Surabi Mini... Wanna be...^^ [gluten free]

Surabi Mini


Assalamua'laikum...wr..wb...
Wilujeng wengi...

Spertos biasa rebo nyunda nya pamiarsa... 
Pami nyarioskeun surabi teh sok emut ka lagu na Bungsu Bandung nu judulna Surabi haneut, 
"Surabi haneut aduh akang mangga cobian
badag munu'u aduh akang ukur sarebu                  
surabi abdi aduh akang mangga raosan
dijamin asli akang sanes bajakan

Aya anu di oncoman
aya anu polos tomo
aya anu gulaan dibanjur dicipatian"


Sanes kunanaon eta nu lebah badag munu'u na, meni asa kumaha kitu nya ngupingna hahah...  nanging sanaos kitu leres emang surabi Bandung mah badag munu'u, komo karesep simkuring mah anu di oncoman, haneut, gurih ladaa.... teu aya dua na, najan ditukeuran sareng burger ge moal mangmang moal salempang wantun pisan...:)

_________


Ini surabi ya pemirsa bukan serabi.. pake u bukan e... kayak Krawang, yang bener itu Karawang , jangan di skip huruf a nya...hehehe... ngomong Sunda itu memang  artikulasinya sangat jelas a, i, u, e, o dan eu- nya heheh... dan kata siapa ngeblog pake bahasa lokal itu gampang? heseee pamirsaa... ngomong langsung sih santai-santai aja mau yang lembut atau sunda kasar, tapi pas ditulis, emh... think again!, jadiiii daripada pusing  mari kita ngamumule basa bule hahhah... 



Surabi Mini


Nah, oke balik lagi ngomongin surabi, tau lah pastinya surabi itu kayak gimana... dan di Jawa Barat, Bandung khususnya, surabi adalah makanan yang sangat-sangat populer, kisahnya boleh dibilang se-legend cilok... tradisional food, sekaligus street food yang inovasinya luar biasa menurut saya... kayaknya kalo adonan dasarnya sih begitu-begitu aja, dari tepung beras, tapi toppingnya itu yang sangat variatif, tergantung yang jualnya... tapi yang pasti selalu ada itu yang rasa original, polos tanpa topping, terus dikasih rebusan gula merah, atau yang khas sangat "priangan" itu yang topping oncom pedas... Nah yang topping oncom ini sendiri udah banyak macemnya, ada oncom mayo pedas, oncom keju pedas, oncom ayam pedas...daaan masih banyak lagi, itu baru yang varian oncom, belum varian lain.. kayak toping keju, meises, pisang, kacang, sosis, telor ceplok mayo... pokoknya macem-macem,  saya juga gak hafal semua... Tapi dari semua varian itu yang saya suka cuma yang original polos tanpa toping, dan yang toping oncom atau meises, yang lainnya kurang begitu suka, agak aneh di lidah saya... maklum meskipun anak-anak gaya banget manggilnya mommy, ala ala bule, tapi kalo lidah mah,-seperti iklan mie instan-, gak bisa bohooong, alias masih bercita rasa lokal heheh...

Sebenarnya saya gak pede menulis resep ini dan melabelinya dengan judul "surabi"  karena kenyataannya ini lebih mirip apem wkwkwk... Teksturnya terlalu ringan, kurang padat, kurang gendut, adonannya kurang kental, terlalu beraroma ragi... tapi rasanya, sangat-sangat enak... Jadi meski agak ragu-ragu, saya tetap menuliskan resepnya, khawatir kelupaan, karena saya yakin ini bukan yang terakhir kalinya saya nyobain resep ini, besok-besok saya pasti nyoba lagi... dan bukan cuma saya yang suka anak-anak juga suka banget, apalagi ini kan resepnya tanpa terigu, jadi lebih menarik, mengingat belakangan saya mulai mengatur-ngatur konsumsi tepung terigu, gak "serakus" sebelumnya... Jadi ketika nemu resep camilan yang gak pake terigu terus enak, gimanaa gituh, seneng aja...^^



 SURABI MINI
Porsi, untuk 1 orang dewasa dengan 2 balita, alias porsi mini

Surabi Mini




125 gr tepung beras
100 gr kelapa parut
200 ml santan
1/2 sdt ragi
1 btr telur
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilli bubuk
40 gr gula pasir

Saus
100 ml santan
1/2 sdt maizena, encerkan dengan sedikit air
35 gr  gula merah, sisir halus
1 helai daun pandan atau 1/3 sdt vanilli bubuk
1 sdt gula pasir




Saus, campurkan semua bahan, masak di atas api sedang sampai mendidih, kentalkan dengan maizena, matikan api, sisihkan.


Campurkan tepung beras, gula, garam, vanilli, aduk dengan tangan sambil dikucuri santan sedikit sedikit, tambahkan ragi dan telur, aduk rata, tepuk-tepuk adonan kira-kira 3-5 menit, kemudian frementasikan selama kurang lebih 15-30 menit. Panaskan cetakan kue lumpur atau cetakan surabi, terserah, tuang adonan, hingga keluar gelembung, lalu tutup. Setelah kira-kira bagian atasnya sudah kering dn matang, angkat, lakukan sampai habis, sajikan dengan sausnya.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,




6 comments :

  1. pilih yang toping oncoom..nyamm
    surabi ini mirip kaya srabi solo itu ya (eh ato sama?), klo ga salah sama-sama pake tepung beras ama santen juga, pake kuah santan gula jawa juga..tapi ada juga yang diemam gitu aja tanpa kuah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehhh... belum pernah nyobain srabi solo mah, jadi bingung heheheh
      iya kali mirip yah...:D

      Hapus
  2. aduuuuuh jadi ngiler liat ini poto *jilatjilatlayarlaptop*
    kalo denger kata "surabi"knp langsung inget surabi enhaii ya? seringnya kalo ke bandung makan disitu malem (favorit eikeh yg oncom mayo), trus minum bandrek. ah meuni mantap pisan :D mau bikin tp gak punya cetakan2 yg mendukung nih...bagi aja boleh gak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiiih suka nongkrong di Enhai qeqeqe, kalo aku sih paling bunkussss ajaa hehhe
      sama mbak aku jg gak punya cetakan surabinya, makanya pake cetakan kue lumpur xixixi

      Hapus
  3. Meni resep maca na nag- blog ku bahasa sunda๐Ÿ˜€ di campus inggris saeutik Nya baydeway surabi na ogre bikin ngillleeerrrrrr ๐Ÿ˜€

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^