Onion Cheese Pie

Onion Cheese Pie
   Kulit pie dengan isian telur, daun bawang, keju, garam dan merica, lalu dipanggang hingga matang... sedap!

Assalamua'laikum...
Wilujeng sonten...

Iseng nyobain pie asin alias savoury pie.  Biasanya kan yang manis-manis aja kayak pie apel atau pie susu, pengen nyoba sensasi baru aja sih, apalagi resep onion cheese pie ini terbilang simple bahannya. Padahal sebelumnya, serius... saya agak-agak ngeri juga dengan pie asin, mungkin karena kebiasaan makan pie dengan citarasa yang manis. Aiih ternyata enak juga pemirsaaah, gak kalah sama pie manis. Jadi yang ini tuh bener-bener kerasa gurihnya, padahal kejunya saya kurangi, karena saya kelupaan masukin garam, jadi biar gak terlalu asin, kejunya saya kurangi. Untunglah kesedapannya tidak ikut berkurang juga.

Resep onion cheese pie ini aslinya dari buku teh Ike Hermawan sama mbak Wulan Sucipto, tapi karena saya belum beli [duh gak modal banget], jadi saya contek aja dari blognya teh Isna Susanto...[nuhun yaaa]. Tapi baik kulit atau pun isiannya ada yang saya tambah-tambahin dikit. Kayak kulitnya, saya tambahin kuning telur, terus isiannya juga saya masukin garam [gak sengaja, lupa kalo kejunya banyak jadi udah asin] dan merica, biar lebih nampol...^^



Onion Cheese Pie

Onion Cheese Pie



ONION CHEESE PIE


Onion Cheese Pie





Kulit Pie
175 gram tepung terigu serbaguna
75 gram margarin
1 sdm air dingin [saya tambah beberapa sendok lagi]
1/4 sdt garam
25 gram keju cheddar parut
1 kuning telur [tambahan dari saya]



Bahan isian
1 sdm minyak sayur
3 batang daun bawang, iris halus
3 butir telur ukuran sedang
2 sdm cream cheese [saya pakai susu cair]
150 gram keju cheddar parut [saya cuma 100 gr]
1/4 sdt garam [tambahan dari saya]
1/2 sdt merica bubuk [tambahan dari saya]


Taburan :
Cheddar parut




Kulit Pie
Campur terigu kuning telur, dan margarin, aduk dengan sendok kayu sampai adonan berbutir. Beri air dingin, garam dan keju parut, aduk lagi sampai kalis dan dapat dibentuk. Kemudian bulatkan lalu bungkus dengan plastic wrap, simpan dalam lemari es selama 30 menit.


Panaskan oven 200'C. Keluarkan bahan kulit dari kulkas dan giling setebal 1/2 cm.
Siapkan loyang pie bongkar pasang [saya pakai loyang pie mini] olesi dengan margarin, cetak adonan pie di dalamnya. Tusuk-tusuk bagian tengah dengan garpu. Panggang selama 10 menit, agar bagian tengah tidak naik ketika di panggang beri biji-bijian atau beras di dalamnya  dengan alas kertas roti. Angkat. Tunggu sampai dingin, sisihkan.

 
Isian
Panaskan minyak, tumis daun bawang aduk-aduk kira-kira 1 menit. Angkat, sisihkan. Kocok telur dengan kecepatan sedang sampai mengembang, masukan cream cheese/susu lalu kocok lagi. Beri keju cheddar parut, aduk rata. Tambahkan tumisan daun bawang sedikit garam dan merica, aduk lagi sampai rata.
Madukan adonan isi dalam kulit pie lalu taburi keju cheddar/parmesan. Panggang selama 20-25 menit sampai permukaan kecoklatan, angkat dan sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^