Classic Chocolate Torte

Classic Chocolate Torte
Cake coklat dengan tekstur lembut di dalam, namun garing dan retak-retak di permukaannya...

Assalamua'laikum...
Wilujeng Sonten...

Don't be deceived by its ugly appearance... begitu ditulis Happy Home Baker di blognya. Bagi orang Indonesia kebanyakan, cake itu seharusnya nampak cetar membahenol, detox, alias gede montox... berserat halus, dan menul-menul... jadi ketika menemukan cake dengan penampakan memble, pecah-pecah dan nampak padet itu, selalu dikategorikan cake bantet... kayak cake ini nih... padahal sesungguhnya seperti inilah seharusnya default penampakan dari classic chocolate torte... dense, sunken & cracked! atau apabila diumpamakan seperti apa teksturnya ketika dimakan, ini tuh kayak cheese cake. Lembut dan lumer di mulut...

Pembuatan cake ini seperti halnya spongecake, jadi pake metode pisah telur gitu dan dengan pemakaian jumlah tepung yang sedikit, sehingga tidak heran kalo kemudian cakenya jadi turun. Ketika masih di dalam oven, cake ini naik sampai batas loyang kemudian  lama-lama akan menjadi turun dan permukaanya mengering serta pecah-pecah. Ketika di keluarkan dari oven, perlahan-lahan permukaannya akan semakin turun dan cekung di tengah. Jadi, buat temen-temen specialist pembuat kue bantet tidak usah rendah diri,  lewat kue ini lah kita bisa mengeskspresikan keahlian kita, tanpa perlu merasa frustasi karena kuenya memble hehe...



Classic Chocolate Torte


Loyang yang dipakai untuk pembuatan chocolate torte ini seharusnya loyang bulat yang bisa dibongkar pasang. Sayang saya gak punya yang bisa dibongkar pasang itu, adanya yang loyang bulat biasa. Terus loyangnya itu kan harus dilapis kertas baking, nah bagian melapisnya ini yang selalu membuat saya kesulitan di loyang bulat. Ya bisa aja sih kalo maksain cuma jadinya kurang rapi gitu. Jadi biar gampang, saya pakai loyang persegi aja, jadi ketika udah matang kertasnya tinggal diangkat. O yah tinggi adonan yang dimasukan ke dalam loyang tidak boleh melebihi 3/4 loyang ya, soalnya bisa luber.

Untuk takaran gula nya saya ada yang salah baca resep, seharusnya yang dimasukan itu 50 gr saya jadi 90 gr jadinya agak manis sekali. Pantes saja saya agak heran, padahal menurut testimoni yang nulis resep, ini tuh agak-agak pahit, kok punya saya justru agak kemanisan heheh... kurang teliti, tapi sudah saya koreksi, terserah temen-temen sih, kalo memang penyuka cake cokelat dengan rasa manis yang lebih nonjok silahkan tambahkan jadi 90 gr atau ikuti sesuai petunjuk resep untuk rasa manis yang tidak terlalu kuat...^^


CLASSIC CHOCOLATE TORTE
Source: Delicious Magazine via Happy Home Baking
[Resep sudah diterjemahkan suka-suka saya]


Classic Chocolate Torte







150 gr dark chocolate, cincang
100 gr unsalted butter/ margarin
3 kuning telur
20 gr gula halus
30 gr tepung terigu
15 gr cokelat bubuk
3 putih telur
50 gr gula halus [saya salah baca, jadi 90 gr]
Gula halus untuk taburan






Panaskan oven, set di suhu 170'c. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm, yang bisa dibongkar pasang, kemudian taruh kertas baking, olesi dengan margarin [Saya memakai loyang persegi saja], sisihkan .
Lelehkan cokelat dengan margarin dengan cara double boiler. Dinginkan, sisihkan. Campur kuning telur dengan gula, aduk rata. Masukan tepung terigu yang sudah diayak bersama coklat bubuk, aduk rata, sisihkan. Masukan cokelat yang telah dilelehkan ke dalam campuran telur, aduk rata, sisihkan.

Siapkan wadah, kocok putih telur dengan kecepatan sedang sambil dimasukan gula sedikit demi sedikit hingga soft peak, atau hingga membentuk ujung yang runcing ketika mixer diangkat ke permukaan. Matikan mixer. Ambil 1/3 bagian kocokan putih telur campurkan ke dalam adoanan cokelat, aduk rata.

Ambil setengah bagian adonan putih telur, campurkan lagi ke dalam adonan cokelat, aduk lagi, dan terakhir ambil sisa adonan putih telur kemudian aduk semua hingga rata. Pengadukannya dengan cara aduk balik. Tuang ke dalam loyang. Hentakkan loyang beberapa kali untuk membuang udara yang terperangkap di dalam, kemudian Panggang selama 30-35 menit.

Lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangan kue. Keluarkan dari oven, biarkan sebentar, kemudian keluarkan dari loyang, dinginkan di rak kawat, lalu taburi dengan gula halus, sajikan.

Selamat mecoba, semoga bermanfaat...

Salam,



4 comments :

  1. Ini pasti moist and nyoklat banget yah...kapan2 harus dicoba...thanks for sharing recipe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, nyoklat sekali heheh.. saya aja maish kebayang2 itu tekstur dan rasanya... met nyobain ya, mudah2an suka:)

      Hapus
  2. Fotonya makin kereenn Mbaak.... Coklatnya ga nahan niiih.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ummu...
      ini jalan teraman buat motret kalo ga ada ide, pake style minimalis hihi...

      memang rasanya nyoklat bangeeet um..:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^