Toppoki [Hot & Spicy Rice Cake] wanna be...

Toppokki
Adonan tepung beras yang dibentuk lonjong memanjang yang kemudian direbus lalu dimasak bersama saus cabai pedas....

Assalamua'laikum...
Wilujeng wengi....

Rebo nyunda sapertos biasa, najan resep na teu nyunda pisan, teu nanaon lah nyobian menu rada aneh heheh... janten ieu teh disebatna teppoki ceunah... dongkap na ti negri gingseng Korea. Salah sahiji jajanan nu kakoncara pisan sanes ngan saukur di negri asalna tapi nepi ka dugi ka taneuh Pasundan. Utamina saatos seueur ditayangkeun film atanapi drama-drama Korea. Tah dina film atanapi drama eta teh tuangeun ieu teh sok aya, nu matak kabita nu ningal... janten weh seureur nu kataji teras mulai raresep kana ieu tuangeun.

Saleresna sim kuring ge nembe nyobian, janten teu patos terang aslina sapertos kumaha ieu toppoki teh. Mung numutkeun kana resep-resep nu aya, teras dimodif saalit,  nya janten kieu tah resep na... kanggo nu panasaran hoyong nyobian oge, mangga diintip we resep na di handap...^^
_______________

Toppoki a.ka. Tteokbokki, adalah salah satu jajanan dari Korea yang kadang saya liat wara-wiri juga di blog temen-temen, cuma baru kali ini aja tertarik nyobain. Dulu pertama kali liat toppoki di drama Princess hour, dan disebutnya kue beras pedas. Di drama yang lain saya gak pernah liat karena saya memang bukan penggila drama Korea, terakhir yang saya tonton itu sekitar setaun yang lalu kalo gak salah judulnya Romance in Pasta, dan sampe sekarang gak nonton-nonton drama Korea lagi. Karena kalo harus memilih, saya lebih tertarik dengan dorama Jepang, yang meskipun kadang suka rada-rada absurd ceritanya tapi suka aja.. heheh, nah lho kok jadi ngebahas drama ya... Soalnya, kalo kita ngomongin aneka macam makanan dari Korea, khususnya toppoki ini, pasti nyambungnya ke drama, karena disitulah kebanyakan berkenalan dengan aneka macam makanan dari negeri gingseng tersebut.



Toppokki


Toppoki ini bahan dasarnya terbuat dari adonan tepung beras yang kalo saya liat dibeberapa postingan, ribet juga bikinnya. Adonannya dikukus lalu dimixer agak lama supaya hasilnya kenyal. Tapi resep yang saya pakai relatif mudah... Resep aslinya dari  Sajiansedap cuma karena jumlahnya buanyak banget, 2,5 kg bo! emang kita mau jualan apa ya... makanya saya sesuaikan takaran jumlahnya dengan kebutuhan. Alias, cuma buat dua porsi ajah. Karena kalo pun pake 1/10 dari resep aslinya, masih kebanyakan kalo untuk saya, jadi ya dimodiflah sesukanya heheh...

Hasilnya ternyata lumayan banyak... kalo untuk dimakan sendiri, bikin kekenyangan. Terus, karena ini pertama kalinya saya mencoba toppoki dan hanya berbekal kira-kira aja, jadi saya sendiri cuma bisa mengira-ngira ya mungkin semacam beginilah rasanya...  Soal enak apa nggaknya? emh... gimana yah... enak sih, pedas agak manis gitu dan asem-asem dikit tapi mungkin karena belum terbiasa jadi rada aneh di lidah saya. Maksudnya, enak cuma bukan favorit aja... dan kalo harus milih antara toppokki  atau cilok, saya teuteup pilih selera lokal, alias cilok aja deh... Untuk bisa menentukan ini enak apa nggak sebenarnya kurang objektif juga sih ya kalo belum nyoba dulu teppoki yang aslinya. Jadi intinya... kudu ada yang ngajakin jalan-jalan dulu ke Korea terus beliin teppoki ini hihi...

TOPPOKI


Toppokki






Bahan cake beras
150 gr tepung beras
20 gr tepung tapioka
20 gr tepung terigu
160 ml air
1/4 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt garam
1/4 sdt gula pasir


Saus
2 sdm minyak untuk menumis
3 sdm saus manis pedas
1 sdt bubuk cabe kering
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
1/2 gelas air
1 tangkai daun bawang, iris halus
Wijen, untuk taburan
3 buah sosis, potong serong memanjang



Bumbu yang dihaluskan
3 buah cabe merah besar, buang bijinya
1/2 buah tomat, buang bijinya
1 siung bawang putih
1 sdt tauco






Cake beras
Campurkan tepung terigu, tapioka, gula, garam dan air, aduk rata. Rebus hingga meletup-letup dan menggumpal, aduk terus, matikan api, kemudian tuang ke dalam tepung beras. Aduk dengan sendok  karena panas, jika sudah agak mendingin, aduk memakai tangan dan uleni hingga rata. Ambil sedikit adonan lalu bentuk seperti gambar di bawah, lakukan sampai habis.



Toppokki


Diamkan adoanan selama 30 menit dengan ditutup serbet. Setelah itu potong-potong dengan panjang kira-kira 5 cm.


Toppokki


Siapkan air mendidih, kemudian rebus adonan cake beras ini hingga mengapung. Masak sebentar lagi, lalu angkat, dan tiriskan. Cake beras siap digunakan.


Toppokki


Saus
Panaskan minyak, masukan sosis, masak sebentar sambil dibolak balik, lalu angkat. Tuang bumbu yang sudah dihaluskan di wajan bekas menggoreng sosis. Tambahkan air, gula, garam, saus dan daun bawang serta cabai kering. Aduk rata hingga mendidih. Masukan cake beras dan sosis, aduk rata, cicipi, paskan rasanya dengan selera masing-masing. Masak hingga mengental. Angkat, sajikan dengan taburan wijen. 

 Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. enakan cilok ya Teh, okelah.... berarti ngga usah ke Korea kalau mau makanan enak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiih leres teh mending nyilok aja di rumah..:D

      Hapus
  2. Anyeong sister...
    Kirain pengantarnya bahasa korea... eh ternyata teuteup wae sunda...he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi aku blank banget kalo bahasa korea mbak..>:D

      Hapus
  3. Mau di coba ya teh... Hehe 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangga teh... mudah mudahan suka ya... kalo sy sih mending cilok aja hihihi

      Hapus
  4. udah di aduk jadi satu bahan cake berasnya di rebus dalam air sambil diaduk?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^