Bacem Ayam

Bacem Ayam
 Ayam yang diungkeb dengan bumbu bacem...

Assalamua'laikum...
Wilujeng wengi...

Beberapa hari dalam seminggu belakangan banyak banget drama yang terjadi disekitar kita ya... ada perang argumentasi seputar capres di sosmed, pemilu, dilanjut drama "quick count yang tertukar" dan terakhir, tragedi kemanusiaan di Gaza... Allohu robbi... pediiih rasanya kalo liat berita-beritanya. Teman, jika memiliki kelebihan harta, sudilah kiranya mendonasikan sebagian kecil dari harta yang kita miliki untuk saudara kita disana,  atau kalopun berat dengan itu, panjatkanlah sebait doa untuk mereka... meski apa yang kita lakukan itu  nampak kecil, namun besar artinya bagi mereka...

Berhubung aneka peristiwa yang terjadi dalam seminggu belakangan itu, saya sampai tak sempat ngapdet blog. Sibuk mantengin berita baik kabar dari luar maupun dalam negeri sendiri. Sekarang lagi iseng aja, sayang ada poto ayam yang nangkring belum ke publish. Padahal ini cuma bacem ayam tapi yaah... brangkali bermanfaat kan ya, bosen dengan aneka olahan ayam goreng yang biasa, bisa tuh dicoba dibikin bacem kayak gini... citarasanya manis-manis gurih.

Resepnya nggak begitu belibet, gak pake air kelapa meskipun saya yakin kalo pake air kelapa pasti rasanya lebih nampol, tapi karena gak ada pake air biasa aja. Bumbunya juga cuma bawang merah dan bawang putih ditambah jahe dan gula garam. Udah gitu aja.... gak pake ketumbar sama sekali. Kenapa? nggak kenapa-kenapa sih, gak pengen aja, kalo temen-temen suka, ya silahkan tambahkan sesuka hati. Oo yah poto ayamnya masih dalam kondisi belom digoreng yah karena masih siang. Dan supaya bumbunya terasa lebih meresap simpan di dalam lemari es selama semalaman. Jadi kalo untuk disajikan sebagai menu sahur, bisa dibuat dari siangnya. Jadi nanti tinggal goreng aja. Eanaaak, rasanya kayak gepuk, versi ayam tapi....^^



BACEM AYAM

Bacem Ayam






500 gr ayam, potong-potong
3 lembar daun salam
1/2 sdt kaldu bubuk
50 gr gula merah, sisir halus
1/2 sdt gula pasir
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
Air untuk merebus secukupnya
3 biji asam jawa, larutkan dengan sedikit air


Bumbu yang dihaluskan:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih 
2 ruas jari jahe
2 btr kemiri




Campurkan ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Masukan ke dalam wajan, tambahkan air, kemudian rebus. Masukan gula, asam, garam, kaldu bubuk. merica dan daun salam. Masak hingga airnya menyusut dan ayam menjadi empuk.  Matikan api. Angkat, dingingkan. Simpan dalam lemari es hingga saat akan digoreng. Gunakan api sedang cenderung kecil saat menggoreng, karena memakai gula jadi lebih cepat gosong.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...


Salam,



13 comments :

  1. aku biasanya kalo bikin bacem malah sekalian teh, tahu tempe sama ayam dicemplung sekaligus, hhihihihih. Bikin banyak sekalian buat stock, maklum emak pemalas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...bener mbak praktisnya sih gitu. Sayang adanya cm ayam:D

      Hapus
  2. Teteh ga bikin cookies. Udh deket lebaran. Ditunggu resep cookies yg baru ya teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udaaah... cuma belon diaplod ajah, sabar ya pemirsa hahhahaha....

      Hapus
  3. wuiiii mantapnyaaaa

    Salam
    http://www.puribalirentcar.com

    BalasHapus
  4. I liked the article for the first ves I walk here on this site with a very good article and relevant

    Regards
    http://www.medanonecarrental.com

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^