Lepet Pisang/ Ciu [Gluten Free]

Lepet Pisang [ciu]

Assalamua'laikum..wr..wb...
Wilujeng siang...



Tepang deui, rebo nyunda... mun urang ngamumule basa bule eta mah tos lumrah, tapi mun ngamumule basa urang sorangan, tah eta.... kedahna luar biasa... nya di jaman kiwari atuh... pergaulan hirup urang dituntut ngandelkeun basa bule, komo di tingkat internasional jadi lami-lami basa urang sorangan kapopohokeun...  tapi diajar basa deungeun ge teu lepat, kedah oge, mung ulah hilap, saha urang, basa urang... jati diri urang... *cieeeh gayaa...:D

Kumaha dinten ieu? masih hujan? Alhamdulillah rata sadayana kabagean nya... malah dugi ka aya nu banjir... mugi-mugi nu nuju dipasihan musibah sing dikiatkeun.... Tah ku kituna di wanci nu usum tiris sapertos kieu cocok lah pami nuang nu kieu, pami di Bandung mah mirip sareng Ciu, mung benten ngabungkusna... tapi nu sanes na mah tos plek ampir mirip... ieu teh biasana diopi na teh sareng bajigur atanapi bandrek... direncangan ku kulub suuk, boled, lolobi, sapertos nu kitu lah... nikmat pisan. Dulur-dulur urang Bandung nu nuju tebih ti Bandung pasti kabayang kumaha raosna heheh... wilujeng...!

________________



Lepet Pisang [ciu]


Ini kalo di Bandung disebutnya CIU, Aci jeung cau... cau itu artinya pisang ya pemirsah.... yah seperti halnya kebanyakan nama-nama makanan khas priangan selalu pake akronim-akronim yang unik, nah ciu juga gitu... Kalo di Jawa Tengah ciu itu sejenis minuman beralkohol ya? jangan khawatir ciu yang ini mah aman... heheh dibuatnya dari tepung kanji dan pisang serta kelapa parut dan gula... tapi karena stock tepung kanji saya cuma dikit jadi saya ganti dengan tepung beras... dan harusnya ditambahin tepung terigu.. tapi karena kemarin-kemarin menunya banyak yang pake terigu makanya gak ditambahin terigu, tepung beras aja... juga itu cara membungkusnya itu asal aja, harusnya dibungkus kayak jongkong terus disemat pake lidi, sayang daun yang pake kecil-kecil jadi asal lipat aja bikinnya heheh...^^


LEPET PISANG







6 buah pisang ambon, hancurkan [sebaiknya asal saja, jangan sampai halus]
50 gr tepung beras
1 sdm tepung kanji
2 sdm munujung gula pasir
75 gr kelapa parut
1/4 sdt garam
Daun pisang untuk membungkus



Campur semua bahan, aduk rata, bungkus dengan daun pisang, cara membungkusnya silahkan sesuai cara masing-masing ya.... kemudian kukus selama 15-20 menit. Angkat, sajikan.  


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



6 comments :

  1. lepet itu sama kaya lemet ya? klo ga salah inget sih lemet agak gelap gitu warnanya, mungkin pke gula jawa.. udah lama ga makan *kesian..kesian..

    BalasHapus
  2. aduuuuuuh udah lama gak buka blog liat ginian jadi laperrrrr. potonya cetaaaar teeeh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh makasih-makasih...
      saya malah gak begitu suka foto ama stylingnya... bored:V

      Hapus
  3. Mba itu sama kaya kue pisang bukan ya ? Hehehe
    Aku ga bisa masak mba, tapi liat postingan'' mba jadi pengen belajar,gak lucu ya kalo nanti aku udah punya suami,akunya ga bisa masak :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kue pisang? iya lah mirip-mirip hahah...
      hahha... ini mudah kok bikinnya mbakyu InsyaAlloh bisa heheh
      sama2 belajar aja ya mbak, sama saya juga maish belajar..:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^