Pisang Caramel [Pisang Aroma]

Pisang Caramel [Pisang Aroma]


Assalamua'laikum...wr wb...
Wiujeng wengi....

Ngapdet kemaleman kayak biyasaa... karena koneksi yang super lemodh dan tetiba kudu ngosrek dulu kamar mandi... adew sodara-sodara ini udah jam berapa dan saya masih harus kukururudkan di kamar mandi... bener-bener istri idaman inih.. hehehe...  Tapi ya sudahlah enggak penting juga dibahas ya xixixi..

Okeh, jadi ini apa? 
Sebenarnya ini pisang goreng, tapi dalam versi yang lebih simple, lebih langsing dan lebih kriuk dari pisang goreng biasa... kalo temen-temen orang Bandung atau sering main ke Bandung pasti tau banget jajanan ini. Soalnya di si mamang gorengan kaki lima banyak yang jual. 



Pisang Caramel [Pisang Aroma]


Di Bandung pisang ini lebih dikenal dengan nama pisang aroma atau kadang juga disebut pisang caramel. Penampakannya memang rada buthek, gosong-gosong seksoy.. akibat dari gula karamelnya. Pisang aroma ini terbuat dari lembaran kulit lumpia [biasanya yang siap pakai] kemudian diselipkan potongan pisang yang diiris memanjang kecil, ditaburi gula, lalu di gulung dan direkatkan dengan tepung terigu yang dibasahi air. Tapi itu cuma bagian pinggirnya.. sedangkan bagian atas bawahnya dibiarkan bolong alias terbuka. Nanti pada saat digoreng, ada sebagian gulanya yang lumer dan keluar kemudian menempel dibagian kulit luar pisang sehingga membuat warna permukannya menjadi kecoklatan, dan beraroma karamel. Jangan tunggu lama-lama segera angkat, lalu tempetkan dalam posisi berdiri di atas saringan supaya minyaknya menetes keluar. Lama kelamaan terkstur luar pisang akan semakin menjadi lebih garing dan krunchy saat digigit. 

Pisang yang digunakan Biasanya pisang nangka, atau pisang tanduk juga boleh... tapi kali ini saya nyoba pake pisang kepok, dan hasilnya tidak mengecawakan, teuteup sedap pemirsa... ! Silahkan dicoba bagi yang minat, ini serius, simple banget... dan enak pastinya^^


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



14 comments :

  1. Pisang aroma, selalu dibeli kalo ke tukang gorengan, sama nanas goreng jadi favorit...
    endess deh ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya bener nanas goreng jg tuh endeusss ya teh.... :)

      Hapus
  2. Aku ngak suka caramel coz menurut gw rada pahit rasa nya. Apalagi pudding caramel itu rasa nya kayak masak air keangusan gosong hahaha

    BalasHapus
  3. Aaahh sayang2 minyaknya jd kotor jeung....

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak deh, kan karamelnya nempel di kulit lumpianya...:P

      Hapus
  4. Belum pernah mbikin... Kadang kuatir minyaknya berlebih dibagian dalamnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak juga um... kan nanti dibediriin, jadi minyaknya turun... justru lebih banyak minyak yang di dalam lumpia atau risoles karena tertutup jadi minyaknya tertahan di dalem..:)

      Hapus
  5. Aahhh...pngen bikin, msh ada pisang candi/tanduk kmrn....makasih kakakk :* n as always fotonyaa kece ^.^

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak Ikaaa.... luph youuu... macama, makasih udah mampir di mari yaaa.....:)

      Hapus
  6. Ohh nama lainnya pisang caramel yah, kalau di tempat saya ini namanya piscok mba, alias pisang cokelat. Bentuknya persis cuma ditambahkan cokelat/meises. Saya baru tau kalau bikinnya gampang banget, akhirnya pas weekend kemaren saya coba bikin,versi ditambahkan meises. Hasilnya enak.. makaish resepnya mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak kalo diganti cokelat namanya emang ganti jd piscok hehe... sama sama... :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^