Sambal Terasi Goreng

Sambal Terasi Goreng
 Terbuat dari cabe, bawang, gula merah, tomat dan garam...

Assalamua'laikum...
Wilujeng siang...

Enggak bagi-bagi resep sih cuma pengen cerita-cerita aja. Lagian sambel terasi mah emak-emak semua udah pada jago kan? tibang cabe, bawang dan tomat plus terasi terus digoreng terus diulek dicampur sama gula merah-saya kalo bikn sambel terasi pakenya selalu gula merah, lebih enak- dan garam, sedikit kaldu bubuk, kalo suka terus digoreng lagi ampe warnanya matang kemerahan. Kali ini pake cuma cabe merah besar plus cabe kriting aja gak pake cabe rawit. Sengaja biar gak pedes, soalnya si kakang lagi sensi sama yang pedes-pedes jadinya rasa sambelnya cuma anget aja di lidah. Teuteup enak kok, dan udahnya perut aman gak panas dan gak bikin mules hehehe... dan bikinnya sekaligus buanyak banget, ampe dapet 3 jar gitu biar bisa dibekuin. Jadi bisa tahan lama, repotnya sekali, ntar tinggal diangetin... lebih fresh lah pastinya ketimbang beli yang pabrikan...

Nah lho katanya mau cerita malah ngalor-ngidul. Oke, pas kemarin pulang mudik itu, blenger juga kan ama menu-menu lebaran. Sebenernya saya sih seneng-senneng aja makan daging tiap hari tapi masalahnya gak bagus buat kesehatan kan, jadi buru-buru muter ke menu yang lain. Dan saya pilih menu masakan sunda aja buat seminggu ini.


si pete ikut mejeng, kalo jengkol dan kawan-kawan tak umpetin, soalnya terlalu sexy untuk diumbar hahaha

Dimulai dari hari kedua setelah mudik. Ya ampyun ternyata gak ada tukang sayur yang jualan. Sebelum nyampe rumah, sebenernya kita sempet mampir dulu ke supermarket buat beli sayuran, tapi ternyata sayurannya pada kuning gak ada yang segar. Jadi kita gak beli sayuran di sana. Besoknya ke pasar aja deh. and.... guess what?  nyampe pasar, kalap-sekalap kalapnya hihihi... ini itu segala dibeli maklum, jarang ke pasar jadi heboh belanja. Bagasi ampe penuh hehhe... biarpun becek, tapi tidak mengurangi sedikitpun keceriaan shoping di hari itu.


Sambal Terasi Goreng

Menu pertama yang saya buat adalah, teri goreng dan telur daddar doang, itu yang sebelum belanja yah, seadanya di kulkas. Nah hari berikutnya setelah belanja saya bikin teri goreng manis, pake kacang plus tempe goreng, karedok  dan telor dadar. Hari berikutnya, nasi pepes bakar isi teri, cabe hijau dan pete.... dimakannya sama karedok, tempe goreng dan tumis jamur merang.... kebayang donk yaaa.... Untuk menu hari ini, lebih simple, nasi putih pake telor dadar, sambel terasi dicocol jengkol muda... haha... kalo saya skip jengkolnya karena gak doyan jengkol mentah.



 


Terus sayurannya dimasak apa? tadi katanya beli-beli sayuran... wah kalo sayuran sih gak dimasak, saya makan mentah dibikin smoothies, jadi gak perlu diceritain lha yah...pokoknya ah, sedapnyaaa.... hilang sudah semua penat kalo makan masakan Sunda itu hihi... karena saya kan orang Sunda asli, suami juga sama jadi favoritnya pasti masakan-masakan Sunda lah... Kalo temen-temen gimana, udah bisa move on dari menu-menu lebaran?:D


Salam,



8 comments :

  1. wuidiih..mantebb sambelnya *lap iler*, dimakan pake nasi anget ama tempe goreng juga udah nikmat bgt ituh
    disini masih menu lebaran >.< sesi kedua ceritanya, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. weleeeh mau donkkkk...
      ini juga ngidam kupat lagi niy... kan kemarin mudik ke rumah mertua menu nya gak cocok, jadi pengen bikin menu lebaran jilid 2 deh rasanya hahha

      Hapus
  2. Ayuuuu.kangeeen mampir sini.ternyata udh byk yg terlewat.makin keceeeh tetep ya. Taqabalallahu minna wa minkum ya.maaf lahir batin sebelumnya.

    Aq udh moven on dr h+2 malahan. Sayur bayem jagung.soalnya makan tupat+opor dkk nya udh dr h-1 lebaran.jd wes blenek. Iya ih sambel terasi emg paling sedap. Aq smpe langganan terasi dr surabaya titip art klo pas pakdenya kesana. Ni stok lg habis,huhu.sediiih deh. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mbak Ridha kemana ajeh huhu kaclepnya lama bangeedd...
      sama2 mbak, maapin jg yaa...:)

      huahhaha sama donk, segera setelah pulang mudik di H+1 udah langsung menunya ke ikan teri hihihi....
      eh sama dink, aku jg kalo terasi gak suka yang dijualan merk2 yang ditipi itu lho bau nya ampuuun... aku lebih suka terasi yang dari Jawa lho mbak, rasanya mantep, aromanya nggak bikin klengeer..:)

      Hapus
  3. sambel model gini kesukaan ade iparku terbontot nih teh, pernah wkt mau bali ke pesantren, dia malah minta dibiinin sambel terasi goreng, dan gak basi sampe lebih dari seminggu tanpa di kulkasin...

    jadi sekali bikin langsung banyak, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgt emang tahan lama.... jadi sekali bikin bisa nyetok banyak:)

      Hapus
  4. Sambel kok pake gula merah sech ??? Jd manis dong ??? Aku ngak sukaaaaaaaa

    Aku demen nya sambel itu fresh langsung dari cobek. Emak gw jago banget bikin sambel cuman dari cabe rawit + bawang putih + minyak panas dikit trus makan nya pake ikan asin tahu tempe goreng ... Hmmm sadappppppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda lah mas yang onoh pan namanya sambel goang, kalo sambel goang emang gak digulain.. biasanya langsung disajikan, langsung dihabisin. Nah kalo ini sambel terasi goreng umumnya selalu digulain... dan memang bisa disimpen lama kalo difreeze...^^

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^