Cenil Ubi Kuning


Tepung kanji dicampur dengan ubi dan sedikit gula kemudian dibentuk pipih memanjang lalu direbus, disajikan bersama kelapa parut

Assalamua'laikum...
Wilujeng sonten...

Lagi seneng dengan camilan kue tradisional, kayak yang satu ini nih, cenil namanya... Kalo denger cenil teh jadi suka inget pelajaran Sejarah zaman perang kemerdekaan... hihihi... KNIL itu mah ya...:D. Saya tidak tau pasti tapi kalo di tempat kelahiran saya, Sukabumi, sepertinya kue ini tidak begitu di kenal. Cuma pas dulu ngekost di Gegerkalong Girang Bandung, yang depan Panorama situ, suka nemu yang jualan getuk jiwel, saya yakin banget itu salah satu isiannya cenil. Cenil memang lebih populer di Jawa bagian tengah atau timur [mungkin?] dan penyajiannya tidak hanya dengan taburan kelapa parut kukus tapi juga disajikan bersama dengan saus gula merah serta lopis. Lopis sendiri tidak begitu populer di Sukabumi... kalo leupeut alias buras a.k.a lontong mah ada...*beneran gak ada yang nanya...

Penasaran sama cenil ini waktu kemarin liat postingannya di blog Ummu Fathima, lucu cenilnya ungu-ungu gitu, terus gede-gede. Kalo yang saya bikin ini ukurannya sedang aja terus agak pipih gitu padahal pas dibentuknya sih lonjong meruncing di ujung-ujungnya, mungkin karena adonanya terlalu lembek atau bagaimana yang jelas jadinya pipih gitu.

Cenil versi originalnya gak pake ubi, tapi biasanya dibuat dari tepung kanji atau sagu aja dengan tampilan warna-warni. Nah pemakaian ubi ini boleh dibilang cuma ngasih warna saja, karena kalo dari segi rasa sih gak begitu pengaruh, ubinya gak kerasa, tapi teksturnya tetep kenyal,  dan enak. Sampai-sampai si sulung Kirei, nanya, ini Yupi mom? heheh... Tapi dengan menambahkan ubi ini, [meski cuma sedikit], jadinya lebih aman terutama buat saya yang malas memakai pewarna tambahan dalam makanan yang saya buat. Selain memakai ubi kuning, bisa juga pake ubi ungu kayak yang dibikin sama Ummu Fathima, jadinya lebih cantik... makasih ya ummu resepnya...^^



Kalo dipotonya kayak gini kok jadi ngeri ya...hehhe



CENIL UBI
 Source: Ummu Fathima Simply Cooking & Baking











180gr tepung tapioka [resep asli 225-250 gr tepung sagu tani]
80 ml air mendidih [resep aslinya 130 ml]
50 gr ubi kuning [atau ubi ungu], kukus dan haluskan
40-50gr gula pasir
100 gr kelapa parut [kukus bersama dengan 1/4 sdt garam dan vanilla bubuk atau daun pandan selama 10-15 menit]
Air untuk merebus








Didihkan 80 ml air. Kemudian ambil 1 sdm tepung sagu tani, larukan dengan 3 sdm air biasa, lalu tuang ke air mendidih tadi sambil diaduk cepat sampai kental. Masukkan sisa tepung sagu tani, gula pasir dan ubi  ungu, aduk dengan tangan sampai ubi ungu merata, adonan menjadi kalis dan dapat dibentuk. Ambil sedikit adonan, bentuk sesuai selera. Didihkan air, rebus adonan hingga mengapung dan matang. Angkat. Gulingkan di kelapa parut dan taburi gula pasir atau siram dengan sirup gula merah.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. ngiler lagi nyampe sini,habis kemarin ngiler cenilnya mbk ummu sekarang ngiler cenilnya mbk ayu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi bikin yuk mbak, gak begitu rumit, tapi rasanya eksotis kenyal-kenyal gitu...

      Hapus
  2. wah... aku kemarin jg pas liat blognya mbak ummu langsung mupeng pengn bikin mbak :D.
    kebetulan nih punya ui ungu hehehehe...

    BalasHapus
  3. nggak ada di malaysia kuih ini ayu...pasti enak ni..ubi kukus ngan kelapa yang lemak...nasib baik susah nk jumpa ubi di sini..kalo ttidak mmg akan ku buat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobalah ummi kalo nanti nemu ubinya, atau gak pake ubi jg ga apa2..:)

      Hapus
  4. Gak kok... gak ngeri ulet bulunya.... uuuppsss.... :D

    (Lirik gambar ke 2)

    Kaboer Aaahhh....

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^