Candil W'Dank Bajigur


Assalamua'laikum...wr..wb...
Wilujeng siang...


Setelah kemarin beberapa hari posting resep-resep cookies untuk persiapan lebaran nanti.. dan saya baru inget kalo saya belum pernah sekali pun ngapdet resep buat menu ifthor yah... hohoh.. emang karena jarang bikin sih. Saya kalo ifthor seadanya aja buat menu takjil nya. Tapi saya mau cerita dikit kalo di rumah saya punya koleksi W'Dank Nutrisari yang banyak banget heheh... dari mulai Pletok, saraba, sari jahe sampai W'Dang Bajigur ini. Ampe penuh lemari. Biasanya yang minum Daddy plus temen-temennya di tempat kerja, karena kerjanya malem jadi butuh yang anget anget gitu deh... Secara Bandung kalo malem brr dinginnya.... Nah pas kemarin buka lemari ulala ternyata masih tersisa beberapa pack W'dank sari jahe, Saraba dan W'Dank Bajigur ini... Jadi kepikiran apa dibikin menu buat takjil aja yah... 

Sebenernya diminum langsung gitu aja W'Dank Bajigur ini udah enak banget apalagi kalo dibikin menu takjil W'Dank Bajigur, pastilah lebih nampol. Apalagi kalo diliat dari komposisi di dalam w'dank ini yang udah lengkep tuh, udah ada gula merah dan santannya jadi gak usah repot-repot nambahin banyak bahan lagi. Setelah muter-muter nyari inspirasi akhirnya dipilihlah candil buat menu takjil W'Dank bajigurnya. Kenapa candil? karena candil itu orang Sunda banget hehehe... Candil merupakan salah satu menu berbuka yang paling populer di Bandung. Tiap belokan, pojokan, gank-gank, pinggir-pinggir jalan atau emperan toko kalo sore selama bulan Ramadhan pasti menjajakan candil. Begitu juga dengan bajigur yang pastinya merupakan salah satu minuman khas priangan jadi saya pikir kalo keduanya di gabung jadi menu takjil W'Dank Bajigur  pasti seru.




Kalo belum pernah nyoba W'Dank bajigur,  ini yah, saya kasih tau sedikit gambaran gimana rasanya. Kalo temen-temen orang Sunda terus nyoba minum w'dank ini, kesan pertamanya pasti suprise banget karena W'dank ini memiliki rasa bajigur yang otentik untuk ukuran minuman instant pabrikan. Aroma jahenya agak samar tapi masih terasa.  Gurih dari santannya itu yang bikin nonjok banget di lidah, dan manisnya pas, dengan aroma gula aren yang masih kerasa, padahal di komposisi nya memakai bahan pemanis buatan tetapi rasa manisnya sama sekali tidak terasa artificial. Sehingga saya pikir W'Dank Bajigur ini akan sangat mudah dikreasikan dengan aneka bahan yang lain sebagai menu takjil. Candil hanya salah satunya, kalo temen-temen lebih kreatif dari saya pasti bisa banget bikin menu takjil W'Dank Bajigur yang lebih variatif dan istimewa dari minuman khas parahiangan ini... Tapi sebagai permulaan mari kita coba membuat candil W'dank bajigur dulu... menu lainnya saya serahkan pada teman-temen untuk berkreasi sendiri.


------------------------
CANDIL W'DANK BAJIGUR
 [ untuk 2 porsi ]







180 gr ubi jalar yang sudah dikukus dan dihaluskan
50 gr kanji
Air untuk merebus

500 ml air
40 gr gula merah, sisir
1 lembar daun pandan, potong potong
2 sachet w'dank bajigur
2 sdm santan kental, bila suka (optional)





Campurkan ubi dan kanji, aduk rata. Bentuk bulat bulat kecil seperti kelereng. Lakukan sampai habis. Didihkan air, rebus hingga ubi mengapung, angkat.

Rebus air, tambahkan gula merah, saring. Didihkan kembali kuah gula merah, tambahkan daun pandan dan w' dank bajigur, masak dengan api kecil sambil diaduk perlahan. Jika sudah mendidih tambahkan candil. Biarkan beberapa saat. Matikan api, sajikan dengan santan kental bila suka.
 

------------------------

Selamat mencoba, semoga bermanfaat....

Salam,



11 comments :

  1. kalau ibuku bilangnya ini biji salak tp biasanya orang kaget kalau bilang ibuku masak biji salak jd lebih sering bilang cenil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh mirip mirip ya ama biji salak:D

      Hapus
  2. teh web nya sekarang ada iklannya kah?
    tiap kali klik keluar iklan di window baru, hehehe...

    malem2 enak nih minum beginian apalahi hidung lagi mamfet bersin2 kena debu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak heheh tapi gak tau sih klao webta si bebeb yang ngurusin, daku ngisi konten aja heheh maap...

      Hapus
  3. mbaaaa aku selalu takjub liat fotonya, kece beraaaat! Ajarin doooonk! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuaaa makasih mbak Dita... hiks aku jg masih belajar nih...:D

      Hapus
  4. Okei mbak, ini foodblogger kece :' dan sama kayak mbak dita diatas, aku terkesima liat fotonya :' ya ampun :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohoho sankyu bang... Halagh jadi geer gini bang eke hehe

      Hapus
  5. komenku masuk nggak ya ._.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^