama minta dibikin ya udah, sebagai anak solehah yang baik hati jadi maksain deh. Btw, boo ini mata kok ngantuk banget ya... susah konsen nih ngetik di blog... soalnya semalam kena migren ampe jumpalitan susah tidur... makanya sekarang ini mata berat banget hiks.. 

Okelah karena saya susah banget mau fokusnya mending kita langsung ngebahas resepnya aja yah. Udah pada tau pastinya ama kukis yang satu ini. Sebagian ada yang bilang ini adalah kukis super rempong karena selain bikinnya lama, juga kendala utamanya karena ketika selesai dipanggang, kadang kukisnya susah banget dilepaskan dari kertas baking. Nah saran saya, demi mengurangi penderitaan saat membuatnya, ada baiknya pemirsa invest beli silpat dulu deh, [kalo belum punya], karena silpat ini ngebantu banget. Tanpa perlu banyak usaha, setelah kukisnya matang, tinggal digoyangin dikit, kukisnya langsung lepas dengan mulus. Banyak cerita kalo pake kertas baking biasa, terutama yang kualitas kertasnya buruk, si kukis ini bakal nempel bak prangko... ! Udah mah bikinnya rada rempong, eh pas matengnya masih ngerepotin juga.... Lengkap sudah derita ini heheh



Emang kenapa sih sebegitu ngototnya pengen bikin kukis rempong macam beginian, beli aja kan gampang.... ? emang sih lebih gampang kalo beli... enak tinggal makan, yang gak enak pas bayarnya aja hahah... karena harganya juga kan lumayan, karena setimpal dengan bikinnya juga kali yah.. hihihi.. dan lagi selain karena alasan harga yang maharani tapi seuprit gak bakalan puas makannya, juga demi memanfaatkan putih telur yang bakalan numpuk sisa bikin kue kering yang lain. Jadi kalo saya sih tricknya gini, tiap abis bikin kukis, yang mana pastinya akan menyisakan 2 sampai 3 putih telur, nah itu langsung dibikin almond crispy ini, jangan disekaligusin dibikinnya bisa gempor kitaa...

Salah seorang teman saya pernah cerita kalo almond yang dibikinnya selalu mlempem entah setelah berapa hari gak diceritain, yang jelas saya jadi mikir, salahnya dimana ya... tapi temen saya ini gak pake resep yang saya share di bawah, dia pake resep sendiri.. dan kemudian jadi bikin saya lebih nyadar merhatiin kukisnya setelah beberapa hari, bakalan mlempem apa nggak, dan syukurlah.. dengan resep yang saya pake ini insyaAlloh, almond crispy nya tetap krispi gak melempem. Lagian coba pemira tengok itu lapisannya, tipis banget kan? udah kayak potato chips aja.... selain juga karena bahannya saya pake tambahan maizena dan bubuk almond dengan penambahan terigu yang tidak terlalu banyak udah gitu pemanggangannya  disuhu yang rendah...
Jadi temen-temen yang masih maju mundur bikin almond crispy ini, jangan ragu untuk mencobanya ya, yang penting pas bikinnya, siapkan silpat atau kertas baking berkualitas baik, pas nyetak adonan, pastikan dibuat setipis mungkin dan pada saat memanggang oven jangan ditinggalin. Jaga suhu dan lamanya proses pemanggangan dengan cara terus menerus dicheck secara manual. Bagimana? siap siap buat sakit pinggang? eh siap untuk mencoba?  yuks simak resepnya...



 -------------------------
  ALMOND CRISPY COOKIES






2 putih telur
3 sdm tepung terigu
1 sdt maizena
2 sdm almond bubuk
75 gr gula halus
30 gr salted butter, lelehkan
Almond slice buat topping





Kocok putih telur dgn handwhisk asal mengembang, masukan gula, almond bubuk tambahkan terigu dan maizena aduk, masukan butter. Aduk hingga rata. Ambil 1/2 sdt adonan, bentuk bulat bulat tipis di atas silpat sambil diratakan dengan punggung sendok. Taburi almond slice panggang selama 10 -15 menit disuhu 130' c lama pemanggangan dan suhu disesuaikan oven masing masing yang pasti jangan ditinggakan selama proses pemanggangan.  Tongkrongin trs ovennya. Kalo sudah matang angkat segera lepaskan dari loyang dan dinginkan di rak kawat.


 -------------------------


Salam,



28 comments :

  1. Alhamdulillah aku udah dapat kiriman persis seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe rejeki anak soleh ya bang :D

      Hapus
    2. Tapi yg green tea belom

      Hapus
    3. Aku jg belom nyoba nanti ah besok besok pake green tea hehe

      Hapus
  2. mbaa beli silpat yg bagusnya dimana??
    penasaran mau bikin cookies ini tp blm punya silpatnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di toko bahan kue besar biasanya banyak dijual mbak. Kl di bandung sy beli di tbk ny liem dijalan naripan. Beli online jg bisa.

      Hapus
  3. Komen naon nya..?
    Nulis kukiss deui bisih dibabet panci...

    BalasHapus
  4. mba ukuran sdm dan sdt pakai sendok ukur kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya pke sendok ukur tapi kali ini sy pake sendok biasa aja mas hehe

      Hapus
  5. Silpat itu nek gimana sih bentuknya, kayak ada gambaran te...

    BalasHapus
    Balasan
    1. macem macem mas, gugling aja, biasanya dijual di toko bahan kue besar. Saya belum pernah motret silpat, maap :D

      Hapus
  6. Salam kenal mbak...mba 1 resep ni jdinya brp bnyk ya...kyaknya dikit ya mba..salted butter bs diganti ga mba? Tq ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo salam kenal mbak rosi... lumayan banyak jadinya mbak sekitar 23 keping, lebih kayaknya tergantung besar kecilnya. tapi ya itu capek manggangnya hehe... boleh kok diganti dengan yg unsalted atau BOS atau buttermargarin, nanti bedanya di aroma :). maap br bales ...T_T

      Hapus
  7. kalo misalnya mau pake greentea bubuk apa perlu terigunya dikurangin mb?makasih😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. halloo....
      iya sebaiknya terigunya dikurangi sebanyak green tea bubuk yang ditambahkan kak, sama sama.. semoga sukses ya :)

      Hapus
  8. Mb kl tnpa almond bubuk, bs diganti apa y? Itu ktk jdi kepingan bwhnny jg halus kyk atasny apa kasar mb? Mksih resepnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh saya belum pernah cba kalo ga pake almond haha bisa aja tapi rasanya jadi ga enak krn almondnya yg bikin rasanya nendang gt:)

      Hapus
  9. Manggangnya enakan di oven listrik. Oven gas apa oven kompor yah mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oven apa aja kak, gak masalah yang penting suhu dan lama masa panggangnya tepat...:)

      Hapus
  10. bisa ga kl ga pakai silpat..?? atau pengganti silpat apa gitu..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ga pake silpan nempel kaka. bisa aja dipaksaian pake kertas baking biasa tapi khawatir patah patah T_

      Hapus
  11. Halooo mbak,, saya udah coba resepnya. Manteb banget, pas dilidah pas di kriuknya...
    Oia almond crispyku gak tahan lama nih mbak... Begitu dingin langsung habis dilahap hehehe

    Makasih ya mbak, sukses selalu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah samaaa...ya ampun bikinnya luamaa makannya cepeth T_T

      Hapus
  12. Sudah saya coba resepnya mbak enak renyah hanya gula saya kurangi sedikit karena ggak suka yg terlau manis...

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^