Dorayaki Isi Cokelat

Dorayaki Isi Cokelat

Assalamua'laikum..wr..wb...
Wilujeng wengi....

Kasian banget ya, dorayaki nya cuma sendirian, soalnya temen-temennya udah dilahap pas masih dimasak... Jadi sesi pemotretan harus puas dengan dorayaki sisa.... Eh ini udah mirip dorayaki belum sih? kurang tebel kayaknya ya... Inget ya pemirsa ini dorayaki bukan Dora the eskploler hihihi... eh tapi kalo mau nyambung-nyambungin dorayaki ama film itu pasti ingetnya ke film/ serial kartun Doraemon dan Azumi... Soalnya dorayaki ini adalah salah satu camilan favoritnya si kucing biru... dan kayaknya kue asal Jepang ini emang populernya gara-gara kartun itu... Nah terus apa hubungannya sama film Azumi? kalo ini karena biasanya dorayaki isiannya itu pake kacang merah Azuki, tapi kalo saya denger kata Azuki, yang terbayang bukannya selai kacang merah, tapi Ueto Aya yang main di film Azumi, yang demi menjadi ninja harus membunuh Nachi sahabat sekaligus kekasihnya... ini nyeleknya itu persis kayak Oboro yang harus ngebunuh Kouga Gennosuke di Film Shinobi deh... iya kan mak? *woii gak nyambung woi.... hihi ini adalah salah satu efek kalo dah lama gak nonton pelm/novel Jepang suka ngaco gak jelas... Terakhir baca novelnya itu sekitar tahun 2008, novel Taiko-nya Eiji Yoshikawa... yang karena tebelnya itu kalo novelnya dilemparin ke muka, bikin pingsan bokk...  hahah.... 



Dorayaki Isi Cokelat
 

Wokeh, lupakan curcolnya.... sekarang mari kita ngebahas resep... dan kalo harus jujur-jujuran, emh sejujurnya ini baru pertama kalinya saya bikin dorayaki, artinya baru pertama kali juga makan dorayaki, makanya masih ngeraba-raba, bener gak ya kayak gini... hihi *kasian banget... Agak ragu sebenarnya pas tadi siang resep ini seliweran di grup nya NCC, soalnya salah satu bahannya pake baking soda, jadi mikir dulu lamaaa banget, itu kalo baking soda nya di skip bisa gak ya kakaaaak? Tapi entar kalo bantet gimana? Ya sutra cari jalan tengah, pake tapi seuprit ajah... Hasilnya? kurang memuaskan sodaraaa... emang kurang banyak mungkin, jadinya itu dorayakinya kurang tebel, nggak apa yah namanya, kalo bahasa kerennya kurang fluppy gitu? Ya pokoknya biarpun belum pernah ngerasain ada feeling aja kayaknya mengeksekusinya kurang sukses, jadi kemungkinan besar kesalahan bukan pada resep yaa....
 


Dorayaki Isi Cokelat


 Untuk isiannya, karena gak ada rencana sama sekali jadi nggak pake selai kacang merah, sebagaimana lazimnya dorayaki. Terus bongkar-bongkar kulkas, ternyata saya pun gak punya selai apa-apa.. jadi akal-akalan aja bikin selai cokelat dari cokelat bubuk yang dicampur sama cappucino instan, susu, gula dan maizena... terus dimasak sampai mengental. Takarannya suka-suka aja, yang penting kerasa cokelat dan manisnya... eh ternyata enak juga selai abal-abal ini hihi... ^^


 DORAYAKI
Resep asli milik Beta Wicaksono


Dorayaki Isi Cokelat




2 butir telur
80gr gula pasir [saya kurangi jadi 50 gr]
1sdm madu [saya 2 sdm]
1/2 sdt soda kue [saya cuma 1/4 nya aja, kira-kira]
50ml air
130gr terigu protein rendah (sedang juga tidak apa apa)



Kocok telur, gula, madu dengan whisk sampai agak mengembang / pucat (saya pakai mixer, tidak perlu lama lama sampai mengembang seperti buat cake. Yang penting lebih kental). Masukkan tepung dan soda kue. Aduk dengan whisk, secukupnya. Agak kasar memang. Nanti akan menghalus setelah air masuk. Masukkan air. aduk lagi dengan whisk. diamkan 10menit. aduk lagi.  Tuang dengan sendok sayur ke teflon datar, api kecil (wajan ditutup lebih baik, tidak juga tidak masalah). setelah muncul gelembung gelembung dan pinggiran tidak basah, balik adonan. panggang sebentar. Angkat.


Tips:
  • ingat, langsung tutup dengan serbet, dorayaki yang sudah matang (panas). ini supaya dorayaki tetap empuk. simpan di wadah kedap. tahan 2hari.
  •  gunakan wajan datar teflon yang masih baik, supaya tidak lengket.
  • untuk langkah pertama, kuaskan minyak tipis pada teflon, lalu lap dengan tisu halus. wajan seperti kering tanpa minyak kembali, tapi bila di usap tangan ada lapisan minyak tipis. lalu dadar adonan.setelahnya, tidak perlu kuas minyak lagi. supaya mulus..
  • gunakan api kecil. ingat, api kecil.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



16 comments :

  1. pantesan kalau saya masuk restoran gede, suka pengen nyobain makanan dan kue-kue dengan nama yang unik dan aneh terdengar bagi kuping saya orang desa, begitu di sajikan eh dilala...ternyata tebang roti di tambahin coklat doang, tapi enak juga sih kayanya...kayanyadoang loch...ngga yakin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan lah mang, tapi teuteup ubi cilembu mah juaraanyaa... heheh

      Hapus
  2. walaupun tinggal sendirian, ga pa pa deh..satu aja cukup..he he he..jadi tokoh utama yak..
    ternyata buatnya tidak susah ya...bookmark....
    wah teteh juga baca Taiko ya..hadeuh tebel pisan bukunya, bacanya sampai nyicil..tetapi akhirnya puas juga...keren pisan novelnya...dari sekian banyak tokoh di sana saya cuma ingat nobunaga..ha ha ha benar ga ya? apa itu tokoh di musashi...novel yang tidak kalah tebel dan bagus..wah sudah lama banget ga baca novel tebel begini...
    cuma kok ya..gampang banget ya nebas-nebas orang pakai pedang...serem juga bacanya...hi hi hi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu Oda Nobunaga, tapi kalo dibandingin sama Musashi, mendingan Musashi, gak begitu tebel trs tokoh2nya gak begitu banyak... Taiko mah lieur hahahha...

      Hapus
  3. hahaha pembukaannya bikin ngakak tau mbk hehe. eh mudah ya bikinnya,catet ah kapan2 bkin^^

    BalasHapus
  4. duh, ngikik dari awal sampe akhir, qiqiqi...
    gapapa kurang fluffy, yang penting enyak toh..buktinya selese mbikin tinggal sebiji :D
    aku juga belom pernah nyobain makan pancakenya Doraemon ini, bikin apalagi :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhah sama donk kita ya, kiraian daku aja nih yang katrok, mosok yang beginian aja belom pernah mkn...:D

      Hapus
  5. cantikkk.. kayak pancake ya teeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya kok malah jadi kayak pancake...eh dorayaki pancake bukan sih?:D

      Hapus
  6. Ngak suka pake banking soda yaaa ??? emak gw ngak demen begituan kalo bikin apa2 :-(

    BalasHapus
  7. Biarlah sendiri dorayakinya, yang penting enak :9 *brb kasih liat istri biar dibikinin kayak gini* ehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhahahha bener bang...
      mudah2an istrinya mau bikinin juga heheh

      Hapus
  8. Teteh nu meni geulis...nuhun pisan resepna...
    ieu abdi tos nyobian...meni delicious euy...
    tos link back kadieu nyak...nuhun deui...mangga ah...

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^