Ayam Bumbu Kuning

Ayam Bumbu Kuning

Assalamua'laikum..wr..wb...
Wilujeng enjing...


Gaya yah, sekarang jadi sering ngeblognya heheh... Iya emang, semangat lagi on lagi buat ngeblog setelah dua bulan terakhir horeamnya minta ampun mak... Meskipun resep yang diposting simple dan standar banget yah hehehe... Da apa atuh saya mah... gak bisa baking atau masak yang ribet-ribet... Masih syukur ada yang ngintip dan komen di blognya juga... hehe... E tapi sekarang gak bisa ngalor ngidul nih, bocah dua-duanya lagi sakit jadi gak bisa ditinggal lama-lama... Lha ini aja ngetik ditemani bocah yang nemplok kayak Koala hihihi...




Ayam Bumbu Kuning


Resep kali ini adalah menu sejuta umat, ayam ungkep boo... Tapi ini ayamnya gak usah digoreng lagi. Langsung siap makan. Enak gitu? enak lha... secara pake santan juga dan bumbunya lumayan lengkep... Kayak opor kuning gitu tapi kuahnya dikeringin, jadi meresap banget ke bumbu... Tapi kalo misalkeun mau maksa pengen digoreng atau dibakar lagi juga boleeeh.. malah lebih endeus kayaknya... Tapi kalo saya sih langsung dimakan aja, masaknya juga kilat karena harus nungguin anak-anak heheh... Yang mau nyoba... yuksss intip resepnya...


-------------------------------

AYAM BUMBU KUNING 





500 gr ayam, potong-potong
2 lembar daun salam
1 ruas jari lengkuas, geprek
1 batang sereh, geprek
2 lembar daun jeruk, sobek sobek
60 ml santan kental+200 ml air
Minyak untuk menumis
Garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula
1 biji asam
1/2 sdt Kaldu bubuk, bila suka



Bumbu yang dihaluskan:
5 buah bawang merah
3 siung bawang putih
3 btr kemiri
1/4 sdt ketumbar
2 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe



Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum, masukan daun salam, sereh, lengkuas dan daun jeruk. Masukan ayam, masak hingga berubah warna, masukan santan yang sudah diencerkan, kecilkan api, tutup. Masak terus sampai santan mengental dan agak berminyak sambil diduk-aduk. Masukan  asam, gula, garam, merica, serta kaldu bubuk bila suka. Cicipi, koreksi rasanya. Sajikan dengan nasi hangat.


------------------------------- 



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



2 comments :

  1. Aku mau nya ayam opor aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh bang... Tambah apa
      ? Sambel? Kerupuk. Cari dibwarteg yee... :v

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^