Mie Gulung Sosis Saus Lada Hitam

Mie Gulung Sosis Saus Lada Hitam

Assalamua'laikum..wr..wb...
Wilujeng Enjing...

Ini menu andelan emak-emak sejagat kayaknya heheh.. Apalagi kalo kefefet buat bekal anak sekolah atau piknik, pasti deh bikin mie gulung sosis kayak gini. Tapi saya bikin mie gulung ini bukan buat bekal sekolah atau piknik, ya iseng aja, coba-coba motret mie, karena tema minggu kemarin di salah satu food photo project yang saya ikuti di Instagram tema nya mie... dan kebetulan juga kita semua doyan hehe... Makanya jangan heran, kenapa cuma mie gulung aja tapi stylingnya lebay dan geje begonoh hihihi....


Mie Gulung Sosis Saus Lada Hitam


Sebenarnya gak ditulis resepnya pun emak-emak pasti udah canggih banget lha ya.. tibang mie gulung sosis aja masa keder bikinnya hehe... makanya saya tambahin pake saus lada hitam buat pelengkapnya. Biasanya kan cuma dicocol saos sambel atau gak pake cocolan sama sekali... Nah ini pake saus lada hitam yang manis agak asam... pokoknya mie gulung sosis yang pake saus lada hitam kayak gini jadinya bedaaa ya.. kayak ada pedes pedesnya gitu hahahha...*ala iklan banget...




-----------------------------
MIE GULUNG SOSIS SAUS LADA HITAM
 


Mie Gulung Sosis Saus Lada Hitam






170 gr mie telor
1 sdt garam
1 sdt minyak goreng
Air untuk merebus
6 buah sosis
Minyak untuk menggoreng


Saus lada hitam
1 buah bawang bombay, potong potong
1 sdm margarin untuk menumis
1 sdt -atau sesuai selera- lada hitam butiran, gerus kasar
2 sdm saus tomat
3 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
Garam dan gula bila perlu
130 ml air
1/2 sdt maizena, encerkan dengan sedikit air





Saus lada hitam:
Panaskan margarin, tumis bawang hingga harum, masukan air, kecap dan saus, gula dan garam bila perlu, kentalkan dengan maizena, aduk, tambahkan lada hitam. Masak lagi sebentar, cicipi, koreksi rasanya.
 
Rebus air hingga mendidih, maskan mie, garam dan minyak, masak hingga mie matang, angkat, tiriskan. Biakan dulu hingga dingin dan mie agak lengket, supaya mudah digulung. Siapkan sosis, ambil satu buah, kemudian lilitkan. Lakukan sampai habis. Supaya tidak lepas mienya, simpan dulu di dalam lemari es sebelum digoreng.  Panaskan minyak, goreng mie gulung sosis hingga matang, kering kecoklatan, angkat, sisihkan. Sajikan dengan sausnya.



-----------------------------



Selamat mencoba, semoga bermanfaaat...

Salam,



12 comments :

  1. Belum pernah buat mie gulung sosis..
    Enak juga kayaknya kalo dikucurin saos lada hitam gitu ya teh...

    BalasHapus
  2. Dulu bangeet pernah mbikin tapi ga bisa rapi gulung mie nya :D
    Btw sosisnya ini pakai merk apa Mbak? Penasaran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe sama ini jg mburadul. Waduh lupa merknya kl yg ini tp klo mau nyoba merk fiesta jg enak um :)

      Hapus
  3. mun kadieu ngan nyeri hate hungkul ah
    hayang atuh ceu
    delivery nya..
    tapi gratis...

    BalasHapus
  4. Mie gulung sosis, biasanya aku beli di ambasador

    BalasHapus
  5. Kapok sy mah ceu....
    Bete ngegulung emi nyah... copot2an mulu kaya giginya nek ijah...

    (Eh copot eh copot copot.....)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn langsung digulung ceu hrs didiemin dl biar lengket :D

      Hapus
  6. aku mah gagal wae kalau bikin saus lada hitam :(, harus gimana yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyakin jam terbng sering sering latihan heheh kalo gagal sekali uji coba lagi... :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^