Roti Unyil

Roti Unyil

Assalamua'laikum..wr..wb...
Wilujeng wengi...


Duh roti lagi-roti lagi, pemirsa bosen kali ya hihi... Ini poto stock lama kok cuma baru ke posting sekarang aja, ngantri lah biasa... soalnya ngeblog juga kadang ada moodnya ya.. kalo udah kecapean dengan kerjaan domestik kadang minat buat ngeblog langsung luntur padahal poto dan resepsudah siap edar tapi kalo selimut udah manggil-manggil ya nyerah besok aja lah.. ntar besoknya lupa lagi.. gitu terus... Setelah kira-kira dua mingguan baru deh ada mood buat posting resep ini. Tapi saya juga gak sering-sering amat sih bikin roti, paling dua minggu sekali juga udah maksimal.... ntar pleeeng ada 2 atau tiga bulan gitu gak bikin... kadang berturut-turut tiap minggu... pernah...  ya pokoknya di puter-puter aja lah camilannya biar anak-anak gak bosen...^^



Roti Unyil


 
Eh pemirsa, sejenak mari kita ngebahas pemotretan roti nya dulu ya... Kalo foodblogger pasti tau lha ya, kadang kalo motret biar bagian belakang yang acak adut gak keliatan pemirsa di rumah, jadi itu tuh tricknya  suka ditutupin pake papan, kayak poto di atas ntuhh... Nah itu tau gak sih,  kalo sebenernya bekground papan belakang suka nyungsep ke makanan? haha itu tuh saya sering banget.. mending kalo misalkan penunjang objeknya gak pake vas bunga  atau minuman jadi relatif lebih aman lah, tapi kalo kejadiannya ada vas bunga atau air gitu, terus tiba-tiba papan belakangnya ambruk ke depan, basaaah semua dahh... hahah.. Kayak pemotretan roti ini, udah ganti formasi berapa balik tuh, belom lagi pake selingan ngepel-ngepel dulu...  ah dikira gampang apa enjepret-jepret makanan... kadang butuh perjuangan banget, apalagi pas gak ada ide, atau cahayanya remang-remang  rabun ayam, itu bingung banget mentok mau di apa-apain juga susah dapet gambar yang kinclong belom lagi kalo stylingnya gak dapet mode cetaaar... hah...! Tapi ini mungkin khusus buat yang amatiran, bagi mereka-mereka yang udah pro dan matanya luar biasa jeli nangkep cahaya, mungkin masalah kayak gini dah gak ada lagi hihihi...

O iya satu lagi, itu di poto yang megangin piring yang jadi modelnya si akang*beneran gak ada yang nanya hahha... Ya sebenarnya punya pasangan yang perutnya gak buncit itu ada keuntungan tersendiri bagi foodblogger, soalnya bisa dijadiin  model dadakan kayak gini. Emang ngaruh ya kalo buncit? emh, nggak juga sih, cuma mungkin pas pose kayak gitu rada maju objeknya kedorong perut hihi..*dipentung...



Poto iseng, bunganya udah bulukan, udah lama gitu... biar gak terlalu 'sepi' aja gambarnya jadi bunga yang dah pada layu ini  ikut dipajang hihi...


Itu tadi sekilas info soal pemotretan sekarang kita ngebahas rotinya. Roti unyil tau kan pemirsa? itu lho oleh-oleh yang terkenal banget dari bogor. Roti unyil sebenarnya sama aja kayak roti manis biasa, cuma bentuknya mini-mini.... Ini sebenarnya saya juga mau bikin roti unyil, udah kecil kecil-kecil padahal ukurannya tapi entah kenapa pas udah didiemin sebelum dipanggang itu, kok jadi bengkak gitu yah, gede jadinya... Entah ini masih sah disebut roti unyil apa nggak tapi yang jelas niatnya sih bikin roti unyil*maksaaa.... Isiannya juga macem-mecem sayang gak bisa tayang semua, yang bisa tayang cuma yang isian sosis soalnya yang isian yang lain bentuknya jadi mengerikan karena bengkak itu tadi, jadi pada kebuka gitu pas dioven, pada gak jelas deh bentuknya.. yang masih bisa ketolong dan masih keliatan 'good looking' cuma yang isi sosis ini hihi...
 
Untuk rotinya, seperti biasa saya pake roti kentang... Resepnya udah sering tayang... yang ngebedain cuma isiannya yah.. silahkeun isi sesuai selera masing-masing, bisa isi kelapa, keju, abon, cokelat, srikaya, meises, apa aja deh... begitu juga bentuknya, terserah yah pake gaya bebas aja mau dibikin bulet, panjang, penyok juga asal kece, boleeehh... mangga.. pokoknya yang penting  dibikin mini-mini, sekali dua kali gigit bisa langsung tandas...!




ROTI UNYIL KENTANG







200 gr kentang kukus lumat
100 gr tepung terigu protein sedang
250 gr tepung terigu protein tinggi
1/2 sdt garam
40 gr SKM
50 gr gula pasir
2 kuning telur
120 ml air [atau sesuai kebutuhan]
8 gr ragi instan
50 gr mentega





Campur semua bahan, kecuali garam dan mentega, aduk hingga rata, uleni sampai kalis, masukan garam dan mentega. Uleni sampai elastis. Fermentasikan hingga volumenya naik menjadi minimal dua kali lipat. Kempiskan adonan dengan cara ditinju, lalu bagi adonan menjadi beberapa bagian. Ambil sedikit  adonan bentuk sesuai selera, masukan isian, simpan di atas loyang, biarkan hingga permukaanya licin, oles dengan kuning telur atau susu cair, kemudian panggang di suhu 200'C di api atas bawah selama kurang lebih 13-15 menit. Keluarkan dari oven, oles permukaannya dengan butter, sajikan.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



16 comments :

  1. oooww...ternyata background nya si akang, pantesan jarinya kok ga menunjukkan emak emak sama sekali. wkkkkkk....keren tapi teh. ( bukan potonya tapi si akang nya, wkkkk..... )
    hehehe.... Sukses terus & tetep semangat ngeblog( emma - Semarang ).

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha iya mbak Emma, gede2 yah hahha...
      makasih mbak :D

      Hapus
  2. Wah, asiik..udah mule ngomongin behind the scene nih..semoga bersambung yah
    *gelar tiker, nyari chiki :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha kayak mau nonton layar tancep aja pake gelar2 tiker segala hihi..
      *minta cikinyaaa...

      Hapus
  3. Baca BTS nya bikin kangen pengen motret lagi...hehe...asli segala keriweuhan itu yang mengasyikkan dan ngangenin mbak yu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul betul mbak... riweuh tapi asyik ya haha

      Hapus
  4. Duch yg stok lama ngak usah dikeluarin deh, bikin puyeng aja #DilemparAdonan hahaha. Aku sering beli yg rasa jagung, keju ama sosis, beli nya cukup 10 biji dan niat nya buat di rumah tapi yg terjadi saat dimobil blm sampai rumah dah habis duluan :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah sayang donk bang udah jungkir balik moto nya masa gak jadi tayang hahha...
      weleh 10 biji mah sambil merem juga abis bang hahah

      Hapus
  5. Wah kreatif banget.. kirain roti kesukaan si unyil...

    BalasHapus
  6. yummy.......mejanya kece Ay :) fotonya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbakyu..
      sebenarnya itu cuma papan heheh...

      Hapus
  7. haha. baca bts nya. kayaknya senasiib yah kita. belum lagi kalo ditumpahin minumannya, belum lagi jepret sambil ngegendong, sambil nyuapin. bener2 emak multitasking.potonya makin keceeeh badaiii.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha iya mbak Ridha rueempeeng bener kalo emak2 nyambi:D
      Alhamdulillah, terima kasih mbak:)

      Hapus
  8. Zeeya from malaysia..very nice blog n pics yang cantik....bila masuk bloq ini seperti masuk bloq masam manis di punyai oleh azlita aziz dari malaysia..memang mirip...good job

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii kak Zeya walah saya belu. Bisa secantik blognya kak azlita... Masih junior hehe terima kasih kak :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^