Es Kopyor Imitasi

Es Kopyor Imitasi
Agar-agar yang dimasak dengan santan dibentuk menjadi lembaran-lembaran tipis, kemudian disajikan dengan sirup dan es batu...


Assalamua'laikum...
Wilujeng siang...

Yang haus...yang hauss...*eh... ?
Pasti dah pada hafal kan kenapa disebutnya es kopyor imitasi? karena kelapa yang dipakainya cuma kelapa jejadian alias kelapa sintetis. Bahannya terbuat dari agar-agar yang saya tambahkan juga sedikit jeli bubuk untuk membuat teksturnya lebih kokoh, lalu dicampur santan dan gula kemudian dimasak hingga mendidih seperti halnya membuat agar-agar. Selanjutnya agar-agar ini dituang sedikit-sedikit di atas sebongkah es batu dan air es, hingga membentuk lembaran-lembaran yang tipis mirip seperti lemabaran kelapa muda. Tapi tentu saja ini cuma kelapa muda bohongan heheh... 

Rasanya? jauh lebih enak yang asli pastinyaaahhh.... tapi kalo sedang kepepet dan gak punya apa apa untuk ifthor, lembaran-lembaran kelapa imitasi ini bisa  menjadi salah satu alternatif untuk sajian berbuka. Kayak saya kemarin... karena gak sempet belanja ini itu jadi memberdayakan bahan-bahan seadanya di dapur. 



 Es Kopyor Imitasi


Es kelapa kopyor imitasi ini saya campurkan juga dengan kolang-kaling yang sudah direbus bersama air gula. Untuk melengkapi rasanya supaya lebih nonjok, penyajiannya pakai sirup coco pandan jadi tambah seger. Kalo menurut anak-anak dan suami sih enak, kalo menurut saya...yah.. biasa aja, karena saya memang nggak begitu suka es heheh...

ES KOPYOR IMITASI






Bahan Kopyor
2 bks agar-agar putih [sekitar 14 gr]
1/2 sdt jeli bubuk plain
1000 ml santan 
100 gr gula pasir
40 gr SKM 
Vanilli bubuk/ daun pandan


1000 ml air es [matang]
2 bongkah es batu
Sirup coco pandan
Susu Kental manis, sesuai selera



Campurkan semua bahan kopyor, aduk rata. Rebus hingga mendidih terus aduk jangan sampai santannya pecah. Matikan api. Angin-anginkan sampai uap panasnya hilang. Siapkan air es dan es batu di dalam wadah. Tuang larutan bahan kopyor di atas es batu sedikit-sedikit dengan sendok sayur hingga membentuk lembaran-lembaran  tipis. Lakukan sampai habis. Tuang sirup coco pandan dan SKM. Langsung sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



21 comments :

  1. Kakak ... ini emak gw suka bikin kalo buat buka puasa, biasa nya mmg sama dikasih kolang kaling. Aku juga bisa bikin lho, dulu waktu kecil kita suka bikin gantian kalo puasa

    BalasHapus
  2. Masya Allah..segerr bgt kyana nih, jadi pengenn T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. slurrrrppppp....
      *lho?
      hihihi...
      gampang kok bikinnya mbak..:D

      Hapus
  3. Sering mbikin sejak masih kuliah duluu... Hehehe

    BalasHapus
  4. Dulu pernah liat di acara tipi bikin resep ini. Seru liat agar2 yg dituang di es nya itu lho... ^_^_^

    Saya minta boleh ya mamih...?

    *kedip2....

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleeh masih ada tuh soalnya kita menunya ganti jadi salad buah, jadi kopyornya dianggurin :(

      Hapus
  5. salam kenal mbak ayu...
    mbak, boleh tau beli gelasnya itu dimana ya ?
    mupeng mbak, nyari nggak nemu di Smg, hiiiks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam mbak...
      perasaan udah kenalan deh heheh...
      itu saya beli di Griya, harganya 18 ribuan. Tapi di Griya juga musiman kadang ada kadang jg nggak. tapi kemarin2 saya pernah liat yang jualan gelas gini di grup FB NCC, coba aja tanyain ke ibu2 disana barangkali stoknya masih ada, biasanya di grup tsb jualannya hari kamis mbak...:)

      Hapus
    2. Gelas itu aku pernah liat tp ga jd beli, ga tau kenapa. Harga satuan Rp.11rb, kalo setengah lusin malah Rp. 63rb...

      Padahal cakep ya... jadi pgn beli deh...

      Hapus
    3. aku pernah nitip beli temen di jokja, harganya 50rb/biji mbak...
      kalau Griya itu di Jkt atau Bdg mbak ? siapa tau deket sama rumah sodara bisa nitnip, hehehee....

      harga segitu dimana itu mom Lina ?

      Hapus
    4. teh Lina: ada tulisan golden harvest-nya gak di depannya? tulisan timbul gitu... soalnya yang beginian emang rada mahal sih dibanding gelas biasa...

      Mbak @Dwee, kalo 50rb kemahalan kayaknya mba. Griya di bandung mbak heheh... tapi tiap griya suka beda2 stock barangnya...

      Hapus
    5. sayang... di Smg nggak ada Griya teh Ayu , ga punya sodara juga di Bdg, hiiiks....

      Hapus
    6. saya kemarin sempet gugling di tokopedia ada yang jual mbak...
      kalo di griya itu musiman kadang ada, seringnya sih jarang ada heheh

      Hapus
    7. saya males beli di toko online mbak, apalagi yang nggak kenal, heheheee...
      sementara saya cuma mengagumi gelasnya mbak ayu dulu aja, hiiikss....

      Hapus
    8. oo gt? heheh...
      ya sudahhh monggo diliatin saja:D

      Hapus
  6. waah seger banget tuh ya sepertinyaa

    BalasHapus
  7. aku bikin ini juga beberapa hari yang lalu tapi gagal karena kecepetan ngaduknya pas dimasukan ke es batu dan es batunya juga kurang cuma ada es batu kecil2 di rumah jadi deh es kopyor hancuuur hehehe tapi tetep enak sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga awalnya gitu teh, ternyata selain krn faktor es batu jg karena kurang agar2nya... ^^

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^