Caramelized Banana & Cappuccino Crumble

Caramelized Banana & Cappuccino Crumble
 Pisang dimasak bersama gula kamel, kemudian dipanggang dengan taburan cappuccino crumble...

Assalamua'laikum...
Wilujeng siang...


Ini adalah salah satu olehan pisang favorit kita di rumah. Setiap kali abis, pasti minta dibuatkan lagi.  Jadi ide nya dari banana crumble yang dulu saya bikin, tapi dimodif karena gulanya yang ini dibikin karamel dulu supaya rasa dan aromanya lebih nonjok aja sih, baru dicampur dengan pisang, terus bahan crumblenya juga ditambahin cappucino bubuk, supaya lebih wangi. Dan kali ini gak pake tambahan kayu manis bubuk di pisangnya, biar rasanya nggak tubrukan sama aroma cappuccino.

Salah satu alasan kenapa banana crumble menjadi favorit saya, selain rasanya yang enak, juga karena membuatnya relatif mudah, terus penambahan gula-nya nggak begitu banyak. Berbeda dengan aneka cake pisang, atau olahan pisang yang lain yang membutuhkan banyak gula, yang ini cukup 2 sendok makan aja [plus 2 sdm lagi buat bahan crumble], dan itu tuh udah manis banget, dengan catatan pilihlah pisang yang sudah benar-benar matang dan manis seperti halnya pisang ambon, cavendish, atau pisang raja. Kali ini saya pakai pisang raja super matang, yang tentunya sangat manis.


Caramelized Banana & Cappuccino Crumble


Penyajian banana crumble, menurut saya lebih enak ketika masih hangat atau pada saat crumble-annya masih renyah. Rasanya sekilas memang mirip seperti pie pisang, hanya saja dibalik, kalo pie kan kulitnya dibawah, nah kalo ini di atas, tapi ketika masuk mulut sensasinya sama aja kayak makan pie... karena  kalo diliat dari segi bahan kan sama aja komposisinya... lapisan crumble nya dibikin dari campuran gula, tepung dan butter. Jadi kalo temen-temen mau bikin, saran saya, butternya jangan diganti margarin ya, biar gak kehilangan sensasinya itu...^^



Caramelized Banana & Cappuccino Crumble




CARAMELIZED BANANA & CAPPUCCINO CRUMBLE

Caramelized Banana & Cappuccino Crumble









6 buah pisang raja matang [iris agak tipis]
2 sdm gula palem
3-5 sdm air
1/2 sdm air jeruk nipis
 2 sdm kismis
 1 sdm butter


 Bahan Crumble
30 gr butter dingin, potong-potong
3 sdm munjung tepung terigu
1 1/2 sdm cappuccino bubuk
2 sdm munjung gula halus






Crumble
Campurkan semua bahan, aduk dengan sendok hingga membentuk butiran dan beremah, sisihkan

Pisang
Panaskan gula di dalam sauce pan hingga meleleh semua, masukan air, tambahkan pisang, kismis dan air jeruk, aduk hingga rata, masak sebentar atau hingga meletup-letup, masukan butter, aduk. Matikan api.

Siapkan ramekin, masukan pisang, taburi atasnya dengan bahan crumble. Panggang selama 10-15 menit dengan api atas bawah di suhu 180-200'C. Angkat, sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...


Salam,



8 comments :

  1. liat penampakan gambar no. 1 ko' ya ngga tergiur ya, padahal yang namanya pisang, apapun dan digimanain pun saya teh suka banget, malah ada yang bilang saya teh mirip momo...saking hobinya makan pisang....:)
    nah kalau yang no. 2...air liur saya langsung menetes...tes...tes...tes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi.. yang nomer satu masih mentah mang, jelas aja gak minat:D

      Hapus
  2. PIsang yg d masak dg karamel aja dh enak... apalagi d padu dg crumble yang gurih manis gimanaaaaaaa gt...


    Hmmm... pinter teteh...

    *ngerayu level 15

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem.. biasana ge ngerayu2 ujung2nya naksir ramekin heheheheh

      Hapus
  3. Mb, kalo gak pake api atas bisa gak ya? Ovenku gak ada api atasnya. Tks.
    -ida-

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja mbak...
      simpan di rak paling atas aja...:)

      Hapus
  4. Cara setting api atas bawah gmn ya mb? Msh binun..he. sy pake oven cosmos..makasih :)
    -ajenk-

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh... karena kita beda oven, jadi saran saya sebaiknaya membaca manualbooknya aja mbak.. biar gak menyesatkan petunjuknya:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^