Nastar

Nastar
Cookies dengan isian selai nanas...

Assalamua'laikum...
Wilujeng wengi...

Ampun deh ini mata udah lima watt nih pemirsaaah... kecapean kayaknya abis ngeguling-guling adonan nastar... padahal bikinnya cuma seuprit... tapi efeknya bener-bener dahsyat...jadi ngebayangin itu kalo bakuler yang nerima pesanan ampe puluhan atau bahkan ratusan toples, apa kabarnya ya? saluuuut deh... kalo saya mah bisa-bisa gemporrr berat pasti-nya hihihi.... Jadi inget dulu suka iseng bikin nastar gulung terus saya bawa tuh ke sekolahnya Kirei buat diicip emak-emak disana... pada heboh donk pesen gitu... tapi selalu saya tolak...hehehe.. sampai saat ini belum kepikiran buat jualan... saya orangnya moody, gak bisa dipesen-pesen, saya cuma mau bikin makanan yang saya ingin bikin, bukan yang dipengen orang lain, kecuali suami dan anak-anak.. mereka prioritas utama pastilah apa aja dibikinin...

Nah ini adalah salah satu varian resep nastar dari momylicious. Dulu perah kan dibikin yang versi pake susu kental manis, terus yang pake keju... yang ini pake juga sih keju,tapi cuma dikit. Bedanya kalo yang ini lebih lumer dimulut... nggak tau, pokoknya lagi pengennya aja model kayak gini, padahal biasanya nastar favorit saya versi yang ini nih... udah pas banget menurut saya. Tapi yah, hidup kan harus ada variasinya, bosen juga kalo gitu-gitu ajah... hehhe...


Nastar


Nastar ini hasilnya memang persis seperti dugaan saya. Rapuh, lumer di mulut. Atasnya agak pecah karena olesannya saya tambahin susu bubuk agak banyak. Itu yang pecah cuma olesannya ya, dalemnya sih nggak. Padahal manggangnya udah di suhu rendah, dan ngoles kuning telurnya udah diakhir-akhir tapi teuteup aja pecah-pecah. Jadi, kalo pengen mulus cukup kuning telur dan madu saja buat olesannya yah... Rasanya? ya enaklah... cuma sayangnya itu selainya kemanisan deh... heheh..


NASTAR

Nastar





150 gr butter
100 gr margarin
300 gr tepung terigu
50 gr keju cheddar, parut halus
3 kuning telur
1/2 sdt vanill bubuk
70-75 gr gula halus
3 sdm susu bubuk
Selai nanas secukupnya, bentuk bulat bulat


Olesan
3 kuning telur
1 sdm susu bubuk
1/2 sdt minyak goreng
1/2 sdt air






Kocok margarin, butter, vanilli, gula dan keju, sebentar saja, asal rata. Masukan kuning telur, kocok lagi sebentar. Matikan mixer. Masukan terigu, aduk rata dengan spatula. Jika terlalu lembek simpan sebentar di lemari es. Jika teksturnya sudah pas, adonan siap dibentuk. Ambil sedikit adonan, beri isian kemudian bulatkan. Tata di atas loyang, beri jarak. Lakukan sampai habis.

Panggang nastar di suhu 140'c [atau kurang]. Apabila sudah setengah matang, keluarkan dari oven, oles dengan bahan olesan. Panggang lagi. Ulangi proses pengolesan jika perlu. Panggang hingga matang. Keluarkan dari oven, tata di atas rak kawat. Apabila sudah dingin simpan di dalam toples.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



4 comments :

  1. Kalo saya yg mesen bisa gak ceu...?

    Nastar ini juga rikwesnya si neng tiap lebaran....
    Rempong ya bikinnya bo...
    Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bolehlah buat teteh mah apa sih yg nggak hihihi...

      Hapus
  2. yaaah...teteh, pemirsaaah udah nunggu dengan sabar kenapa cuma nastar yang nongol. Kagak ada yang baru? cemunguuud teteh.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahaha..pemirsa kecewa huhuhu maaf bahan2nya blm lengkap jadi kukerrnya yg biasa aja dl heuheu...
      #Eaaa teuteup cemungut kakak...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^