Jahe, Jeruk Nipis, dan Madu

Jahe, Jeruk, dan Madu


Assalamua'laikum...wr..wb...
Wilujeng siang...

Dinten Rebo, sapertos biasa rebo nyunda... nu teu ngartos mangga tong diaos da moal ngartos hehehe...  teu karaos tos sababaraha minggu teu  hujan-hujan nu kantenan di sababaraha tempat tos mulai aya nu kahalodoan, sesah cai nya? simkuring didieu mah alhamdulillah masih keneh aya... Tapi dua dinten kamari tos mulai aya hujan di Bandung. Duka tah duka leres hujan, atanapai hujan lokal/ hujan buatan. Dina dinten kahiji hujan na teh teu patos ageung mung nu dinten kadua na lumayan ngagebret... matak cipruk...

Kumargi tos mulai aya parobihan cuaca... sababaraha dinten ieu simkuring, sareng pun anak kantos kaserang flu... Alhmdulillah teu patos parah, sareng ayeunamah tos sehat deui...  tapi najan dikumaha wae ge teu damang teh teu raos pisannnya... tah ku kitu na kanggo ka dulur-dulur nu nuju flu atanapi muriang, pilek, batuk, cobian ngaleueut ieu, campuran tina jeruk, sareng jahe teras madu, tah ieu teh tiasa janten salah sahiji anu ngaringankeun flu atanapi batuk-batuk... salian raos, kitu oge aya khasiatna... kangge nu bade nyobian, mangga...^^
_______________________


Sebenarnya sejak saya mulai mengkonsumsi Rawfood, selama kurang lebih 7/8 bulan yang lalu, saya hampir-hampir tak pernah terkena flu... Padahal anak-anak dan suami pada tumbeng. Tapi pemirsa... pas kemarin Kirei ketularan flu dari temennya di sekolah, saya pun ketularan..! Penyebabnya sepertinya karena pola tidur saya yang kacau... kebanyakan begadang gak jelas... ternyata bener ya kata bang Rhoma, begadang jangan begadang... karena bagaimana pun begadang itu membuat sistem pertahanan tubuh jadi lebih rentan terkena penyakit. Sekarang sih diusahain tidur lebih cepet maksimal sampai jam sebelas, syukur-syukur kalo jam 10 udah ngantuk wah keren banget deh kayaknya... Pengen sih kayak orang gitu yah, jam 9 udah pules, tapi gimana ya... susah boook kalo saya.... Padahal udah gulang guling kanan kiri... teuteup aja melek, ujung-ujungnya mainin gadget... Pebsukan? o enggak donk... baca novel lha hahah...



Jahe, Jeruk, dan Madu


Tidur lebih awal itu selain baik untuk kesehatan, juga membuat kita nggak susah bangun di 1/3 malam, pan?*gigitin weaker... Eh yah... selain itu, bagi emak-emak yang pengen bodynya teuteup yahudd katanya tidur lebih awal membuat badan jadi lebih mudah mengurus... karena konon kalo begadang itu membuat salah satu hormon mendorong tubuh untuk terus merasa lapar di siang harinya.. Jadi lebih cenderung banyak makan mungkin ya, makanya jadi cepat gemuk.... nah lho... ngeri juga ya bok...:(

Nah waktu kemarin terkena flu itu, ada salah satu minuman yang saya buat untuk suami, anak-anak dan saya sendiri...*selain terus mengkonsumsi smoothies yah, yaitu minuman yang terbuat dari jahe, madu dan air perasan jeruk nipis. Karena selain flu, pake batuk-batuk juga sih... Kalo saya sendiri sebenarnya tidak begitu parah hari pertama bersin-bersin, hari kedua meriang, hari ketiganya udah lupa deh kalo kemarin itu kena flu hehe... jadi lumayan lah... nggak begitu bikin jungkir balik. Pokoknya yang terpenting adalah istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang bergizi, perbanyak minum terutama air putih dan tentu saja mengkonsumsi minuman ini juga bisa meringankan gejala sakitnya... 

Satu hal yang harus diingat saat membuat minuman ini adalah, jangan memasukan jeruk nipis dan madu pada air yang masih panas, supaya khasiat madu dan jeruknya tidak berkurang, karena kandungan vitamin C dalam jeruk biasanya tidak tahan dengan suhu panas, begitu pula dengan madu... kandungan gizi [dan enzim] di dalamnya bisa cepat rusak kalo terkena panas. Selain itu jika hendak menuang atau mencampur madu, jangan memakai bahan -baik itu sendok atau gelas-, yang terbuat dari logam. Pakai sendok kayu, atau sendok plastik serta gelas beling saja ya...

Bagi yang sedang sakit, safakallah ya... mudah-mudahan lekas sembuh...^^

 JAHE, JERUK NIPIS & MADU


Jahe, Jeruk, dan Madu





2 gelas air mendidih
1 gelas air matang dingin
2 ruas jari jahe, parut
2 buah jeruk nipis
Madu sesuai selera





Tuang air mendidih ke dalam parutan jahe, lalu saring. Bari air matang dingin, aduk rata. Tambahkan air perasan jeruk nipis dan madu Aduk rata, sajikan selagi hangat.

 Selamat mencoba semoga bermanfaat....
Salam,



4 comments :

  1. Teteehh...jadi hari ini teh selasa apa rebo? perasaan pan kita cuman beda 6 jam lebih cepet disitu, nhah dsini masih selasa pagiii haha..
    Syafakillah yaa, semoga cepet sembuh.. Kirei chan jugak :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bener mbak saya baru ngeuh sore nya tapi mau diedit koneksinya jelek. Ini sering bgt lho sy kyk gini posting dihari selasa eh diaku-aku hari rabu heuheu...apa ini salah satu indikasi kepikunan apa yak:D

      Iya makasih...alhmdllh sekarang dah pada sehat:)

      Hapus
  2. sedeng pisan nge-blur nya yah ceu... halus seperti pipiku...


    *hatchiiihh....
    ambil tisu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halaghhh... hebaaat pipinya...:D*elusinpakekulitdurin

      *sodorin tisu*

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^