Seblak Sayuran

Seblak Sayur

Assaalamua'laikum..wr...wb...
Wilujeng wengi...


Dinten rebo, #rebo nyunda.. dinten ieu nyobian ngadamel seblak nu bahan-bahanna nganggo sayuran. Raos pisan geuning katambih langkung aya gizian... atawa minimal aya kandungan serat-an lah dibanding upami seblak anu bahan na teh tina kurupuk aci wungkul. Tangtosna tos pada uninga kan seblak teh naon. Da atuh nya ieu tuangeun teh tos kakoncara sanes di Bandung wungkul di daerah-daerah nu sanes ge tos seueur nu icalan.. di lembur abdi ge di Sukabumi, tiap tempat aya nu icalan komo di sakola-sakola mah...  Pokona resep ngadamel seblak mah teu jauh ti cabe, bawang sareng cikur, sareng nu penting mah laadaaa... matak seuhah..^^

_______________________________



Seblak Sayur


Sore tadi, pas lagi ngedit gambar seblak ini, tiba-tiba pintu diketuk.. saya suka panik kalo ada yang ngetuk pintu, langsung clingukan nyari kerudung, pas pintu dibuka.. nah lho kok gak ada siapa-siapa...?*udah dag dig dug widih jangan2 tuyul pala kotak nih yang ngetuk...  taunya sudut pandang saya yang ketinggian, eh ternyata yang ngetok pintu anak kecil, Neng Filisha anak tetangga...

"ada apa sayang?"
"anu... mamah Kirei  kata bunda kalo bikin seblak teh bahannya apa aja?"
saya langsung bingung donk, tau dari mana ni anak kalo hari ini saya Nyeblak? tapi tetep di jawab dengan wajah manis, meski hati bingung...
" oo seblak? itu cabe, bawang ama kencur aja neng, pake gula ama garem udah gitu aja..."
"iya, makasih...." Terus pamitan sambil lari ngibrit ke emaknya...
Saya tutup pintu lagi dan ngelanjutin ngedit.. eh di luar kedengaran lagi ngetok-ngetok pintu...
"iya?" tanya saya...
"pake bawang kan ya?"
"iya neng pake bawang"
 Terus itu anak ngibrit lagi....

Pas mau balik lagi ngedit, saya baru keingetan tadi pas lagi motret seblak ini, si eneng itu sama adiknya lagi main ke rumah. Kebetulan itu seblak baru aja selesai di poto dan langsung dong dicemilin Kirei.. si eneng ini sama adiknya itu icip juga... tadi saya suruh makan banyak, tapi dianya malah pergi sambil geleng-geleng kepala, entah kepedesan atau...  gak enak kali... pikir saya, eh tapi kalo gak enak, kenapa dia nanya-nanya resep yah? hihi... 



Seblak Sayur


Seblak kerupuk aci doang atau dicampur bakso sosis mah dah biasa yah.. Kali ini saya coba nyeblak pake sayuran... ada brokoli, wortel, kapri, atau kalo punya kembang kol dan jagung kecil juga boleh ditambahin... mirip-mirip kayak capcay gitu sayurannya... cuma bumbunya pake bumbu seblak dan pake tambahan kerupuk aci atau makaroni juga boleh.. saya sebenarnya udah berabad-abad gak makan kerupuk aci..*kacidaaa...  rada ngeri gitu takut ada boraks atau pewarnanya pake rhodamin, atau aapaa gitu ya biasalah parno... tapi gak tau kenapa lagi pas kemarin ke warung ada krupuk aci nangkring dengan seksi nya langsung ngaruy, kepikiran pengen seblak da atuh itu mah ya  wuss aja ngilang semua keparnoan karena tenggelam dalam seuhah-nya seblak ini..*ini kalo bukan orang Sunda pasti bakalan banyak roaming ya pemirsa hihi...




Resep Seblak Sayur



Sebenanrnya pengen cerita panjang lebar tapi aduh gak tahan mak, ini mata sepet banget ya... bobo aja lah besok-besok lanjut lagi ngacacang nya qeqeqe...



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



16 comments :

  1. neng Filisha: mamah kirey, kata bunda bikinin aja deh seblaknyah, bundanya gak punya bawang,cabe jeung kencurna... Cuma aya garem gula ajah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha alamat jualan seblak nih depan kmpleks hehehe

      Hapus
  2. Aduh Mbak. plis Mbak. saya gak bisa bacanya kalau Bahasa Daerah. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa penerjemah gak ngerti sih bang hihihi

      Hapus
  3. wah,baru tahu ada seblak sayuran hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ngarang2 ini mbak... biar banyak seratnya:D

      Hapus
  4. brokolinya seger banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem, sayurannya masih pada crunchy pas digigit..seru...

      Hapus
  5. seblak makanan kesukaan saya mbak , , jadi ngiller nihhh hehe

    BalasHapus
  6. wuih tuh seblak sayurannya enak banget kayaknya..
    emang seblak itu banyak modifnya ya teh...
    aku aja buat pasta pake bumbu seblak he he he..mantep...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem saya juga suka bikin dari makaroni, apa aja enak diseblakin heheh

      Hapus
  7. Duh, ketularan neng Filisha nih..beneran ngiler euy..
    kencur wajib ya? Susah nemu disini >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... kalo gak ada mah gak usah aja mah, yah daripada kudu ngimpor dulu kan repottt:D

      Hapus
  8. aduh seblak sayur
    .bangu nikmat eta paporit pisan by mh kna seblak th......

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^