Bitterballen

Bitterballen

Assalamua'laikum...wr..wb...
Wilujeng enjing....


Rebo nyunda... meni asa waraas tos bade gentos taun Masehi deui.. nah da atuh asa ciekneh nya pamirsa urang teh lebet ka taun 2014, ayeuna kalender tos kedah gentos deui... Mugi-mugi dina momen ayeuna tiasa janten waktos kanggo muhasabah diri, utamina ka diri abdi nyalira, kangge ngemutan, kinten-kinten tos cekap bekel kanggo kahirupan nu salajengna? da teu karaos geuning waktos nyelerek ti detik ka menit, ti menit ka poe, minggu, bulan jeung taun.. Hayu sami-sami ngemutan jeung nekadkeun kahayang supados janten jalmi nu langkung hade di taun taun salajengna..  Aaminn...

___________________________

Sebagai salah satu negri yang pernah terjajah oleh Belanda, maka kuliner kita pun  terpengaruh juga oleh negri penghasil keju tersebut, di antaranya ya bitterballen ini. Bitterballen adalah sejenis kudapan atau camilan yang berasal dari Belanda yang rasanya mirip sekali dengan kroket, hanya saja ukurannya agak kecil dan berbentuk bulan-bulat. Tapi kalo ada yang maksa bahwa bitterballen itu ya kroket-kroket juga... saya sih setuju-setuju ajah... karena tingkat kemiripannya baik dari tata cara pembuatan maupun bahan yang digunakan. Berikut, disebutkan di wikipedia, "seperti halnya kroket biasanya dibuat dari daging sapi, udang atau kadangkala daging kuda yang dicincang dan dibuat ragout. Lalu kemudian dibalut menggunakan tepung roti dan digoreng dalam minyak panas. Setelah itu disajikan menggunakan saus moster". Tapi jangan tanya ke saya, seperti apa itu rasanya daging kuda, atau apakeuh itu yang dimaksud dengan saus monster? hm... soal daging kuda, saya gak punya gambaran, tapi kalo saus monster, mungkin maksudnya adalah mustrad ya.... *gini nih kalo cuma ngutip doang xixixi...




Bitterballen


Bitterballen ini dibikinnya udah lamaa banget, malah saya juga gak inget lagi kapan.. pokoknya waktu itu Mama Aisyah posting bitterballen terus saya jadi pengen, bikin deh... Sayangnya setelah dijepret gak langsung posting, saya simpen aja di draft, ngantri maksudnya... Saya kira pas saya ngesave potonya, udah di save juga resepnya.. kan biasanya suka gitu, abis ngaplod poto terus ditulis resepnya... Nah ternyata yang ini kelupaan resepnya gak ditulis, jadilah bingung... Ini resepnya apaaa ya hahahha... Kalo bahannya sih inget apa aja yang dimasukin cuma takarannya itu yang membingungkan.. Jadilah draft postingan ini menemani hari-hari saya dengan penuh tanda tanya yang akhirnya jadi gak diposting-posting heheh...



Bitterballen


Jadi mudah-mudahan resep di bawah bener... kalo ada yang kurang-kurang mohon dimaafkeun ya pemirsa... hihi.. Selamat berlibur.. selamat menikmati kebersamaan bersama orang-orang tersayang dan jangan lupa menghidangkan yang syedap-syedap untuk mereka ya mak....^^


BITTERBALLEN


Bitterballen




300 ml susu cair
200 gr tepung terigu
50 gr keju parut
100 gr daging sapi cincang yang sudah ditumis dengan 1 buah wortel serut
1 tangkai daun bawang, iris halus
1/3 sdt merica bubuk
1/3 sdt pala bubuk
Sedikit gula
3 sdm margarin
1 buah bawang bombai, cincang halus


Celupan
2 btr telur, kocoklepas
Tepung roti [saya pakai yang kasar]



Panaskan margarin, tumis bawnag bombai hingga harum, masukan terigu, aduk cepat, tuang susu sedikit sedikit sambil terus diaduk hingga rata. Masukan tumisan daging dan wortel, keju, gula, garam, merica, daun bawangdan pala bubuk. Masak hingga mengental. Matikan api, dinginkan.

Ambil kira-kira 1 sdm adonan, bentuk bulat sambil dipadatkan, celup ke dalam kocokan telur kemudian gulingkan di atas tepung roti Lakukan sampai habis, goreng di dalam minyak hingga terendam sampai kecoklatan. Angkat, tiriskan, sajikan.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



2 comments :

  1. Wah kalau diisi daging kuda rasanya apa yah, belum pernah makan daging kuda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah daging kuda? Hehe gak tau bang sy jg gak pernah nyobain:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^