Martabak Tahu Telur

Martabak Tahu Telur


Assalamua'laikum..wr..wb..
Wilujeng sonten...


Ini martabak tahu praktis yang kulitnya pake kulit lumpia... emak-emak juga pasti sering bikin kaaaan... secara ya bokk bikin martabak asli itu mana tahan bikin kulitnya yang super tipis elastis itu, mana bikinnya pake diputer-puter segala.. suka diperhatiin kan ya yang tukang martabak di si mamang-mamang itu... dulu sih kadang suka maksa nyobain bikin martabak telor ala si mamang, yang ada kalo gak robek, nah itu pas diputer-puternya kadang terbang ke manaaaa gitu... ampun deh, jelas butuh skill kheuseus ya kalo mau bikin martabak setipis itu hehehe...

Isiannya selain telur, biar gak terlalu basah, saya suka menambahkan daging ayam cincang, tahu yang dihancurkan plus sayuran yang sebelumnya ditumis dulu biar gak ada bau langu nya... Sayurannya simple aja cuma wortel dan jamur, lumayan lah jadi lebih padat gizinya, gak cuma karbo den telor doang... Hasilnya... gurih dan kriuk, dan buat cocolannya saya pake kuah cuko sisa bikin empek-empek, yang dicampur sama saus tomat.. sedaaaap...



Martabak Tahu Telur



Ini potonya gelap-gelapan, soalnya pas motret ini di luar ujannya gedeee banget, pokoknya seharian itu bikin mati gaya aja, menduuung, nah pas hujan baru deh ada cahaya sedikit dari luar... jadi bisa nyempetin ngambil satu dua jepretan... lumayan lha ya....^^


MARTABAK TAHU TELUR


Martabak Tahu Telur





20 lembar kulit lumpia siap pakai
Minyak untuk menggoreng
100 gr daging ayam cincang
3 btr telur
3-5 buah tahu kuning, hancurkan
5 tangkai daun bawang, iris halus
1 buah wortel, serut halus
3 buah jamur tiram, iris kecil
Putih telur/ terigu yang diencerkan dnegan sedikit air, untuk perekat


Bumbu untuk menumis
2 buah cabe merah, iris serong
3 buah bawnag merah, rajang halus
2 siung bawnag putih, rajang halus
1/2 sdt gula pasir
1/3 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk



Tumis bawang hingga harus, masukan cabai, aduk-aduk, masukan daging ayam, masak hingga berubah warna. Tambahkan wortel, daun bawang dan jamur, masak hingga layu, beri gula garam, kaldu bubuk dan merica, kasih sedikit air, jika terlalu kering, tumis hingga airnya menyusut. Angkat, dinginkan.

Masukan telur kedalam tumisan, aduk rata. Siapkan satu lembar kulit lumpia, lipat berbentuk amplop, rekatkan dengan putih telur. Goreng dengan api sedang hingga kecoklatan. Angkat, tiriskan. Sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat....

Salam,



0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^