Baked Rice A la Risoto...

Baked Rice A la Risoto...


Assalamua'laikum...
wilujeng wengi...

Pagi tadi saya "tertjengang" ketika mendapat komentar dari salah satu pembaca momylicious, mengenai sikap boycott saya terhadap produk2 izrahell yang berafiliasi dengan zionist. Sebenarnya saya udah nulis panjang lebar, tapi saya pikir nggak bijak juga kalo semua hal harus ditanggapi. Maka tulisannya saya keep dulu... selama orang masih berkomentar wajar dan tidak melampaui batas, tak usah jualah terlalu heboh ditanggapi. Jadi,  dengan tetap ceria kayak biasa mohon maaf bagi fans saya yang tertjintaah ini jika komentarnya saya delet. 

Saya bukan tipe orang yang senang berdebat, sementara,  hal yang disampaikan oleh komentator tertjintah ini, sepertinya akan memicu perdebatan panjang lebar. Jika sesuatu ada manfaatnya, maka cukup ambilah itu sebagai sebuah pelajaran, tetapi jika lebih banyak mudhorotnya, lebih baik tinggalkan. Kedewasaan kita juga ditentukan dari bagaimana cara kita bersikap. Dan salah satu sikap terbaik seorang muslim adalah kesantunan, ya kan mak?*kedip-kedip... menahan diri dari sikap mencela dan meninggalkan hal-hal yang tak bermanfaat menurut saya lebih baik ketimbang "saling berbalas pantun" di kolom komentar... Sekian dan terima kasih...*eh....
Resep mak resepppp....

O iya hampir aja lupa...!*pura-pura...
Jadi beberapa hari kemarin di grup Fb NCC sempet heboh kan tuh Risotto ala Teh Nicke... duh jadi kepengen ya bok... biarlah saya ini dari kampung, tapi syapa tau makanan ala bule ini cocok pula di lidah saya. Jadi saya pun terkena demam nasi panggang a la Risotto. Meski secara keseluruhan resepnya saya karang-karang sendiri, karena resepnya yang dari teh Nicke tidak begitu detil...*tapi, nuhun pisan nya teh... atas inspirasinya. Terus, risotto itu apaan ya mak? ah... mosok sih pada gak tau... risoto itu pan cuma risol, ama soto...*whaaattt??? kalo ada chef Juna disini pastilah saya akan dibilang foodblogger paling sesat dijagat raya... *diketok ulekan...

Risotto merupakan hidangan yang biasanya terbuat dari beras Arborio khas  Italia. Beras ini butirannya cukup besar dibanding beras lokal. Teksturnya mirip-mirip kayak nasi yang biasa digunakan untuk membuat nasi goreng. Pengolahan Arborio, cukup setengah matang, karena kalau matang justru akan menjadi lembek ketika diolah kembali. Nah Risotto ini, merupakan salah satu sajian yang cukup fleksibel, artinya, bisa dihidangkan baik itu sebagai pembuka atau pun sebagai sajian makanan utama. Begitu juga apabila dilihat dari bahan yang akan digunakan dalam memasak risotto, cukup flexibel karena bisa dikombinasikan dengan udang, daging, cumi atau pun ayam. Meski begitu,  risotto adalah sajian yang cukup sederhana sebenarnya, bahkan hanya apabila memakai bawang bombai, minyak zaitun, garam dan bawang putih saja sudah bisa disebut risotto. Tapi tentunya, demi meningkatkan nilai gizi dan memperkaya cita rasa dari risotto, maka kita pun bisa menambahkan aneka daging dan seafood, bahkan aneka sayuran ke dalamnya.*tapi jangan coba-coba pake jengkol deh ya... kebangetan....



Baked Rice A la Risoto...



Untuk jenis sayuran yang biasa ditambahkan pada risotto, umumnya yaitu jamur, asparagus atau pun wortel. Jamur yang biasa digunakan adalah porcini atau pun campignon. Sementara itu, bagi yang senang bereksplorasi lebih lanjut demi memperkaya cita rasa risotto, boleh juga ditambahkan keju dan mentega. Hanya saja, apabila ingin menambahkan keju, sebaiknya tidak memakai lebih dari satu jenis keju, karena itu akan merusak citarasanya. *Selain juga merusak dompet kita ya mak... kiju-kiju-an pan lagi mahal sekarang...

Ada tips-tips khusus untuk membuat risotto yang super lezat dari salah seorang chef yang ahli dalam bidang per-risottoan, Chef de Cuisine Lobo Mariano Liuzza. Berikut adalah ringkasan tips-tipsnya yang saya sarikan dari okefood.com. Pertama,  semakin lama memasak risotto justru semakin bagus, karena bumbu akan lebih menyerap sehingga cita rasa risotto lebih enak. Kemudian, masaklah bawang bombay dan bawnag putih dengan api kecil dan jangan sampai gosong. Selanjutnya, tembahkan kaldu ayam untuk membuat rasanya lebih gurih. Tips lainnya adalah, beras yang akan digunakan untuk memasak risotto, sebaiknya tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Karena salah satu kunci kelezatan dalam membuat risotto adalah air tajin dari beras tersebut supaya nasi tetap creamy. Well... panjang sih sebenarnya, jadi kalo temen-temen penasaran pengen nyoba risotto versi asli a la chef Italia ini, sila click ke link berikut  aja ya mak... capek bin pegel nih ngetiknya... 

Nah sekarang minimal udah ada gambaran kan tentang risotto... kita kembali ke topik bahasan kita, inget ini baked rice a la Risotto, jadi bukan risotto macam yang saya sebutin di atas... ini mah risotto jadi-jadiannya... cuma numpang nebeng keren nama aja, aslinya mah cuma nasi panggang biasa kok hihihi...  Biasalah memanfaatkan nasi sisa kemarin. Jadi ini thu cuma nasi, dicampur telur kocok, ama susu dan keju terus pake tumisan bawang bombay, paprika and wortel, dikeprulin garem, parsley dan oregano dikiit *biar aromanya ada ala-ala italianonya... terus atasnya dikasih saus putih! aseli cuma gitu dowang.... kyaaa... beda banget yah ama risotto versi yang onoh hihi...

Hasilnya? gurih pemiarsaa... kayak apa yah, ya gitu aja kayak nasi panggang. Jadi mirip-mirip kayak skutel, cuma ini versi nasinya, ya.. overall anak-anak suka lha ya, gak ada yang nyinyir komen gimana gitu... teuteup dibilangnya..."ehm... enak mam"! so...? anak-anak puas... saya puas... jadi gak masalah meski ini jejadian, toh rasa lapar dan selera anak-anak saya sudah terpuaskan... heheh...*mencari pembenaran...


NASI PANGGANG A LA RISOTTO

Baked Rice A la Risoto...







250 gr nasi
100 ml susu cair
1/3 sdt garam
2 btr telur, kocok lepas
Keju parut [sesuai selera]
Parsley+oregano, sedikit saja
1/2 buah wortel, potong kotak kecil
1 buah bawang bombay, cincang
1 sdm tepung terigu
1/4 buah Paprika kuning dan hijau, potong kecil-kecil
1/4 sdt merica bubuk
1 sdm margarin untuk menumis


Saus putih
200 ml susu cair
1 sdm tepung terigu
1 sdm butter
Keju secukupnya
garam






Saus putih:
Masukan butter, tambahkan tepung terigu, aduk cepat hingga tercampur, masukan susu. Tambahkan keju dan garam. masak hingga mengental. Cicipi. Matikan kompor.


Tumis bawang bombay dengan api kecil hingga harum, masukan wortel, orak arik hingga wortel layu. Tambahkan paprika, masak sebentar saja, matikan api. Sisihkan.

Kocok telur dengan garam dan merica. Masukan ke dalam nasi, aduk rata dengan keju parut dan tumisan bawang wortel, tambahkan parsley dan oregano, aduk rata. Masukan ke dalam pyrex atau ramekin. Tuang saus putih di atasnya. Taburi dengan paprika dan keju serta sedikit oregano dan parsley. Panggang di suhu 170' C selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang. Sajikan hangat.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. eleuuh...eleuuh si teteh, untung ga sampe terjengkang. Hahaha.... #Emma#

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak donk, kan pake wedges anti badai 8kg, tibang yang begituan mah, masih bisa ditangkal wkwkwk....

      Hapus
  2. Dari penampilan nya mirip skutel banget tp kalo di resto2 yg suka aku liat tuch bentuk nya beda coz butiran nasi nya masih ketara banget ;-)

    Eh tapi tapi aku tak suka risoto, menurut gw aneh rasa nya. Enakan naso bakar belakang gedung sate ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pan itu mah pake arborio ini mah beras lokal mana nasi sisa pulak, jadi udha gak jelas bentuknya wkkw...

      Hapus
  3. Heeeeyyyy.... lihatlah papan itu...
    Baru ya jeung....?

    (Mengandalkan pandangan mata... pdhal blm mbaca tulisannyah...)

    *kirimin dong

    ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak....
      udah pernah dipake pas pemotretan kaastengels egless kemaren..:)
      apanya yang dikirimin? papannya? beli aja, udah ada yg jualan kok...hihihi

      Hapus
  4. Ditempatku susah cari Parsley, oregano sama paprikanya. Kalau paprika bisa diganti cabe besar nggak mbak. Trus parsley sama oregano diganti apaan ya. Btw, aku tinggal di kampung. Susah cari yang aneh2 gitu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak usah pake yang begitu2 kalo gak ada, jgn dibikin susah, seadanya ajah hehehhe....

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^