Brownies Kacang Merah

Brownies Kacang Merah


Assalamua'laikum..wr. wb...
Wilujeng wengi...

Rebo nyunda... kumaha damang...? kaleresan nuju aya di lembur panineunangan janten hoream apdet... unggal dinten sok aya wae kagiatan nu matak riweuh pisan. Tapi saleres na mah sih sanes ku riweuh-riweuh teuing tapi memang nuju males weh...heheh... Kumargi tos sakitu lamina jarang pendak sareng ibu rama, janten sakali na uih teh hilap sagala rupi. Nembe wengi ieu jorojoy ku hayong ngapdet blog, mugi-mugi pamiarsa teu bosen ngantosan hahah... kitu ge pami aya nu maca...
__________________

Pemirsa.... kabar gembira hari ini bukan datang dari kulit manggis, gak ada urusan saya sama yang itu... Tapiiii... saya sedang menikmati masa liburan panjang di pinggir pantai berhula-hula sambil menikmati es kelapa... uhuy.... jadi ini judule, mudik yang tertukar hahah... Senangnya bisa menikmati masa liburan yang tenang di saat semua orang sibuk bekerja... Pantai yang tenang, jalan yang lengang, kemana-mana gak mesti antri, parkiran gak sesak, dan... gak ada macet berjamaah tentu saja! alooohaaaaa....



Brownies Kacang Merah


Jadi, demi menghemat masa-masa indah ini tak usahlah kita ngalor ngidul kepanjangan. Mari kita bahas resep aja. Nah ini adalah salah satu varian dari resep brownies yang biasa saya buat. Brownies yang pada prinsipnya selalu sama, gak pake mixer, gak pake pengembang, dan gak perlu lelehin coklat. Intinya: serba kilat. 

Yah... tentu saja, saya ingin menikmati hidup dengan berbagai cara, jadi hobi saya tak cuma  satu, selain masak dan baking, saya punya aneka macam aktivitas. Makanya  setiap kali saya turun ke dapur, diusahain gak menyita banyak waktu, supaya hobi dan kesenangan saya yang lain, bisa juga dinikmati dalam satu hari penuh itu... makanya kalo itu bisa dibikin simpel, ngapain harus jadi ribet. Dan satu lagi, kalo bikin brownies saya ogah banyak banyak, tapi selalu dibatasi sesedikit mungkin bikinnya. Kenapa? karena artinya  itu sama aja mendorong  diri sendiri untuk terus ngemil tanpa beban.... Inilah sesunggunnya bahaya laten-minjem istilahnya orba-  dari kelamnya konsumsi brownies tanpa batasan.... kyaaa... *apadeh...

Brownies ini beneran enak... Aroma kacang merahnya sama sekali gak kecium. Tapi teksturnya khas banget... jadi lebih padat beremah padahal biasanya kalo pake resep yang ini hasilnya selalu fudgy, tapi karena pake kacang merah, jadinya malah lebih ke cakey gitu....unik deh....sukaaaa.....!!!



BROWNIES KACANG MERAH


Brownies Kacang Merah






150 gr kacang merah yang sudah direbus, haluskan
1/3 cup cokelat bubuk
2 btr telur
1/2 cup tepung terigu
1/2 cup gula pasir
1/2 sdt vanilli bubuk
40 gr kopi kapucino instan
1/2 cup minyak sayur






Panaskan oven, set di suhu 200'C. Campurkan telur, vanilli dan gula aduk dengan handwhish sampai rata, tambahkan cappuccino, aduk lagi. Masukan minyak dan kacang, aduk rata. Campurkan tepung terigu dan cokelat bubuk, kemudian ayak, masukan ke dalam adonan, aduk rata dengan spatula. Masukan ke dalam ramekin. Panggang selama 15 menit di rak tengah. Kemudian panggang 15 menit berikutnya di rak bawah dengan suhu 180'C. Dinginkan, sajikan.

Selamat mencoba,semoga bermanfaat...

Salam,



14 comments :

  1. Kulit manggis sekarang ada extrak nya yaaa hahaha, Aku blm perna nyobain kacang merah di buat brownies tapi aku demen ama es kacang merah manado :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. es brenebon ya?eh bener ga ya nulisnya hihi...
      penasaran deh, lain kali mau bikin juga aaaaah.....

      Hapus
    2. Ciusan bunda, enak banget lho. Tapi ada lagi yg bikin aku jatuh hati ama kacang merah yaitu SOP kacang merah nya Texas Fried chicken. Sekali2 bikin resep nya dong ntar aku bikin di rumah #Nyontek

      Hapus
    3. Percayakah nanda, kalo si bunda ini tak pernah ke Texas.. ?
      silahkeun nyinyir
      hahahha....

      Hapus
  2. Kmana aja mamiih? Ternyata lagi mudik toh..
    *comot bronisnya satu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem mbak Oki, mudiknya baru sekarang hihihi... ini poto yang kapaaan gitu.... sekarangmah udah inggal kenangannya aja wkwkwk

      Hapus
  3. Hmmm.... sayangnya hanya tinngal cerita dan kenangan sajah...


    *nunduk

    BalasHapus
  4. rebo nyunda
    mun kemis nyandung
    haha

    BalasHapus
  5. mantap banget nih kayanya brownies kacang merahnya, apalagikalau ditemenin sama kopi susupanas...ehmmm...

    BalasHapus
  6. Teh Ayu,
    saya sudah coba resep brownies kacang merahnya..nuhun pisan resepna teh...
    sudah posting di blog juga dan link back ke momylicious...
    sok atuh teh kapan-kapan mampir...lihat hasil resep teh ayu dieksekusi oleh sayah....
    nuhun pisan.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. siaaap nuhun teh Monic tos nyobian resep brownies na hahha...
      meh gampil di follow dl aja ya ku abdi...:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^