Broketem Pisang Panggang

Broketem Pisang Panggang
 Brownies super cepat yang terbuat dari ketan, coklat bubuk, pisang, telur dan gula...

Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing...

Holla again...
Postingan kali ini mau kilat aja. Berhubung sedang dalam kondisi gawat darurat, jadi fakir quota yang menyedihkan, makanya gak bisa ngalor ngidul panjang-panjang. Cuma pengen berbagi resep brownies pisang ketan hitam yang super....! super cepet dan super enak, at least menurut saya...

Brownies ini dibuat dengan bahan yang serba minimalis. Soalnya pembuatan brownies ini hanya memanfaatkan aneka bahan sisa aja. Cerita bermula ketika beberapa waktu lalu bikin gemblong ketan item, dan ketannya nyisa sebanyak 50 gr, nanggung amat, tapi sebagai emak-emak yang cermat dan efisien*erkhhh... tak ada alasan untuk mati gaya, meski dengan bahan yang seadanya. Jadi, tercetuslah ide bikin brownies praktis a la saya yang cuma diludek-ludek tanpa mixer, tanpa pengembang, irit telur dan tanpa DCC! Tapi, meski demikian tak perlu khawatir soal rasa... bagi mereka yang senang dengan brownies bertekstur basah dan penggila ketan hitam, pasti menemukan sensasi baru dari broketem pisang panggang ini. Aroma pisangnya dapet, tekstur ketannya juga masih ada... dan coklatnya juga masih kerasa di lidah.

Brownies ini lebih sedap jika disajikan dingin [suhu ruang maksudnya], atau setelah diinapkan semalam. Karena seperti halnya kebanyakan kue-kue berbahan ketan hitam, rasa, tekstur dan kelegitannya akan lebih "keluar" kalo sudah disimpan beberapa lama. Menurut saya sih. Dan bagi mereka yang bertanya-tanya bisakah brownies ini bisa dipanganggang di dalam loyang? tentu saja bisa, hanya karena alasan kepraktisan saja saya memanggangnya di dalam ramekin. Kalo pun misalnya temen-temen tak punya ramekin, masukan saja ke dalam mug yang tebal yang kira-kira bisa tahan di dalam oven, itu juga bisa. Tapi kalo memang  mug juga tak ada, loyang pun tak jadi masalah. Pake loyang brownies ukuran kecil saja, karena ini kan cuma sedikit.

Eniwey baswey... sebenarnya, saya tak berharap banyak sama pembaca kalopun gak percaya dengan testimoni saya. Saya mendokumentasikan resep ini, khusus untuk saya sendiri, khawatir lupa atau gimana, yang jelas saya suka sekali dengan brownies ini. Dan soal selera itu kan relatif mengingat orang akan memiliki selera masing-masing soal brownies. Tapi harapan saya tentunya, pemirsa juga suka ....^^


  BROKETEM PISANG PANGGANG


Broketem Pisang Panggang





50 gr ketan hitam
1/4 cup minyak
1/3 cup gula pasir
2 sdm cokelat bubuk
1/4 cup santan
1/2 sdt vanilli bubuk
1 btr telur
1 buah pisang ambon, haluskan dengan garpu plus ekstra untuk topping





Campurkan gula, vanilla bubuk dan telur, aduk hingga rata dengan handwhisk, tidak perlu sampai gula larut semua, asal sudah terbentuk buih keputihan, hentikan pengadukan. Masukan pisang yang sudah dihaluskan dan santan, aduk rata. Tambahkan coklat dan ketan, aduk rata. Masukan ke dalam ramekin, atau loyang yang sudah dialas kertas roti. Kasih irisan pisang di atasnya, bila suka. Panggang selama 20 menit di suhu 180-190'C dengan api atas bawah. Dinginkan, sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



4 comments :

  1. Benar2 emak yg efisien...
    Dan juga cermaaat... hahaha... seperti sayah...

    Huuuuu... itu bunganya romantis banget sih saaay... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...ngaku2 yah diriku heuheuheu...
      memang aslinya kadnag aku jg romantis*preeet

      Hapus
  2. Maauu .... :)
    Eh pasti udah abis ya...

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^