Risol Kampung Isi Sayuran

Risol Kampung Isi Sayuran



Assalamua'laikum...wr..wb...
Wilujeng siang...


Biasanya risol kampung itu isinya bihun, soun, atau sejenis mie kayak gitulah... nah kalo ini isiannya sayuran. Pake daging sih dikit, daging ayam suwir sisa hehe... soalnya kalo makan gorengan kayak gini saya suka sembelit, jadi porsi sayurnya dibanyakin dan mie bihun/ soun nya sama sekali gak pake. Sayurannya kadang cuma tumis tauge aja pake daun bawang yang banyak, atau kayak yang ini macem-macem, ada buncis, wortel, kol, daun bawang seledri ayam dan jamur, masuk semua pokoknya.



Risol Kampung Isi Sayuran


Kulitnya seperti biasa beli yang udah jadi aja, rempong lah kalo bikin sendiri.. hihi... cara numis buat isiannya itu mah sama aja kayak tumisan yang biasa kita bikin. Bedanya yang ini saya bikin lebih pedas... cabenya banyak, sama daun bawangnya juga banyak, dan tumisannya kering, artinya boleh pake air pada saat proses penumisan, tapi dimasak sampe airnya menyusut, jadi tambahkan air secukupnya saja, jangan banyak banyak, karena numisnya juga sebentar aja, setengah mateng soalnya kan nanti digoreng lagi.  Dan jangan lupa itu cabenya biar pedesnya ekstra... luar dalem.. heheh.  Gampang lha ya pastinya....:)



 -------------------------


RISOL KAMPUNG ISI SAYURAN




16 Lembar kulit lumpia
1 buah wortel, serut kasar
4 lmbar kol, iris tipis
100 gr buncis, iris halus
2 ptng paha atas, yang sudah digoreng, suwir
7 buah jamur tiram suwir
4 tangkai daun bawnag, iris halus
 1 tangkai seledri, iris halus [optional]
1/2 sdt merica
1/3 sdt garam
1 sdt gula pasir
Sedikit air untuk menumis
3 sdm minyak menumis
250 ml minyak untuk menggoreng
1/2 sdm terigu encerkan dengan sedikit air untuk perekat



Bumbu yang diiris
5 btr bawang merah
3 siung bawang putih
5-7 buah cabe rawit merah [atau sesuaikan dengan selera masing masing]





Panaskan minyak, tumis bawang sampai harum, masukan cabe aduk. Masukan wortel, masak hingga layu, tambahkan sedikit air, aduk, masukan ayam dan sisa sayuran yang lain. Masak hingga layu. Masukan gula-garam dan merica, cicipi. Koreksi rasanya, masak sebentar sambil diaduk-aduk, matikan api, sisihkan, dinginkan.


Ambil 1 lembar kulit lumpia, beri 1 sdm isian, lipat dan gulung, rekatkan dengan terigu. Lakukan sampai habis. Panaskan minyak, goreng hingga kecoklatan. Sajikan dengan rawit ijo.



 -------------------------


Selamat mencoba, semoga bermanfaaat...

Salam,



10 comments :

  1. risol kampung isi sayuran mama aku suka bikin hehehe juga makanan kesukaan aku mantaaaap banget hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe sama donk kita kak... :D
      Makasih ya udah mampir :)

      Hapus
  2. Suka Photonya moodnya dapet banget :D

    BalasHapus
  3. Cieeeehhh ...
    Mangkuk kayunya baru ya kaaakk....?
    Pinjem dong ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lama siyy cuma baru liat aja keleuss kak... Hehehe

      Hapus
  4. Kulit risolnya keliatan garing banget Mbak, en sukses bikin aku lafar.. :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha betul mbak beby.. Harus kuat iman :D

      Hapus
  5. Cabe nya banyak mah aku demen tapi lebih bahagia lagi kalo ada saos kacang nya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iih sebenernya ada itu bank.. Cuma gak disimpen disitu.. Eike gak py properti yg nyambung hihihi

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^