Tahu Goreng Telur Puyuh

Tahu Goreng Telur Puyuh


Assalamua'laikum...wr..wb...

Wilujeng siang....


Quick post aja mak, baru abis beres masak nih, *apaah? jam segeneeeh? terus pengen buru-buru ngabisin novelnya sherlock tapi tangan gatel bangeut pengen posting ini hahha... jadi kita ngebut saja... Ini mah tahu kukus yang digoreng itu lho mak, biasa aja gak ada yang istiewa sih, tapi enak banget suka aja pokoknya... dulu pernah makan ini waktu ada acara apa gitu ya di tempatnya Boss Daddy, sayang banget rasanya gak sesuai ekspektasi. Jadi tahunya pake tahu putih biasa, terus kayaknya mentahan gitu langsung dikukus, jadinya ya gitu deh, gak karu-karuan, mana saya juga gak suka tahu putih, makanya biar rada-rada gimana gituuh yah diabisin ajah heuheu... sayang juga kan kalo dibuang...*ah bilang aja doyan...qeqeqe...



Tahu Goreng Telur Puyuh



Nah kalo yang saya bikin ini tahunya bukan tahu putih biasa atau tahu Cina, karena seperti yang saya bilang, saya nggak suka tahu putih, rasanya cenderung hambar dan agak enek kalo menurut saya meskipun udah di-garem-in... tapii pas pindah ke Bandung barat, nemu tahu putih yang enak banget, Tahu susu Lembang itu lho mak... beneraaan, itu tahu putih yang paling enak yang pernah saya coba heuheu.. saya gak tau apa tahu putih yang dijual keliling komplek ini sama dengan tahu susu Lembang yang ada gerainya di Lembang itu apa bukan, yang jelas, ini juga judulnya Tahu susu Lembang, kalo gak salah merknya "Giri Mulya",  yah sekalian promo aja ya mak, biarpun gak di-endorse *heuheu, emang situ artesss... gak apa-apa mendukung produk lokal enak, berkualitas, dan yang paling penting sudah bersertifikat halal!... alhadulillah banget deh ya.... Harga satu boxnya [isi 10, berukuran sedang] sepuluh ribuah aja... memang kalo dibanding tahu yang dari pasar tradisional, relatif lebih mahal, tapi sesuai dengan harga sih kalo menurut saya...

Meski sebenarnya cuma digoreng biasa aja tahu nya udah endeuss berat, tapi iseng aja sih pengen dikreasiin sama telur puyuh plus sisa daging ayam cincang, dan yang paling gampang pastinya ya dibikin yang kayak gini...  sekaligus biar lebih menarik aja yah buat anak-anak, soalnya ini juga saya jadiin bekal sekolahnya Kirei... Kalo cuma tahu goreng, biar kata itu enak, tapi kan kalo menurut anak-anak kurang menarik, beda kalo digini-in...




Tahu Goreng Telur Puyuh



Sebenarnya bisa aja sih langsung gabres terus dikukus, tapi saya pilih yang ditumis dulu, biar lebih gurih aja gitu... Terus itu ngukusnya saya pakai cetakan alumnium cup yang kecil-kecil itu lho mak, jadinya nempel, gak mulus bawahnya biarpun udah dioles minyak... Soalnya ngeri kalo pake cetakan yang plastik gitu... meskipun pasti hasilnya bakalan lebih mulus... entahlah paranoid saya gak sembuh-sembuh  kalo sama cetakan plastik yang dikukus heuheu...



TAHU GORENG TELUR PUYUH


Tahu Goreng Telur Puyuh






4 buah tahu putih [saya pakai tahu susu lembang]
2 batang daun bawang
1 buah wortel, serut halus
100 gr daging ayam cincang
2 btr telur
10 buah telur puyuh yang sudha di rebus, kupas
4 btr bawang merah, rajang halus
2 siung bawang putih, rajang halus
1/4 sdt kaldu bubuk
1/3 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
sejumput gula
1 btr telur, kocok lepas untuk celupan
Minyak untuk menggoreng





Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukan ayam dan wortel masak hingga berubah warna, tambahkan daun bawnag, gula, garam, dan kaldu bubuk, terakhir masukan tahu yang sudah dihaluskan, aduk rata. Cicipi, sisihkan.

Masukan telur ke dalam tumisan tahu, aduk rata, Masukan ke dalam cetakan aluminium mini yang sudah dioles minyak, taruh telur puyuh di atasnya, kukus selama 10 menit. Dinginkan, keluarkan dari cetakan, celupkan ke dalam kocokan telur, lalu goreng hingga kecoklatan. Sajikan.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. eww..tjakeeep
    *gondol tahu sepiring2nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. maruk amat, ampe digondol ama piring2nya xixixi

      Hapus
    2. hihi..tahunya dimaem, piringnya trus dsimpen di lemari
      *lgsg kabur sblm dijitak

      Hapus
    3. Gak akan dijitak...paling diketjup pake centong...
      Centong tjinta....#eaaaa..

      Hapus
  2. Ok kirim yaaaa, aku demen nich. Suka beli di kartika sari bandung cuman 4000 sajo kalo ngak salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh 4000 an yah? kalo belinya ditukang gorengan biasa harga segitu berasa dirampok hahahha

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^