Mini Berry Galette [wanna be]

Mini Berry Galette

Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing...


Alhamdulillah weekend lagi ya mak... Jam segini Bandung masih aduhai dinginnya... Gimana di tempat mamak mamak sekalian? mana hujan pulak semalem... cuaca kayak gini rentan banget terkena flu dan batuk, jaga selalu kesehatan ya mak... ini bocah bocah juga pada anget badannya.. Mudah mudahan gak keterusan deh...



Berries


Beberapa waktu lalu, emh minggu kemaren deh kalo gak salah... jalan ke Lembang, iseng aja pengen wiskul, tapi bukan ke cafe, lebih ke street foodnya. Nah di jalan banyak tuh yang jual berry berry-an, ngeborong deh hihihi, sebagian saya bikin smoothies, sebagian lagi saya bikin galette ini.Widiw sedap juga ya ternyata... ketimbang pie, kayaknya saya lebih suka galette deh... Meski bahan pembuat kulitnya saya pakai resep pie juga hihi... bedanya pie sama galette? saya kurang tau persis juga sih, tapi kemungkinan makanan dari prancis ini yang ngebedain lebih ke bentuk dan komposisi butternya barangkali. Kalo pie kan cenderung lebih tebal, dengan adonan lebih lembek dan cara membuatnya dicetakdi loyang. Nah kalo galette ini lebih tipis melebar dengan bentuk yang gak karuan hehe karena galette kan asal aja ngelipetnya. Tapi justru karena ngasalnya itu kita bisa bikin kulinya jadi setipis mungkin, jadi ketika digigit, amboii renyahnyaaa.... Isiannya juga gak ribet, buahnya cukup dipotong-potong, tambahkan gula atau kayu manis bila suka, aduk langsung masukin. Simple deh...



Mini Berry Galette


Seperti yang saya tulis di atas, kulitnya saya pakai adonan pie aja, dan untuk memudahkan ketika dibentuk, adonanya disimpan dulu di dalam lemari es sampai agak mengeras, jadi ketika digilas lebih gampang. O yah, biar gak nempel-nempel, saya mengalasi adonan dengan plastik biar lebih gampang. Selain memakai kulit pie, temen-temen juga bisa pake kulit pastry siap pakai yang ada di spm, lebih mudah dan praktis.



Mini Berry Galette


Eh satu lagi, adonan di resep ini saya cuma menambahkan 1 sdm gula halus saja, dan itu rasanya tidak manis, kalo temen-temen lebih suka dengan kulit yang renyah dan manis, silahkan tambahkan 1-2 sdm lagi gulanya. Begitu pula dengan isiaanya.. sebenarnya raspberry dan blackberry udah manis, tapi strawberrynya asam, nah kalo mau isiannya terasa lebih manis bisa juga ditambahkan 1 sdm gula lagi. Oke segitu aja ya mak, selamat berlibur bersama keluarga... ^^



__________________________


MINI BERRY GALETTE


Mini Berry Galette





150 gr terigu
80 gr butter dngin, potong kecil-kecil
1 kuning telur
1 sdm gula halus
1 sdm air es
 1 btr telur utuh, kocok lepas untuk olesan


Isian :
1 1/2 cups mix berry [strawberry, raspberry, blackberry]
1sdm gula pasir





Isian: strawberry dipotong tipis, campur dengan buah lain dan gula, aduk rata, sisihkan.
Kulit: campurkan terigu dan butter, tekan-tekan dengan garpu, masukan kuning telur dan air es,  aduk memakai sendok kayu hingga berbutir. Jangan pake tangan ya, supaya gak bantet adonannya. Terus ditekan dengan sendok kayu hingga tercampur rata dan beremah. Setelah itu lapisi tangan dengan cling wrap, kemudian bulatkan adonan sambil ditekan supaya padat. Simpan dalam lemari es 20-30 menit. Keluarkan dari lemari es, ambil sedikit adonan, lalu tipiskan, simpan isian di atasnya, lalu lipat pinggirannya. Tata di atas loyang yang sudah dioles margarin.  Lakukan sampai habis. Oles permukaannya dengan telur. Panggang di suhu 180'C selama 20-25 menit atau hingga matang. 


__________________________


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. sepertinya enak betul. boleh mencicipi

    BalasHapus
  2. Hehe di blog nya mba endang jtt juga pernah ngepost resep kaya gini Teh... Tapi nyebutnya Rustic pie. Kalo ke di perancis nyebutnya gallete mereun yah...di bawa ke amrik jd rustic pie... Hehehe.

    Salam kenal Teteh... (Ridha)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai teh Ridha salam kenal juga... Iya ya barangkali begitu hihihi...

      Hapus
  3. Salam kenal Momy. The food looks delicious. Making my stomach cries.
    Utk bahan dasar kalau gak pakai pie gak apakah?
    Febriyanlukito.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mas riyan... Ketemu lagi disine hehe... Kalo gak pake pie buah doank donk hehehe... Kulitnya ganti aja pake pastry siap pakai :)

      Hapus
  4. Apaan c ini maak..?
    Isinya berry2an yah...? Kirain berry beneran...!!

    *tampol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo buat bu gulu mah tak pake hape blekberi deh isiannya..
      :D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^