Pepes Jamur Merang [Pais Supa]

Ayam Suwir Pedas

Jamur merang yang diberi aneka bumbu dicampur telur dan santan kemudian dikukus, lalu dibakar hingga harum...

Assalamua'laikum...
Wilujeng sonten...

Hari ini masaknya yang simple aja, pais supa, atau pepes jamur... Pepes jamur yang saya buat itu biasanya memakai telur dan sedikit santan kental supaya lebih gurih. Kemudian, setelah dikukus, jamurnya dibakar di atas kompor hingga harum agak-agak gosong juga gak apa-apa, nambah semerbak aromanya. Rasanya gurih dan agak kenyal... Nah kalo yang dipoto itu belum dibakar, soalnya kalo dibakar dulu penampakannya agak-agak hangus mengerikan gitu, kurang cakep...

Kalo di tempat mertua saya di Karawang, biasanya pepes jamur merang itu ditambah nasi, diaduk gitu, tapi gak banyak kayak bikin nasi bakar. Nggak, nasinya juga dikit, buat campuran aja. Rasanya memang enak, Beberapa kali sering dibuatin sama bibi atau sama ibu mertua. Saya sendiri belum pernah sih pake yang tambahan nasi gitu soalnya meski pun rasanya enak tapi rada ngeri juga ngeliatnya kalo diaduk gitu heheh..


Pepes Jamur Merang [Pais Supa]

PEPES JAMUR MERANG


Pepes Jamur Merang








250 gr jamur merang, iris tipis
1 btr telur
2 btng serai, potong-potong, geprek
6 lmbr daun dalam
3 tangkai daun bawang, iris halus
5 btr bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, cincang halus
3 sdm minyak untuk menumis
1/2 sdt merica
1/4 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
30 ml santan kental instan
Daun pisang untuk membungkus


Bumbu yang dihaluskan
3 buah cabai merah besar atau cabe keriting
3 btr kemiri







Tumis bawang merah dengan bawang putih hingga harum, masukan bumbu halus, masak lagi hingga matang, masukan daun bawang masak hingga layu. Matikan api.


Masukan jamur dalam wadah, masukan bumbu dan daun bawang yang sudah ditumis, tambahkan gula, garam, merica, kaldu bubuk, dan telur serta sisa bahan yang lain. Aduk rata. Bungkus dengan daun pisang. Kukus selama 10-15 menit. Angkat, kemudian bakar di atas kompor hingga harum. Sajikan selagi hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



6 comments :

  1. Kesukaannya suami dan si neng iyeu mah ceu...
    Cuma kl akh c ga d kukus... langsung d panngang d wajan dg sdikit minyak... walau rada lama masaknya... krn rempong ya sist....
    Tp mereka berdua makannya lahap bgt...
    Lha kokinya mah kaga makanin... cm nyicip ajah... dikiiiiiiiiiiitttt bgt...

    ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo iyah kayak di mertuaku jg gt masaknya ceu, jadi daunnya kudu tebel biar ga cepet gosong, aromanya memang lebih nendang...^^

      biasalah ai tukang masak mah kabagean beberesihna we..:D

      Hapus
    2. Hehehe... iya bener...

      Purin tinggi tu si jamur tea... kadang cuma nyicip dikit ajah berasa bgt asam urat naik...

      Enaknya sebentar... nyerinya bs 3 hari.... hiks...
      (Berarti nyicipnya kudu loba nya ceu... qiqiqi...)

      Hapus
    3. enya meh nyerina saminggueun, borongan jaidna hihihi...
      alhmdulillah aku mah aman sentausa... :D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^