Ayam Goreng Kremes


Assalamua'laikum...wr..wb...
Wilujeng siang...

Dinten rebo, rebo nyunda... sapertos biasa... hm.... ibu-ibu jigana sami nya ngaraoskeun karungsing ku alatan pangaos cabe anu  dugika dinten kamari mah di pasar Cimahi pangaosna 120 rebu perkilona... Duka tah dinten ieu tos turun atanapi tambih naek. Kumargi kitu, tangtosna ieu teh pangaruh pisan kana menu nu sadidinten nu aya di dapur utamina sambel. Urang Sunda tea atuh sagala we disambel, aya itu eiu dijantenkeun sambel, janten pas pangaos cabe teu kira-kira naekna, tah si sambel teh janten tara aya unggal dinten. Diputer-puter lah menu na sareng nu sanes. Mangkaning kanggo nu tos "cacabeun" mah, nya anu sagala kedah dicabean maksadna, pasti ngahelas pisan heheh.... Teras kinten-kinten kumaha solusina? ah nya kedah melak weh... najan repot tapi jigana langkung efektif daripada ngeun ngutruk... da moal aya manfaatna pami ngeun saukur kukulutus tapi nya kitu teu ngalakukeun nanaon.. Jadi ayeunamah pami gaduh lahan atanapi pot, hayu urang pelakan cabe wae lah, meh pami harga cabe turun naek, teu ngaruh kana sambel urang hihi....
_____________________________





Apa yang salah dari foto ayam goreng kremes ini? komposisinya? ketajamannya? anglenya? ah bukan... bukan itu yang dimaksud... Salahnya cuma satu... Sambel..! Iya bok sambel mana sambel...? Padahal lalapannya udah bejejer tuh disamping, dibelakang, tapi sambelnya raib entah kemana... Apakeuh ini pengaruh harga cabe yang mencapai 120 rb perkilogram, untuk daerah Pasar Cimahi, Bandung Barat... dan sekitarnya? kayaknya sih gitu hihi...





Nah ini saya lagi terkena demam ayam kremes, gara-gara kemarin salah satu sahabat sesama eksodus multiply yang ada di Numberg, teh Dewi, ngaplod photo ayam kremes di facebooknya.. adoooh langsung nyantol deh, kebetulan juga kemarin beli dada ayam.. biarpun rada aneh ya dada mentok dibikin ayam kremes, tapi kalo udah pengen ya jadi ajah hihi... Emang di saya ayam itu yang laku cuma bagian dada aja, kalo paha sama sayap jarang dimakan, jadi saya pun seringnya masak ayam bagian dadanya, yang penuh daging itu atau ayam fillet aja sekalian heheh...

Resepnya? saya kira-kira aja sendiri... Tapi  yang saya tulis cuma resep kremesannya aja ya, ayam gorengnya silahkeun suka-suka aja pake resep andalan masing-masing.... Hasilnya? wihhh enak banget ! sampe2 hari ini bikin lagi hihi... Mangga barangkali ada yang mau nyoba juga...^^



KREMESAN AYAM

Ayam Goreng Kremes





300 ml air rebusan ayam [ungkep maksudnya]
100 gr tepung beras
25 gr tepung kanji
1/2 sdt kaldu bubuk
garam [saya tidak ditambahin lagi garam karena sudah asin dari air rebusan ayam]
1/4 sdt ketumbar bubuk
1 kuning telur





Aduk rata semua bahan, panaskan minyak, ambil sesendok-sesendok, goreng di atas minyak panas dan banyak hingga kuning kecoklatan. Angkat, sajikan dengan ayam dan nasi hangat serta lalapan plus sambelnya. 


Selamat mencoba, semoga bermanfaat....

Salam,



24 comments :

  1. si bungsu suka banget ayam goreng kremes, hampir setiap minggu wajib ibue bikin ayam goreng kremes ini, kalau ngga ada pasti ngamuk-ngamuk, dengan adanya ayam goreng kremes plus resepnya, maka dengan ini saya nyatakan untuk membuat ayam goreng kremes make resep dari sini ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh rajin donk si ambu bikinnya hihihi..padahal bikin kremesannya luamyan luamaa...:D

      Hapus
    2. Kalo ambu itu suka bikin ubi Kremes atuh hehe...

      Hapus
    3. hehe ambu tea atuh segala bisa...:D

      Hapus
  2. Sambelnya mana ??? trus aku makan ayam tanpa sambal gitu ????? OK BYE

    BalasHapus
    Balasan
    1. berhubung sambel ama remasok pedesnya mirip, aku sedia-in remason aja deh bang wkwkwk

      Hapus
    2. Kejam kejam tega tega sungguh teganya dirimu kasih aku remason, ngak sekalian aja ulekan balsem sama freshcare buat minum nya :-(

      Hapus
    3. iya itu juga boleee....
      :V :V

      Hapus
  3. Ayam kremesnya menggoda, nasi lalapan juga...bener kurang sambelnya...he he he..
    kapan nih harga cabe bisa turun lagi yak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem, dah beberapa hari gak bikin sambel xixixi

      Hapus
  4. sama ceu, cabe lg sombong pisan...!
    Se ons 7 rebu...

    Mdh2n cabe itu segera insyaf yah...

    *cari semut item!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. atuh masih murah di cirebon yah dibanding disini...ampun dah..:D

      Hapus
  5. Makannya enakan pakai sendok atau pakai tangan yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bang, kalo apke sumpit bisa amburadul kremesannya hihi

      Hapus
    2. amsyong dah ngebayangin nyumpitin kremes yg segede cucu rayap...

      *dicolok sumpit

      Hapus
    3. hahah mau donk dicolok duit...*eh...

      Hapus
  6. Ahaha..bener deh, makan ayam kremes kalo gak pake sambel tuh asa gimanaaa gtuh..
    Tanem cabe rawit di kebon gih, teh.. apa minta dari kebon abahnya dulu, hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem mah... waduh sayang banget gak minta benih ya waktu mudik kemaren heheh...

      Hapus
  7. Maauuu bangeet... Udah lama ga mbikin ayam kremes ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mumpung dah balik ke Indonesia lagi um, ayo coba ini itu aneka masakan nusantara hehehhe

      Hapus
  8. teteh, mau tanya kalau edit fotonya pakai apa? biar terlihat gede pas di blog tapi ukuran kb kecil? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake photoshop mbak...:) nanti tingga di resize aja, kalo saya biasnaya pake 500 x 750 pixel, paling jadinya sekitar 300 kb...^^

      Hapus
  9. aduh jadi ngileeeer....belum pernah nyoba ayam kremes...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga abru dua kali nyoba... yuuummm.. :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^