Sumpia Abon

Sumpia Abon


Assalamua'laikum..wr..wb...
Wilujeng siang...

Mumpung lagi luang nih waktunya, ngapdet dulu blog. Padahal ini udah agak lama juga dijepretnya.. tapi ketumpuk-tumpuk sama foto-foto yang lain di hardisk jadi kelupaan. Mungkin resepnya kurang menjanjikan, karena sumpia ini biasanya banyak di jual di supermarket... atau dipasar tradisional, maupun di warung-warung... Tapi saya pikir, emak-emak yang doyan banget sama sumpia, harus banget nyoba bikin sediri camilan garing nan gurih ini. Kenapa? selain karena mudah juga murah kalo bikin sendiri dan pastinya lebih enak...

 

Sumpia Abon


Tidak ada tingkat kesulitan tertentu saat membuatnya, kecuali pas bagian ngegulungnya, harus agak telaten ya hihi.. tapi ini kan cuma ngegulung biasa, tak perlu skill kheuseus, asal ada sedikit waktu luang pasti bisa. Resep ini terinspirasi dari postingannya teh Monic disini beberapa waktu lalu [nuhuuun ya teh heheh...]. Bahan yang kita perlukan pun sebenarnya tak perlu membuat sendiri tapi memakai yang sudah jadi, kecuali memang kalo pengen lebih maksimal ya silahkeeeun.. tapi kalo saya sih gak dibikin ribet, hidup udah susah udahlah kita gampangin aja hihi... beli kulit lumpia atau kulit pangsit siap pakai plus abon sapi, ayam,  atau ikan.. selebihnya tinggal dipotong-potong kulitnya, kasih isian abon itu tadi,  terus digulung cantik,  rekatkan dengan terigu...  biar gak ambrol..  abis itu goreng deh.. bereees!

Pertanyaannya mungkin, berapa panjang kali lebar potongan kulit lumpianya biar pas mirip ama yang dijual-jual? kalo saya sih gini, saya tidak menghitung berapa senti tepatnya...  tapi pokoknya saya pakai  kulit lumpia putih yang dijual di pasar-pasar itu lho... kalo teh monic pake kulit springroll, tapi yang ukurannya agak besar kemudian dipotong 4 nah kalo saya, dengan kulit lumpia siap pakai itu pertama dipotong jadi 2 bagian, kan itu bentuknya bulat jadi pas dipotong, hasilnya jadi setengah lingkaran. Masing-masing dari setengan lingkarang itu dipotong lagi jadi 3 potong, jadi jumlahnya perlembar itu jadi 6 potong. Hasil postongannya jadi berbentuk segi tiga, dengan bagian atas melengkung.. kebayang gak sih? pusing ya?  hihi begitu pokoknya, kecil emang, tapi serius masih bisa dilipat kok, dan hasilnya nggak kekecilan atau kebesaran. Sedang-sedang saja...  dan setelah digoreng wussss aja gitu langsung abis hihi... padahal kalo beli biasanya anak-anak nggak begitu doyan. Mungkin ini karena isiannya pake abon beneran bukan rebon kayak yang dijual itu...  naaah kan... gimana-gimana... tertarik buat mencobanya? selamat gulung menggulung ya...!


Sumpia Abon



Selamat  mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



20 comments :

  1. liat yang beginian jadi pengen buat lagi..he he he.. kriuk-kriuk banget
    buatnya lumayan pegel....eh ngabisinnya itu yang cepet banget yak...
    eh teh..boleh juga nih kapan-kapan buat pake kulit lumpia...
    seperti biasa fotonya cakep...suka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Higi iya teh lumayan komo bari nagog ngadamelna... Pegel hihihi
      Nuhun ya teh

      Hapus
  2. ampuuuuun teh ampuuuun, biar kata pake kulit yg udah jadi, aku mah pilih yg tinggal mangap aja ah,hahahahahhaha. Capeeek euy kalo ngelinting satu2 pinggangnya gak nahan! hahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ember yaa apalagi kalo punya wkt luangnya sedikit haduhhh kacooow :v

      Hapus
  3. Makanan jadul ini bs mengakibatkan tangan gatal2 lho ceu....

    Ga prcaya? Coba ajah tanya tanganmu sndiri, gatel kan, pgn nyomot terus....?

    Lagi2 godaan yg hra disabari....

    *ngelus dada jupe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jupe? Jupe yg mane mpok? Ampun deh bumil suka aneh2 aje hihi

      Hapus
  4. Gampang kayanya ya..tapi musti telateen.. >.<

    BalasHapus
  5. praktis dan enaaaaakkkkk......mau coba aahh !

    BalasHapus
  6. Aaiih... Rajinnya Mbaak....*comot sekaleng :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuuh kl sekaleng gak kbgian sink kite um hihi

      Hapus
  7. Kalo makan ini ngak bisa berhenti, mau nya yg abon nya pedes

    BalasHapus
  8. hihihi... bisa dicoba nih.. walo aku ga yakin apa bakal cukup telaten ngegulung kulitnya mba :D.

    BalasHapus
  9. Wah rajin banged...mesti telaten ya

    BalasHapus
  10. Kalau ke mall pasti beli snack ini.. ternyata pake kulit lumpia toh.. ok masuk daftar buat d coba.. thx mbak.. tp cara gulungnya sama spt buat kue dadar yah.. biar isinya tdk keluar pas d goreng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak... Ngegulungnya kayak gt tapi lbh dipadetin biar rapet :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^