Potato Pancake

Kentang yang diparut kasar, dicampur telur, garam dan bawang putih, kemudian di dadar di atas pan datar...

Assalamua'laikum...
Wilujeng sonten...

Potato pancake ini sepertinya merupakan salah satu makanan yang memiliki sejarah panjang, terutama di Eropa dan Middle East. Bagi orang Yahudi, makanan ini terkait dengan tradisi Hannukah, yang mana selalu disajikan pada saat perayaan tersebut berlangsung. Mereka menyebutnya dengan Latkes. Namun, sejarah potato pancake tidak hanya erat dengan orang Yahudi, tetapi juga dengan tradisi lama bangsa-bangsa di Eropa timur dan Tengah. Bahkan, akibat dari penjajahan Inggris di Afrika, makanan ini juga sampai hingga ke Zimbabwe.

Setiap bangsa yang terkait dengan tradisi potato pancake ini, memiliki penamaan dan penyajian yang berbeda-beda. di Irlandia misalnya, pancake kentang, disebut dengan boxty, dan uniknya pancake kentang yang dibuat disana lebih banyak memakai pati sebagai campurannaya. Lalu, di Polandia, makanan ini dikenal dengan nama Placki ziemniaczane. Pancake kentang  ini terkait dengan tradisi monastik di negeri tersebut karena  telah menjadi makanan pokok mereka selama abad ke tujung belas. Bahkan seorang bernama Stoczek Warmiński pernah menuliskan resepnya secara lebih detail, bahwa pancake ini dibuat dengan menambahkan 2 telur, satu butir bawang merah dan satu sendok tepung terigu untuk setiap satu kilogram kentang yang kemudian disajikan hanya dengan garam dan merica. 

Well pemirsa.... demikian sedikit perkenalan dengan potato pancake...  informasi di atas disarikan dari tante wiki, dan karena bahasa Inggris saya juga tidak begitu bagus, jadi silahkan meluncur untuk mengetahui lebih detail mengenai potato pancake ini, dengan catatan, jika minat..^^





Saya bukan penggila pancake. Tapi untuk yang satu ini, recomended banget... bahannya simple, bikinnya juga gampang, layak untuk dicoba. Penyajian pancake ini sebenarnya bisa disajikan dengan cita rasa manis, atau pun asin. Saya memilih yang asin saja... bahkan dikasih topping cabe bubuk segala... karena saya memang penggila pedas. Salah satu alternatif buat yang bosan dengan pancake yang manis dan bagi yang menghindari pemakaian baking soda atau baking powder [umumnya pancake selalu ditambahin salah satu atau kedua bahan tersebut], karena yang ini cuma dipakein garam dan merica sajah...

Jika menginginkan pancake dengan tekstur kering, buatlah lebih tipis dan dengan minyak yang agak banyak, tapi jangan deep fry ya.. kan ini ceritanya pan cake.. kalo di rendem mah, jadinya perkedel donk... heheh...terus, setelah dimasak, jika kerenyahannya ingin bertahan lebih lama, bisa disimpan di oven dengan mode warm hingga saat disajikan. Kalo saya nggak, karena langsung dihabiskan saat itu juga. 

Dari beberapa resep yang saya gugling, ada beberapa tipe pembuatan potato pancake. Ada yang dibuat dari tepung kentang, kentang tumbuk, atau yang saperti saya buat ini, diserut halus. Begitu juga untuk campurannya, ada yang memakai terigu, ada yang dipadukan antara kentang serut dengan tepung kentang, atau kentang serut saja, tanpa campurang tepung lagi. Saya memilih yang terakhir. Jadi resep yang saya tulis ini, modifikasi saya karena sebenarnya saya pernah sekali membuat potato pancake dan yang dulu pake campuran tepung terigu, jadi kali ini pengen nyobain yang beda dan tujuannya biar lebih kerasa aja kentangnya. Tapi sekali lagi, ini tergantung selera masing-masing ya, silahkan modif sesukanya...

POTATO PANCAKE








1 buah kentang ukuran besar
1 btr telur
1/2 sdt garam [atau sesuaikan dengan jumlah kentang]
1/2 sdt merica bubuk
1 siung bawang putih, parut
4-5 sdm minyak untuk menggoreng





Kupas dan cuci kentang. Siapkan wadah lebar, taruh serbet bersih di atasnya.



Parut kentang di atas serbet. Taburi dengan garam. 
 

Satukan kentang dengan cara dibungkus serbet, supaya airnya terserap kain.


Pindahkan kentang ke dalam wadah lain, campur dengan sisa bahan kecuali minyak, aduk rata.


Panaskan wajan datar, goreng dengan api kecil dan sedikit minyak secara tipis melebar. Bolak balik hingga matang.


Angkat, sajikan hangat

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. Mba, kayaknya enak dan gampang yaah buatnya. Jadi pengeen :)
    Tapi aku belum pernah marut kentang. Pake parutan yang besar ya berarti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem.. simply delicious mbak heheh
      iya kayak parutan keju gt mbak, jangan pake parutan kelapa ntar basah banget jadinya..:)

      Hapus
  2. Aku suka buat nih untuk sarapan, cuman pake pala sedikiit. Kalo aku taunya namanya hash brown potato :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake pala? wah harus dicoba lagi nih... aromanya lebih kaya ya..
      ooough rupanya ada nama baru lagi hash brown potato... oke, catet..!:)

      Hapus
  3. ow...ow....ini sepertinya enak ya...

    sudah saya print mba resepnya tinggal mencoba dirumah ^_^

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. iya ummu kayaknya sih nama lainnya hash brown:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^