Rendang

Rendang
 Daging sapi yang dimasak bersama santan aneka bumbu dan rempah, bercitarasa pedas gurih...

Assalamua'laikum...
Wilujeng siang...

Lebaran masih jauh, rendangnya udah dadah-dadaah duluan. Karena lebaran ntar mudiknya ke rumah mertua, jadi menunya itu pasti daging yang dimasak ala semur tapi setengah gulai gitu...soalnya warnanya merah kehitaman rasanya manis agak pedas dengan aroma rempah yang tajem, entah itu disebutnya apa, pokoknya itulah... sementara saya, selalu yaaaa, gak bisa diganti pake opor, semur atau yang lain-lain  harus dengan menu rendang. Tapi males juga kalo harus masak di rumah mertua, kan dah ada bibi yang masakin... hehehe...*mantu aleman* jadi sekarang aja lah, bikin rendangnya... mumpung lagi lampu merah shaum-nya, jadi gak begitu riweuh ini itu...

Bikin rendang ini lamaaa banged bok.... start jam 10, prepare bahan-bahan plus belanja itu yah. Nah jam 11 mulai eksekusi di kompor... beres-beres jam 3 sore! gemporrr lah daku ini mak... mak... kata orang, hidup udah susah ngapain dibikin susah, kan ada panci presto, napa make cara panci biasa? no.. no... kalo buat saya bikin rendang itu tetap lebih mantap dengan cara yang lama, dimasak pake api agak kecil, diaduk-aduk pake perasaan... sutil kayu dan lamaaa biar bumbunya bener-bener meresap ke dalem-dalem... iya emang, lamreta bangeeud tapi tak masalah... karena kalo niatnya emang gak mau repot, beli aja di warung padang, gampang kan?*grin



Rendang


Kalo kata mama saya bikin rendang itu kelapanya harus banyak. Untuk satu kilo gram daging, harus pake tiga butir kelapa! banyak banged yah, tapi memang setimpal hasilnya... terus juga masih harus ditambahin serundeng yang diulek sampe halus... nah kalo ini gak pake sayah, gak ada lagi kelapanya heheh... tapi teteup mantap kok. Eh yah, ini rendangnya sudah mengalami penyesuaian dengan lidah Sunda saya yang... ya gitu deh kudu aja dipakein gula kalo masak hahah...  tapi tentunya kalo soal citararasa manis, asem, asinnya silahkeun diadjust sesuai selera masing-masing yaaa.... pokoknya, salam rendaaaang!


RENDANG






500 gr daging sapi, potong kotak, agak tebal
500 gr kentang, kupas, potong 
3 cm lengkuas, geprek
2 tangkai sereh, geprek
4 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun kunyit, sobek-sobek [gak pake, lagi gak ada]
1 batang kayu manis
1,5 liter santan dari 2 btr kelapa
2 sdm bumbu rendang bubuk siap pakai [saya pakai cap pohon mangga, optional ya]
1 sdt garam
1,5 sdt gula pasir
3/4 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
2 biji asam jawa, larutkan dengan air
Minyak untuk menumis


Bumbu yang dihaluskan:
100 gr cabe merah besar
50 gr cabe keriting
10 buah bawang merah
5 buah bawang putih
5 btr cengkih
1/2 sdt ketumbar, sangrai
1/2 buah jintan, sangrai
1/4 sdt adas, sangrai
3 btr kemiri
2 ruas jari kunyit
2 ruas jari jahe





Tumis bumbu yang dihaluskan bersama dengan bumbu rendang siap pakai sampai benar-benar matang dan harum. Masukan daun salam, sereh, daun jeruk, daun kunyit, lengkuas dan kayu manis. Tambahkan daging, aduk-aduk hingga daging mengeluarkan sedikit air. Masukan santan tidak usah semuanya sebagian saja dulu. Masak hingga mendidih dengan api kecil. Apabila kuahnya telah menyusut, masukan lagi sisa santan, masak hingga daging empuk. Tambahkan kentang. Tambahkan gula, garam, merica, air asam dan kaldu bubuk. Masak daging hingga benar-benar empuk dan santannya mengeluarkan minyak, cicipi. Pas kan rasanya dengan selera masing-masing. Sajikan dengan nasi hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. Heummmmmm....enakkk..ada rendang disini,culik ah bt buka puasa ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh bangeet soalnya yg mkn cuma sndriri heheh

      Hapus
  2. Satuju pisan lah... panci presto saya juga keseringan Tapa Brata di rak...
    Kalo gak kepepet bgt mah ga pernah dipake... ngaruh banget ke rasa ya jeung...

    Kalo aku masih punya dapur kayu bakar teh... kalo masak yg lama2 gini ya meluncur ke dapur itu... (Pawon nama populernya)

    Hahaha... ibuku jg lebih suka yg tradisional segala macemnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku jg pengen tuh dapur yang ada hawunya... resep jiga na nya...:D

      Hapus
  3. wah kayaknya enak, jadi pengen bikin.
    Dulu sih ibuku pernah bikin tapi gak lihat caranya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh... ya rendang mah direbus aja pokoknya...hehe hayuuuk teh cobain:)

      Hapus

  4. hebat ih teh ayu, rajin masaknya
    klo saya suka makannya tapi ga suka masaknya..luaamaaa.. T_T eh alhamdulillah kemaren dikirimin rendang sama temen yang orang minang, langsung deh masuk ke freezer buat lebaran.. :D
    ah, bruntungnya sayah.. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarang2 kok heheh karena lama itu tadi suka males juga sih heuu...
      waaah mau lah yang asli bikinan orang minang pasti lebih nendnag tucchhh...

      Hapus
  5. Kira kira pas nambahin kentang brapa lama ya sisa pemasakannya. Hehe kalo kelamaan ntar pecah itu kentang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mbak, jika khawatir pecah masukinnya terakhir terakhir aja kira kira 15 menit menit rendangnya mau diangkat

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^