Bandeng Presto dan Sambel Terasi Wijen

Bandeng Presto Lunpia Delish dan Sambel Terasi WIjen

Assalamua'laikum..wr..wb...
Wilujeng wengi....

Duileeee postingan kemaleman lagi.... Abisnya kalo sore saya nya riweuh... Ngrjain kerjaan domestik? owh.. tentu tidak... saya kalo sore heboh nonton Naruto hihihi...*emak emak lupa usia...:D. Jam segini tuh emang paling enak ngeblog ria, karena semua kerjaan udah kelaaaar. Pengennya sih tiap hari ngeblog, tapi apa daya ya... kalo emak-emak, kebanyakan acara ya sesempetnya aja deh... Jadi hari ini seperti biasa saya posting produk dari sponsor setia, lunpia delish hihihi... belom kapok ternyata nih ownernya Alhamdulillah masih dipercaya buat motret produk terbarunya yaituuuu.... tadaaa... Bandeng Presto kakaaak!


Bandeng Presto Lunpia Delish dan Sambel Terasi Wijen


Sebelumnya tentu saja saya harus jujur kalo saya sebenarnya nggak doyan ikan, jadi tentunya saya nggak makan ini presto. Nah lho terus gimana mau ngiklan kalo nyobain aja nggak? ya gampang lah kakaak, orang rumah selain saya, pada doyan ikan semua, si akang, Kirei chan, Aiko chan... pada doyan kok, jadi santai... dan gak usah nanya juga sebenernya cukup liatin aja piring bekas makannya abis apa nggak, dan ternyata... tandas semua sodara-sodara... ! Konon menurut si akang, bandengnya ini gurih, terus yang paling penting empuk banget durinya, nggak kerasa menusuk, atau kalo basa Sunda nya henteu ruseb, alias enak aja gitu... Terus saya juga dikasih tips dari ownernya Lunpia delish, biar hasil gorengannya lebih gurih dan warnanya cantik, telur yang dipake buat lapisan pencelupnya lebih baik memakai telur ayam kampung atau telur Arab.  Apakah itu telor Arab? saya juga kurang tau, tapi katanya telor Arab itu suka ada di supermarket yang ada cap tulisan Arabnya. Bingung? sama..! heheheh... Ya pokoknya itu lah... eh tapi kalo saya ini pakenya telor kampung aja... teuteup cakeup kan? *haish pede jaya....:D

Gimana gimana? dari penampakannya cukup menjanjikan kan? Apalagi itu penyajiannya ditambah sambel terasi dan fete bakar sodara sodara... ini yang doyan banget ama bandeng dan fete pasti lagi elap-elap iler... hihihi... Nah makanya kalo pengen Bandeng yang praktis dan siap goreng, silahkan langsung pesan ke lunpia delish ya kakaaakk... eh ini asli Bandeng Semarang lhooo...


Bandeng Presto Lunpia Delish dan Sambel Terasi Wijen


Ngomong-ngomong soal sambel terasi, nah sekarang ngebahas resep sambelnya aja ya kakak, kalo bandengnya biar gak ribet beli aja lah. Ini tuh beda dari resep sambel terasi sebelumnya karena pake tambahan biji wijen sangrai. Dulu mbak Eliza setiawan yang pernah bikin sambel terasi kayak gini dan konon katanya uweenaaak... jadi saya pun mau coba-coba pake wijen, tapi resepnya ngeraba-raba sendiri aja pake resep sambel terasi yang biasa saya pakai. Hasilnya ternyata mamang lebih gurih pemirsa.... Jadi buat temen-temen yang nyari sensai baru dari sambel terasi, boleh dicoba yaaa... ^^


SAMBAL TERASI WIJEN



6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah cabe merah bessar
10 buah cabe keriting
2 buah tomat ukuran kecil
100 ml minyak goreng
1 sdm wijen yang sudah disangrai
1 sdt terasi, goreng sebentar
1 sdm  gula merah
Garam
gula pasir sesuai selera bila kurang manis [optional]






Panaskan minyak, goreng bawang, cabai dan tomat dengan api kecil hingga matang, angkat, tiriskan. Siapkan ulekan, masukan setengah sendok makan wijen, ulek sampai halus, masukan cabai, bawang,  tomat yang sudah digoreng, terasi, gula dan garam. Ulek hingga halus. Cicipi, panaskan minyak sisa penggorengan tadi, masukan ke dalam sambel yang sudah diulek, atau jika hendak disimpan lama, goreng kembali sambal yang sudah diulek hingga mengental. Angkat, dinginkan, taburi dengan sisa wijen, simpan di dalam toples.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...


_____________________________

Lunpia Delish
Instagram ID: lunpia.delish
Delivery: JNE YES
BB : 7D4D31E2 | 537AD24
WA: 081325866406
Line: Lunpia.delish


______________________________





Salam,



16 comments :

  1. Dalam otak gw yaaaaa, dimana ada bandeng maka di situ sambel nya harus dari petis yg item itu. Maklum di gresik identik dengan begitu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang... maklum org sunda masih agak gimana gt ama petis hehe

      Hapus
    2. lebih merangsang pete sama sambelnya da...

      Hapus
  2. Cieeee... jd ceritanya ini si mamih teh ada kerja sampingan yah...?
    (Baru ngeh....)

    Lain kali kerja motret sayah ya mam...
    Honornya mayan laaah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleeeh aku kasih diskon yg banyak deh bwt bumil hehehe

      Hapus
    2. Ow ow ow... baydeweeyy...
      Itu ikan dilapisinya pk telor ayam kampung kitu..?
      Bolehlah dicoba...

      Tapiii... kira2 kampung mana yah...?

      *dicolok rawit

      Hapus
    3. dari gedebage ke utara dikit... :D

      Hapus
    4. kampung mana aja boleh kak :P :P

      Hapus
  3. ngileeer.. jd kangen bandeng presto
    doyan pake bangeet

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentar lagi mah.. kan udah mau mudik ya?:D

      Hapus
  4. kemarin bikin juga bandeng presto buat anak-anak. emaknya makan kalau ada sisa aja soalnya kalau tanpa sambal rasanya ga nendang nih makan bandeng presto dan karena di rumah cuma sendirian yang makan sambel jadinya males bikinnya hehehe

    bandeng prestonya tulangnya lunak ga teh? saya bikin ga pernah sampe selunak yang dijaul versi frozen itu teh salah di prestonya apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kata si akang ini yang tulang lunak... heheh saya belum pernah bikin teh, tapi kayaknya memprestonya kurang lama kalo belum lunak teh heheh...:)

      Hapus
  5. eh ya ampun ada pete. hehehe
    sambel wijen nya boleh banget dicoba itu ya mbak. saya penggemar sambel. Dan kalo presto, memang empuk sampai ke tulang tulang. kalau di banten sini selain bandeng, ada juga ayam tulang lunak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem... kalo gak salah di banten ada juga sate bandeng gt ya mbak lia?:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^