Roti Isi Kelapa & Kismis



Assalamua'laikum..wr...wb...
Wilujeng sonten...


Ahiiiy jadi juga rotinya... Demi memenuhi janji saya sama Kirei, kemarin biarpun rada kleyeng-kleyeng pas bangun tidur karena flu.. maksain deh bikin roti... Ternyata tidak semengerikan yang dibayangkan... nggak begitu nguras tenaga juga, emang iya sih yang susah itu justru ngumpulin niatnya... hihi... nguleninya 15 menit juga beres, banting kanan kiri, serong kanan kiri... hah beres... yang masalah justru pas profingnya, lama bener booook... sejam gak bengkak-bengkak juga... karena Bandung dua minggu terakhir dingiiin banget... hampir tiap hari hujannya guede bener, akhirnya karena gak ngembang-ngembang juga, nyambi masak aja deh... terus itu baskomnya [saya pake baskom stainless] disimpen di pinggir kompor, nggak deket-deket amat sih, yang penting suhu udaranya jadi lebih anget... Alhamdulillah 30 menit kemudian rotinya mengembang sempurna... fiuhhh....



Roti Isi Kelapa & Kismis



Resep rotinya kayak biasa pake roti kentang... biar jumlah terigunya bisa dikurangi, jadi kentangnya agak dibanyakin. Hasilnya tentu saja lebih gurih, beraroma dan empuuk... Takarannya kadang kalo saya beda-beda yah, hari ini takarannya segini, besok segonooh.. yah tergantung seadanya bahan... Tapi syukurlah dari semua percobaan hapir-hampir gak pernah ada yang gagal.. selalu sukses mengembang dan lembut... meski ngebanting-banting adonanya gak lama... puegel book, ah saya sih sekalisnya aja hihi...


Roti Isi Kelapa & Kismis



Nah untuk isiannya, memanfaatkan sisa kelapa parut yang udah dikukus sama vanilli dan garam sisa bikin ciu kemarennya, saya campur dengan gula terus dimasak sebentar, terakhir dicampur sama kismis, udah gitu aja... nggak pake takaran khusus asal nyemplung aja, males nimbang heheh.. seberapa banyak gulanya? yah icip aja lah... sesuaikan dengan selera masing-masing.... tapi beneraan enak deh, meski pun anak-anak gak doyan, karena mereka lebih prefer dengan isian yang asin, atau kalo pun yang manis paling yang isiannya meises kalo isiannya yang lain, kayak gini misalnya, biasanya pada gak mau... Jadi kalo buat mereka saya bikin yang isiannya asin. Tapi gak masalah, roti yang isian kelapa memang saya buat khusus buat saya sendiri heuheu.. doyan aja soalnya...


ROTI ISI KELAPA & KISMIS


Roti Isi Kelapa & Kismis







200 gr kentang kukus lumat
100 gr tepung terigu protein sedang
250 gr tepung terigu protein tinggi
1/2 sdt garam
40 gr SKM
50 gr gula pasir
2 kuning telur
120 ml air [atau sesuai kebutuhan]
8 gr ragi instan
50 gr mentega



Isian
Kelapa
Gula
Garam
Vanilli bubuk/ daun pandan
Sedikit air
Kismis sesuai selera

 


Isian: Campur semua bahan, masak di atas api sedang sambil diaduk-aduk, tambahkan sedikit air apabila kelapanya masih terasa kasar, cicipi, angkat. Dinginkan.

Roti: Campur semua bahan, kecuali garam dan mentega, aduk hingga rata, uleni sampai kalis, masukan garam dan mentega. Uleni sampai elastis. Fermentasikan hingga volumenya naik menjadi minimal dua kali lipat. Kempiskan adonan dengan cara ditinju, lalu bagi adonan menjadi beberapa bagian. Ambil adonan bentuk sesuai selera, masukan isian, simpan di atas loyang, biarkan hingga permukaanya licin, oles dengan kuning telur atau susu cair, kemudian panggang di suhu 200'C di api atas bawah selama kurang lebih 13-15 menit. Keluarkan dari oven, sajikan.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



2 comments :

  1. wuihh..15 menit kelar ngulen
    pasti lengan si teteh udah kayak lengan popeye abis maem bayem, kekeke..
    *dilempar roti
    *asiik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, tanganku sehalus dan semungil Bella Swan kok...:))

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^