Japanese Korokke [Croquett]

Japanese Korokke

Assalamua'laikum...wr wb..
Wilujeng sonten...

Abaikan saja gambarnya yang remang-remang ini ya mak... soalnya seharian ini Bandung bagai dilanda duka, awan mendung menggantung disepanjang cakrawala... Apalah daya cuma bisa memanfaatkan cahaya matahari yang mengintip malu-malu dibalik tiang jemuran... Jadinya ya gitu deee... gelap-gelapan... Tapi yang terpenting gambarnya sudah cukup merepresentasikan kerenyahan kulit kroketnyanya ya... Juga isiannya yang menyembul keluar itu, udah bisa ketebak kan.. lembut nan gurih... selayaknya kroket kentang... nyaaaaam, suka aja pokoknya!

Japanese korokke [croquett] ini, kalo di kita mah bisanya disebut perkedel aja, mirip-mirip lha ya, bedanya cuma yang ini di lapis tepung panko jadi lebih renyah. Terus kenapa kudu dinamain Japanese korokke, nggak perkedel aja? yaaa biar gaya aja gitu, soalnya posting perkedel udah terlalu mainstream, kita cuba yang rada-rada kedengeran membule... heheh... *plakss... Dalemannya selain kentang, saya tambahin tumisan daging yang sudah dicampur dengan irisan daun bawang. Ceritanya bermula, ketika tadi pagi sebenarnya saya berencana untuk membuat roti kentang, tapi karena kondisi badan yang agak kurang fit, kayaknya gak mungkin buat banting-banting adonan, jadinya banting stir, bekal buat sekolahnya Kirei berubah jadi kroket heuheu...



Japanese Korokke


Cara membuatnya tentu saja sesimple cara membuat perkedel, hanya saja, karena ini kentangnya dikukus, jadi buat yang punya pengalaman sering ambrol bikin perkedel*tunjuk muka sendiri... ini adalah kabar yang cukup menggembirakan, bahwasannya dengan dilapis dulu kayak gini, hasilnya jadi lebih kokoh... Asalkan tentu saja melapisnya harus rata dan menggorengnya nyantei aja... ojo kesusu gitu lho... saat digoreng, balik dengan lembut dan sepenuh hati, InsyaAlloh hasilnya mulus, gak ada yang ambrol heheh....


JAPANESE KOROKKE


Japanese Korokke





Kroket
250 gr kentang lumat
3 sdm daging cincang yang sudah ditumis dengan daun bawang
1/2 sdt merica bubuk
1 kuning telur
2 sdm susu bubuk
1/4 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt garam


Celupan
1 btr telur utuh+ 1 putih telur, kocok lepas
Tepung roti
Tepung beras untuk pelapis




Campurkan semua bahan kroket, aduk rata, bentuk lonjong, kemudian sedikit agak dipipihkan. Gulingkan ke dalam tepung beras, celupkan ke dalam telur kocok, lalu lapisi dengan tepung roti. Lakukan sampai habis. SImpan di dalam lemari es, selama 1 jam.

Panaskan minyak, goreng kroket hingga kecoklatan. Sajikan hangat bersama dengan cabai rawit atau saus sambal. 


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. Namanya Korokke jadi inget sama om saya kalau tengah malem tidur suka banget korokke, tapi korokke yang ini mah bukan korokke crouquett jeh

    BalasHapus
  2. aku pernah tuh, nggoreng perkedel langsung penuh sewajan biar cepet..eh sukseess dong ambrol kabeh, haha
    betul itu mak, ojo kesusu.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha sama donk...aku sih emang udh langganan ambrol

      Hapus
  3. Aaaahhh... bgmn pun hasilnya foto kaka tetep bagus kok di mataku....

    *kedip2...

    BalasHapus
  4. Foto nya tetep cakep kakak meskipun remang2 cahaya hua hua hua. Paling enak kalo dalam nya di kasih cabe rawit :-0

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^