Ikan Asin Goreng Tepung

Ikan Asin Goreng Tepung


Assalamua'alikum...wr...wb...
Wilujeng sonten...

Tumben yah posting ikan, padahal biasanya saya ngeri sama ikan... sebenarnya gak semua ikan, ada yang masih bisa saya makan kayak misalnya ikan asin atau ikan teri. Tapi ikan asin juga gak semuanya suka sih, kayak jambal gitu... atau ikan asin cucut, peda... yang baunya agak-agak menyengat saya gak bisa makan juga... paling-paling asin gabus, sepat, atau yang baunya gak bikin peengsan aja... Itu pun sebelumnya harus diguyur air panas, dicuci bolak balik, ditiriskan baru deh diolah... hehehe ribet ya... makanya jarang-jarang masak ikan asin...

Kalo ikan segarnya? wah itu mah hampir-hampir gak bisa, apalagi ikan laut... tapi kalo telur penyu mah saya suka banget... gak nyambung hahah... duluuu tapi... sebelum tau kalo penyu itu termasuk hewan yang dilindungi... Ada yang pernah makan telur penyu? putihnya kayak ingus dan kalo direbus gak mengeras, persis aja kayak ingus... berlendir gitu* eeerr.. tapi seius enak... dan yang paling enak itu bagian kuningnya, gak ada yang lebih enak dari telur penyu, menurut saya sih.... eh ya saya cerita belum, kalo saya sebenarnya berasal dari daerah tepi pantai jadi agak-agak miris juga yah, kok sampai gak doyan ikan... Padahal waktu saya balita, saya ingat betul kesukaan saya adalah ikan kakap merah, sayangnya sekarang kondisi lambung saya nggak bisa mentolelir sedikit pun aroma dari ikan laut*siapin kresek... 

Balik ke ikan asin goreng ini... nah ini mah  alternatif aja kalo bosen cuma digoreng biasa. Jadi ikannya dilapis tepung, dan karena komposisi tepung kanjinya banyak hasilnya jadi lebih kriuk dan relatif lebih tahan lama dibanding kalo cuma dilapis terigu ya... kalo adonan tepungnya masih nyisa, goreng aja kayak bikin kremesan enak kok...:)


IKAN ASIN GORENG TEPUNG


Ikan Asin Goreng Tepung





10 ekor ikan asin sepat kecil, seduh dengan air panas,  tiriskan
70 gr tepung kanji/ sagu
30 gr tepung terigu
10 gr tepung beras
130 ml air
Garam
 Minyak untuk menggoreng



2 btr bawang putih
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/2 ruas kunyit





Haluskan kunyit dan bawang putih, campurkan dengan tepung dan air. Tambahkan garam, kucuri air, aduk hingga rata. Panaskan minyak. Celupkan ikan asin ke dalam adonan tepung, lalu goreng ke dalam minyak. Goreng hingga kering dan matang hingga habis. Angkat, tiriskan. Sajikan hangat.

Selamat mencoba semoga bermanfaat...

Salam,



6 comments :

  1. He eumm... sama teh... aku jg kl ngolah ikan asin rada ruwet... hihihi... serem kl liat berita di tipi2 tuh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem kebayang2 gt yah, direndem formalin...:D

      Hapus
  2. Hooalah..ternyata karna bau amisnya ya..
    Klo seafood yang laen? cumi, udang dan kawan2nya gitu?
    etapi, katanya ikan kalo bener2 seger mustinya ga bau amis..tapi tetep bau ikan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. udang ama cuma masihh tapi makannya rada pilih2 hehe tergantung dimasak apa, siapa yang masak, dan bau apa nggak heheh..:D

      Hapus
  3. indahnya berbagi informasi
    silahturahmi ke link kami juga ya
    jual ikan asin

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^